Peringkat 5 Pemain yang Menyesal Pergi dari Barcelona

"Ada yang pergi pada musim panas lalu dan sekarang ingin kembali karena gagal di klub baru."

Analisis | 09 November 2021, 11:34
Peringkat 5 Pemain yang Menyesal Pergi dari Barcelona

Libero.id - Dalam beberapa tahun terakhir, Barcelona telah menyaksikan kepergian beberapa pemain hebatnya. Yang terbaru adalah Lionel Messi pada bursa transfer musim panas kemarin. Itu menjadi pukulan terbesar yang dialami Barcelona.

Karena masalah keuangan dan peraturan La Liga, Barcelona terpaksa melepaskan pemain terhebat dalam sejarah mereka dengan cara yang tidak resmi. Pemain Argentina itu mengikuti jejak mantan rekannya Neymar dan Luis Suarez. La Pulga meninggalkan klub masa kecilnya setelah 21 tahun.

Ivan Rakitic, Andres Iniesta, Arthur Melo, Pedro Rodriguez, hingga Cesc Fabregas adalah pemain terkenal lainnya yang telah meninggalkan Barcelona dalam beberapa tahun terakhir.

Sudah menjadi hal wajar jika pemain tidak hanya merumput untuk satu klub. Ketika datang masanya  pergi dan bergabung dengan klub baru, tentu itu menjadi tantangan tersendiri. Masalahnya, ada banyak pemain yang bernasib buruk ketika memutuskan keluar dari klub sebelumnya. Apalagi bagi klub sekelas Barcelona.

Meski banyak pemain  telah mencapai kesuksesan yang lebih besar di luar Katalunya, beberapa pemain masih menyesali keputusanpergi.

Berikut ini peringkat 5 pemain pemain yang menyesal setelah meninggalkan Barcelona karena kariernya justru meredup:


5. Alexis Sanchez

Alexis Sanchez adalah sosok yang populer di Camp Nou. Kepahlawanan pemain asal Chile itu didokumentasikan dengan tepat oleh para penggemar El Barca. Mereka sangat menyukai cara Alexis bermain selama beberapa tahun.

Namun, ketika Arsenal datang dengan tawaran 42,5 juta euro (Rp701 Miliar), Barcelona tidak bisa menolak. Awalnya, Alexis seperti telah menemukan rumahnya di Arsenal. Mantan pemain Udinese itu seorang diri memimpin serangan The Gunners selama empat musim.

Sayanganya keputusan pindah ke Manchester United akhirnya harus disesali. Sejak transfer sial itu, Alexis hanya mengoleksi 17 gol yang memalukan. Bahkan, Alexis kini menjadi penghangat bangku cadangan di Inter Milan dalam usia yang sebenarnya masih produktif, 32 tahun.


4. Claudio Bravo

Selain Ivan Rakitic, Marc-Andre ter Stegen, dan Luis Suarez, Barcelona juga membeli Claudio Bravo dalam jendela transfer yang sama, untuk mengisi kekosongan besar yang ditinggalkan Victor Valdes.

Selama dua musim di Camp Nou, Bravo terbukti menjadi salah satu anggota paling handal di skuad Luis Enrique. Dalam 75 pertandingan, pria asal Chile itu berhasil menjaga 43 clean sheets dan hanya kebobolan 44 gol.

Terkesan oleh refleks dan keterampilannya pada bola, Pep Guardiola memilih Bravo untuk menjadi landasan proyek di Manchester City. Tapi, dia tampaknya tidak memiliki kepercayaan diri di Etihad Stadium sehingga secara konsisten membuat beberapa kesalahan besar.

Bravo dengan cepat digantikan oleh Ederson pada musim panas berikutnya dan menghabiskan sisa karier di Man City dari bangku cadangan. Setelah memenangkan treble di musim debutnya bersama Barcelona, ​​Bravo kini bersaing untuk memperebutkan posisi starter bersama Rui Silva di Real Betis.


3. Ilaix Moriba

Baru beberapa bulan meninggalkan Camp Nou, Ilaix Moriba tampaknya sudah menyesali kepindahan ke Jerman. Menyusul transfer 16 juta euro (Rp263 miliar) ke RB Leipzig pada Agustus 2021, Moriba hanya bermain 49 menit di lapangan tanpa masuk starting line-up.

Padahal, jika Moriba mau bersabar, posisi di tim utama bisa didapatkan musim ini ketika para pemain utama Barcelona tampil tidak meyakinkan. Musim lalu, Ronald Koeman untuk memberinya 14 penampilan La Liga dalam kampanye musim debutnya.

Kesuksesan awal itu tampaknya telah membuat Moriba serakah. Dia segera menuntut kenaikan gaji yang signifikan. Menolak untuk menuruti permintaan konyol itu, Joan Laporta memfasilitasi transfernya ke Leipzig.


2. Aliaksandr Hleb

Aliaksandr Hleb bergabung dengan Barcelona dari Arsenal pada 2008 setelah memiliki musim yang brilian di Emirates Stadium. Dalam tiga musimnya bersama The Gunners, penyerang Belarusia itu berhasil mendapatkan kepercayaan dari para pendukung Arsenal. Itu memberinya peningkatan karier ke Barcelona.

Namun, Pep Guardiola sepertinya tidak pernah menunjukkan kepercayaan pada rekrutan barunya. Hleb menghabiskan sebagian besar waktunya di bangku cadangan.

Frustrasi oleh cobaan itu, dia memaksakan transfer keluar, mengamankan tiga langkah pinjaman dalam tiga tahun berikutnya. Hleb baru-baru ini mengungkapkan penyesalannya karena meninggalkan Barcelona, karena ternyata kariernya justru menurun drastis.

"Sekarang saya akan melakukan segalanya secara berbeda. Saya seharusnya berjuang sampai akhir untuk mendapatkan tempat di barisan utama Barcelona. Sekarang saya mengerti bahwa itu adalah kesalahan saya, karena saya memprovokasi konflik dengan sengaja, dengan kebodohan saya sendiri," kata Hleb daam sebuah kesempatan beberapa tahun kemudian.


1. Rivaldo

Bahkan sebelum Ronaldinho dan Lionel Messi, Camp Nou memiliki sejarah yang kaya dengan jersey No.10 yang terkenal. Rivaldo yang legendaris mengenakan kaus itu untuk Barcelona di awal 2000-an. Rivaldo adalah favorit penggemar di Katalunya dengan bakat dan penyelesaian hebatnya.

Sebaliknya, dia gagal total untuk mengamankan tempat di starting line-up Carlo Ancelotti saat memutuskan pindah ke AC Milan. Kemitraan Filippo Inzaghi dan Andriy Shevchenko yang tampaknya tak terpatahkan membatasi Rivaldo di bangku cadangan.

Pemenang Piala Dunia 2002 itu hanya bisa mengumpulkan delapan gol di San Siro. Penampilan yang mengecewakan di Italia membuatnya memenangkan Bidone d'Oro, yang dianugerahkan kepada pemain terburuk Serie A, pada 2003. 

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network