Kenalkan Ralf Rangnick, Pelatih Jerman yang Disebut Bisa Selamatkan Man United

"Filosofinya ditiru Juergen Klopp dan Thomas Tuchel."

Analisis | 10 November 2021, 20:06
Kenalkan Ralf Rangnick, Pelatih Jerman yang Disebut Bisa Selamatkan Man United

Libero.id - Di Manchester United, posisi Ole Gunnar Solskjaer masih terancam. Pelatih asal Norwegia itu belum aman meski sempat mengembalikan kegembiraan fans Setan Merah dengan kemenangan 3-0 atas Tottenham Hotspur.

Kegembiraan itu tidak berlangsung lama. Semuanya seakan sirna ketika skuad Setan Merah kalah pada Derby Manchester. Mereka dipermalukan Man City setelah kebobolan dua gol tanpa balas di Old Trafford.

Dengan kondisi Man United yang tidak stabil, terutama isu pergantian pelatih yang semakin sengit, sederet nama pelatih terbaik digadang-gadang siap menggantikan Solskjaer. Mereka adalah Zinedine Zidane, Jose Mourinho, hingga Pep Guardiola.

Tetapi, baru-baru ini terdengar satu nama pelatih asal Jerman yang disebut bisa menyelamatkan Man United. Ralf Rangnick menjadi kandidat terdepan untuk menggantikan Solskjaer di Old Trafford.

Terlepas dari tekanan itu, Solskjaer bersama keluarganya terlihat di Bandara Manchester. Mereka naik jet pribadi untuk istirahat sejenak menjelang jeda internasional.

Solskjaer sejatinya ingin menenangkan pikirannya sambil mencari cara terbaik mengangkat pamor Setan Merah. Dia membutuhkan itu apabila tak ingin dilengserkan manajemen Man United dalam waktu dekat.

Sementara Rangnick dianggap sosok ideal apabila Solskjaer dipecat nantinya. Pelatih berusia 63 tahun itu dikenal seorang visioner sejati dalam permainan.

Pelatih asal Jerman itu juga datang dengan reputasi besar dan kuat di tanah airnya. Dia dikatakan telah menginspirasi pelatih hebat macam Juergen Klopp, Thomas Tuchel, hingga Julian Nagelsman lewat taktiknya.

Dia dijuluki 'The Professor' dan dia adalah salah satu pelopor Gegenpressing, gaya permainan di mana tim langsung menekan lawan setelah kehilangan penguasaan bola. Pengaruhnya telah terasa dalam permainan modern, dengan banyak tim mengadopsi filosofinya.

Menjadi Pelatih Sejak Muda

Hebatnya, Rangnick memulai karier kepelatihannya ketika dia baru berusia 25 tahun pada 1983. Dia mengikuti karier semi-pro yang biasa-biasa saja.

Tapi, teorinya bertentangan dengan tren - dengan tim nasional mengadopsi sistem 3-5-2 yang kaku dan man-marking. Jujur saja, Jerman Barat pernah merasakan kesuksesan bermain seperti itu hingga memenangkan Piala Dunia 1990, setelah menjadi runner-up empat tahun sebelumnya.

Rangnick punya ide sendiri bagaimana permainan yang indah itu harus dimainkan. Pada 1997, dia mencetak pekerjaan pertamanya di Ulm 1846, kemudian menjadi juara Divisi Empat Jerman.

Setahun kemudian, dia muncul di TV Jerman mengenakan setelan hitam dan kemeja yang mengungkapkan tesis sepakbolanya. Media Jerman menjulukinya sebagai 'Profesor Jerman', mungkin secara tidak adil dan dengan cemoohan.

Dia diejek karena penampilannya yang culun dan kacamata tanpa bingkai. Sementara metodenya tidak dianut oleh tim yang menyukai pendekatan Legenda Jerman, Franz Beckenbauer.

"Reaksi dari media serta orang lain di sepakbola sangat luar biasa," kata Rangnick kepada ESPN.

"Alasan utama untuk ini adalah bahwa 30 tahun sebelumnya, Franz Beckenbauer menetapkan tolok ukur bagi sebagian besar tim di negara kita, terutama ketika dia menciptakan posisi libero-sweeper untuk dirinya sendiri," pungkasnya.

"Franz sendiri mengatakan pada pertengahan 90-an bahwa Anda tidak bisa bermain dengan empat garis belakang yang menandai zona, karena pemain Jerman tidak akan mengerti cara memainkannya,” timpalnya.

"Saya bertanya pada diri sendiri, mengapa pemain Jerman harus kurang cerdas daripada pemain di Belgia, Spanyol, atau Belanda? Bagi saya itu sama sekali tidak logis," tambahnya.

Gegenpressing

Di garis depan, keyakinan Rangnick adalah apa yang kemudian disebut sebagai Gegenpressing, yang merupakan spin-off dari permainan menekan pelatih ikonik Ukraina Valeriy Lobanovskyi.

Ini adalah taktik yang membuat Juergen Klopp mengikuti jejaknya dengan merek 'heavy-metal football'. Bos Liverpool itu juga menyatakan Rangnick sebagai "salah satu yang terbaik, jika bukan pelatih Jerman terbaik".

Tentang Gegenpressing, Rangnick menggambarkannya sebagai "sangat sederhana".

"(Gegenpressing) gaya sepakbola yang sangat proaktif, mirip dengan cara Borussia Dortmund dan Liverpool bermain di bawah Klopp,” ungkap Rangnick.

“Kami suka menekan tinggi, dengan tekanan balik yang sangat intens. Ketika kami menguasai bola, kami tidak suka umpan persegi atau umpan balik.

"Kiper juga tidak boleh menjadi orang yang paling banyak melakukan kontak dengan bola. Di hampir setiap liga dan setiap negara, penjaga gawang secara teknis adalah pemain sepakbola yang paling terbatas di lapangan. Karena itu, kami harus memastikan bahwa dia memiliki kontak terendah dengan kaki," bebernya.

"Ini adalah (gaya) sepakbola yang cepat, proaktif, menyerang, menyerang balik, menekan, menarik dan menghibur," tambahnya.

Kesuksesan

Dari 2001-2004, Rangnick melatih di Hannover, yang dipromosikan ke Bundesliga. Kemudian, setelah kehilangan peran asisten manajer untuk tim nasional yang bekerja di bawah Joachim Low, dia pindah ke Schalke.

Itu adalah musim yang seharusnya bisa dilakukan Meister der Herzen, yang finis sebagai runner-up di Bundesliga di belakang Bayern Muenchen. Mereka juga kalah di final Piala Jerman dari rival mereka pada 2005.

Tapi, selama menikmati menjadi underdog, Rangnick mengambil pos Hoffenheim pada 2006. Posisi itu dia ambil setelah dipecat Schalke setelah serangkaian hasil bencana.

Di situlah dia mencapai momen terbesarnya sebagai pelatih - membawa tim dari divisi ketiga ke Bundesliga dengan promosi berturut-turut. Dia meninggalkan klub dalam keadaan sehat di papan atas Jerman, sebelum kembali ke Schalke karena merasa memiliki urusan yang belum selesai.

Dia kemudian memenangkan Piala Jerman, memimpin klub ke semifinal Liga Champions sebelum kelelahan membuatnya mengundurkan diri pada 2011.

Proyek Baru

Rangnick mengambil cuti panjang dari ruang istirahat, tetapi terlibat dalam proyek baru. Dia menjalani proyek mengawasi tim macam RB Leipzig, Salzburg dan New York sebagai direktur olahraga perusahaan.

Di bawah kepemimpinannya, klub yang dibiayai oleh miliarder Dietrich Mateschitz secara kontroversial berpindah dari divisi empat ke Bundesliga hanya dalam enam tahun.

Penggemar Jerman tidak menyukainya, terutama karena bertentangan dengan model bisnis kepemilikan 50+1. Tapi, fans Leipzig tidak peduli. Pada waktunya dengan tim yang ketinggalan zaman, Leipzig menjadi tim empat besar, serta pemain tetap Liga Champions.

Rangnick memang kembali ke ruang istirahat secara sporadis bersama klub, antara 2015/2016 dan 2018/2019. Tetapi, dia lebih memilih peran sebagai penasihat.

Setelah pekerjaannya selesai, dia pindah lagi - dengan laporan bahwa AC Milan sangat ingin memiliki pengaruhnya pada operasi sepak bola mereka.

Secara mengejutkan, Rangnick bergabung dengan klub Liga Utama Rusia Lokomotiv Moscow sebagai manajer olahraga dan pengembangan pada musim panas dengan kontrak tiga tahun.

Lima poin dari pemimpin Zenit, tampaknya pengaruh Rangnick kembali mujarab bagi majikan barunya. Bisakah sentuhan ‘Midas’ Rangnick membantu mengembalikan Man United ke kejayaan mereka sebelumnya?

(atmaja wijaya/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network