Momen Pele Cetak Hattrick Sekaligus Menyelamatkan Gawang Santos

"Melompat bagai kucing."

Biografi | 03 November 2021, 18:05
Momen Pele Cetak Hattrick Sekaligus Menyelamatkan Gawang Santos

Libero.id - Meskipun jumlah pasti gol yang dicetak oleh Legenda Brasil dan Santos, Pele, masih diperdebatkan, tidak ada keraguan bahwa dia adalah salah satu pesepakbola terbaik sepanjang masa.

Guinness Book of Records mencatat Pele menghasilkan 1.283 gol. Ada juga yang berpendapat sekitar 765 gol. Yang jelas, Pele adalah sosok luar biasa inspiratif.

Keterampilan sepakbolanya lebih dari sekadar memasukkan bola ke gawang. Mereka yang pernah menonton atau bermain bersama Pele pasti sadar bahwa dia punya kemampuan ganda, baik sebagai pemain atau di posisi lain seperti kiper.

Dalam satu pertandingan, fakta menunjukkan Pele adalah kiper yang hebat. Apakah Anda tahu akan hal itu?

Pele pernah menjadi kiper Santos pada 1963. Pele yang mencetak hat-trick dalam laga itu kemudian menjadi kiper di lima menit akhir pertandingan. Dia melakukan beberapa penyelamatan dan mengantar klubnya menang 4-3.

Dalam sebuah wawancara dengan ESPN Brasil, Lima, pada 2014, salah satu rekan satu tim Pele di Santos menceritakan tentang bagaimana Pele seringkali menjadi kiper dalam sesi latihan.

Tapi, itu bukan hanya untuk bersenang-senang. Pele menganggap latihan menjadi kiper sangat serius. Dia meminta tips dan koreksi dari pelatih kiper spesialis tim; dia akan fokus pada teknik menjadi kiper yang baik.

Pada 1970, ketika pergantian pemain diperkenalkan ke sepakbola domestik Brasil, pemain bisa masuk sebagai kiper. Bagi Santos, pergantian pemain itu kebetulan menjadi momen salah satu pesepakbola terhebat sepanjang masa.

“Meskipun saya tidak setinggi itu,” tulis Pele dalam otobiografinya pada 2006.

“Saya selalu menjadi penjaga gawang yang baik, karena lompatan saya. Baik dengan Santos dan tim nasional (Brasil), saya selalu menjadi penjaga gawang cadangan. Saya bermain empat kali sebagai penjaga gawang untuk klub dan hanya sekali dalam pertandingan persahabatan bersama Brasil.”

Pertama kali Pele bermain sebagai penjaga gawang untuk Santos dalam pertandingan kejuaraan negara bagian Sao Paulo melawan Comercial. Setelah mencetak gol di babak pertama, Pele menjadi kiper dalam 20 menit sebelum laga bubar. Hebatnya, dia tidak kebobolan.

Namun, kali kedua dia menjadi kiper, Pele berada dalam tekanan jauh lebih besar. Di stadion Pacaembu di Kota Sao Paulo, Santos memainkan leg kedua semifinal Kejuaraan Brasil di depan lebih dari 60.000 orang.

Pada edisi turnamen 1963 itu, Santos menghadapi Gremio untuk memperebutkan tempat di final.
Gremio adalah tim yang bagus. Mereka telah memenangkan kejuaraan negara bagian Rio Grande do Sul pada awal tahun dan melewati dua juara negara bagian lainnya di Metropol dan Atletico Mineiro untuk mencapai empat besar.

Namun, di leg pertama, Santos masih terlalu bagus untuk Gremio. Santos telah memenangkan tiga Kejuaraan Brasil berturut-turut, dua Copa Libertadores berturut-turut, dan dua Piala Interkontinental berturut-turut.

Paulo Lumumba membuka skor untuk Gremio di menit keenam, tetapi Pele dan Coutinho segera merespons dengan baik dengan mencetak satu gol dan dua assist.

Tapi, Gremio bangkit kembali, mencetak tiga gol dalam enam menit saat pertahanan Santos benar-benar hancur.

Momentum berayun menguntungkan Gremio dan lebih banyak peluang tercipta. Tapi, momentum itu tidak cukup. Santos memiliki Pele.

Paruh waktu berakhir saat skor 3-2 untuk Gremio, permainan bisa dikatakan masih seimbang.

Setelah jeda, tepatnya 13 menit setelah itu, kerja keras Santos membuahkan hasil. Coutinho menarik ke kiri untuk mendapatkan bola, Pele menyerang ke depan dari dalam, Coutinho memotongnya ke dalam dan Pele mengirimnya ke sudut.

Permainan terbuka, dan kedua belah pihak berusaha untuk mencetak gol. “Itu adalah tontonan sepakbola,” kata laporan pertandingan.

Tidak ada pihak yang bisa mengkonversi, meskipun sampai Pele mendapat kesempatan lain dari jarak 12 yard. Pele memenangkannya – menendang bola dari bek, menggiring bola ke area penalti, kemudian didorong ke depan – dan dia mengubahnya.

Kemudian, dengan lima menit waktu normal tersisa, kiper Santos Gilmar diduga memaki wasit. Gilmar kemudian membantah telah mengatakan apa-apa, tetapi dia segera diusir. Waktu Pele menjalankan peran lain akhirnya tiba.

“Gremio adalah tim yang hebat,” kenang Pepe bertahun-tahun kemudian “Mereka benar-benar membuat kami bekerja. Pele mengenakan kemeja hitam lengan panjang, saya ingat sampai hari ini. Itu milik Gilmar. Dia melakukan penyelamatan hebat, setidaknya dua yang luar biasa untuk menjaga skor tetap seperti semula.”

Laporan surat kabar mengkonfirmasi ingatan Pepe. Seseorang menulis: “(Pele) melakukan dua atau tiga intervensi, mendapatkan tepuk tangan untuk dirinya sendiri.”

Yang lain berkata: "O Rei, membuktikan bahwa dia jenius, membuat dua penyelamatan hebat, terutama satu di mana dia melemparkan dirinya, seperti kucing, di kaki Joao Severiano, yang tampaknya pasti akan mencetak gol."

Setelah musim yang panjang – di mana mereka memenangkan Torneio Rio-Sao Paulo, mengalahkan Boca Juniors di final Libertadores, serta mengalahkan AC Milan yang hebat di Piala Interkontinental – Santos akhirnya melewati salah satu ujian terberat mereka berkat Pele.

Final akhirnya terasa jauh lebih mudah. Selama dua pertandingan, kandang dan tandang, Santos menempatkan delapan kali melewati gawang Bahia tanpa balas. Pele mendapatkan empat gol di antaranya.

Dalam catatan pertandingan, Pele akan bermain dua kali lebih banyak di gawang untuk Santos, kedua kali dalam pertandingan persahabatan. Tetapi, mereka yang berkeliling dunia bersamanya ingat saat Pele mengenakan kemeja hitam itu.

Gen DNA Pele akhirnya diwariskan. Dari periode 1994 hingga 1998, Edinho selaku putra Pele adalah penjaga gawang No 1 Santos. Dia menempati tujuan yang sama seperti ayahnya 30 tahun sebelumnya.

Dia tidak pernah mencapai tingkat kecemerlangan sepakbola yang sama seperti Pele, tetapi Edinho adalah bagian penting dari tim yang finis sebagai runner-up di Serie A Brasil pada 1995.

Pele pada akhirnya masih menikmati momen itu, yakni masih memainkan peranan sebagai penjaga gawang walau dengan situasi santai. Di Santos, dia kadang-kadang terlihat di pantai bersama teman-temannya untuk mengenang kembali momen indah di Pacaembu pada Januari 1964.

(mochamad rahmatul haq/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network