Kisah Dayot Upamecano Rayakan Ulang Tahun ke-23 dengan Kekalahan 5 Gol

"Ini terjadi pada 27 Oktober 2021 saat Bayern dipecundangi Gladbach di DFB-Pokal."

Biografi | 04 November 2021, 02:12
Kisah Dayot Upamecano Rayakan Ulang Tahun ke-23 dengan Kekalahan 5 Gol

Libero.id - Dayot Upamecano tidak akan melupakan ulang tahun ke-23 pada 27 Oktober 2021 setelah memainkan pertandingan terburuk dalam kariernya. Saat itu, pertahanan Bayern Muenchen sangat buruk dan dijebol lima kali oleh Borussia Moenchengladbach di DFB-Pokal. 

Bayern baru saja menebus kekalahan dari Gladbach dengan dua kemenangan atas Union Berlin di Bundesliga dan Benfica di Liga Champions. Skornya sama-sama 5-2. Tapi, ternyata kekalahan 0-5 itu masih belum bisa dilupakan Upamecano.

Bek tengah Prancis itu benar-benar mengalami 55 menit yang sangat buruk pada pertandingan tersebut. Mimpi buruk Upamecano dimulai lebih awal, ketika Breel Embolo, memperdaya dirinya di area penalti dan membantu Kouadio Kone untuk melewatinya, untuk kembali menjebol gawang Manuel Neuer.

Upamecano salah menilai umpan silang Jonas Hofmann beberapa saat kemudian, dan Neuer melakukan penyelamatan luar biasa untuk menyelamatkan rona merah di wajahnya. Dengan waktu hanya 15 menit, dia tidak terlihat di mana pun saat gerakan Gladbach yang mulus berakhir dengan upaya Rami Bensebaini mengubah skor menjadi 2-0.

Akan bijaksana untuk mengganti Upamecano pada saat itu. Tapi, Bayern menunggu dan malam mengerikan Upamecano selesai tak lama setelah jeda. Dia gagal membersihkan bola panjang dan ditepis oleh Embolo yang membuat skor menjadi 4-0. "Pergantian menyelamatkan Upamecano," tulis surat kabar Suddeutsche Zeitung.

Upamecano sebenarnya direkrut Bayern dari RB Leipzig untuk menggantikan David Alaba dan Jerome Boateng. Dan, sebenarnya dia tidak bermain buruk bersama FC Hollywood pada awal musim ini.

Pada awal Oktober, Upamecano menggandakan jumlah penampilannya untuk tim nasional Prancis dan berperan penting dalam memenangkan UEFA National League. Sekembalinya ke tugas klub, dia membantu gol Robert Lewandowski dalam kemenangan 5-1 atas Bayer Leverkusen. Dia juga tampil luar biasa di Liga Champions melawan Benfica (laga pertama) dan membantu menjaga clean sheets dalam kemenangan 4-0 atas Hoffenheim.

"Segalanya berjalan baik bagi kami. Kami telah menjaga banyak clean sheets. Itu tugas kami sebagai pertahanan. Tapi, saya juga sangat senang membantu menyerang," kata Upamecano.

Debut Upamecano di Bayern terjadi pada matchday pembukaan Bundesliga di Borussia-Park. Sang juara beruntung lolos dengan hasil imbang 1-1. Dia juga bersalah atas kedua gol Eintracht Frankfurt dalam kemenangan sensasional 2-1 di Allianz Arena sebulan lalu.

"Upamecano rentan terhadap kesalahan buruk dan kesalahan posisi saat ada dibawah tekanan. Dia sangat tidak konsisten," tulis Frank Linkesch di Kicker.

Beberapa penggemar mulai mempertanyakan apakah Upamecano masuk dalam starting line-up berkat hubungannya dengan pelatih baru, Julian Nagelsmann, yang pernah bekerja dengannya di Leipzig.

Harus dikatakan bahwa akuisisi bek ini tidak ada hubungannya dengan Nagelsmann. Bayern memutuskan untuk membayar kembali klausul pelepasan Upamecano pada Februari 2021. Itu satu bulan sebelum Joachim Loew mengumumkan keputusannya untuk meninggalkan posisi pelatih Jerman. Kemudian, pada April, Hansi Flick menjelaskan bahwa dia bermaksud untuk menggantikan Loew dan baru kemudian Nagelsmann didekati.

Penunjukan itu jelas merupakan kabar baik bagi Upamecano, yang tidak harus terbiasa bekerja di bawah pelatih baru. Nagelsmann menilai Upamecano sangat bagus, menggambarkannya sebagai bintang defensif pada banyak kesempatan.

Sangat wajar jika Bayern menempatkan Upamecano di urutan teratas daftar transfer Bayern. Dia masih muda, tapi berpengalaman, dengan empat musim Bundesliga dan tersedia dengan harga yang wajar. FC Hollywood bermaksud membangun benteng kokoh. Janji seperti itu memudahkan pemain Prancis tersebut setuju bergabung dengan Bayern karena minat yang tidak jelas dari Chelsea.

Tinggal di Jerman juga berarti Upamecano tidak perlu belajar bahasa lain. Dia tidak yakin tentang belajar Bahasa Jerman ketika Red Bull Salzburg merekrutnya pada usia 17 tahun. Bahkan, sebelum dia melakukan debut untuk klub Ligue 2, Valenciennes.

Upamecano selalu merasa jauh lebih percaya diri di atas lapangan daripada di luar. Dia dulunya adalah anak yang pemalu dan gagap. Dia mengunjungi terapis wicara selama beberapa tahun untuk mengatasinya. Hebatnya, itu menghilang ketika dia bermain sepakbola.

"Begitu saya memasuki lapangan, ada perubahan dalam diri saya. Saya berbicara lebih banyak di lapangan daripada di luar. Saya mengalami kesulitan mengekspresikan diri kepada teman sekelas saya, pelatih, dan semua orang. Jadi, mau tidak mau, saya hampir tidak berbicara. Tapi, selama pertandingan, saya merasakan semacam kekuatan," ungkap Upamecano.

Kekuatan batin itu membantunya membuat kemajuan pesat di Salzburg dan Leipzig. Tapi, ketika pertandingan dimulai dengan buruk, seperti melawan Gladbach pekan lalu, dia akan kehilangan kepercayaan diri dan membuat banyak kesalahan.

Di Leipzig, rekan satu tim, penggemar, dan pers sangat memaafkan Upamecano setelah permainan yang buruk karena dia biasanya sangat baik. Di Bayern, situasinya benar-benar berbeda karena keunggulan selalu diharapkan.

"Kami akan membantu Upamecano untuk pulih. Ini tidak bisa dijelaskan karena dia bermain sangat baik baru-baru ini," ucap Direktur olahraga, Hasan Salihamidzic.

Sebagai bagian dari proyek pemulihan mentalnya, Upamecano ditinggalkan di bangku cadangan saat bermain melawan Union dan baru masuk lapangan ketika tiga poin sudah dipastikan. Sementara ketika bertemu Benfica, Upamecano kembali menghuni starting line-up.

Pada pertandingan versus Benfica itu, Lewandowski mencetak hattrick dan Bayern mencetak lima gol. Masalahnya, pertahanan mereka menderita dua gol dan Upamecano dapat kartu kuning. Itu jumlah gol yang sama saat melawan Union ketika Upamecano baru main di menit 69.

(diaz alvioriki/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network