Kisah Kiper yang Pergi dari Non-Liga demi Bermain untuk Arsenal

"Kenangan yang tak akan terlupakan."

Biografi | 01 November 2021, 13:04
Kisah Kiper yang Pergi dari Non-Liga demi Bermain untuk Arsenal

Libero.id - Bermain di Eropa selalu menjadi impian banyak pemain, bahkan dari dulu hingga sekarang. Apalagi, bermain di Liga Premier yang terkenal dengan liga paling bergengsi yang menjadi impian banyak pemain.

Tidak ketinggalan pemain yang berposisi sebagai penjaga gawang sekalipun. Mereka sangat merindukannya.

Seperti yang pernah dialami oleh mantan kiper Arsenal, meski hanya berkesempatan bermain satu kali bersama The Gunners di Liga Primer. Tetapi, fakta itu patut menjadi kebanggaan tersendiri.

Lee Harper berubah dari menjadi penjaga gawang non-liga di Sittingbourne menjadi pengganti David Seaman di Arsenal pada 1994. Paling luar biasa dirinya dapat memenuhi mimpinya bermain di Liga Premier.

Bermain sekali, tetapi tidak pernah lagi berkompetisi di papan atas mungkin terdengar seperti sesuatu yang gagal, atau setidaknya kesempatan yang terlewatkan.

Tetapi, dalam seri Keajaiban Satu Game ini, kami telah berbicara dengan banyak pemain yang melihatnya sebagai sesuatu yang lain.

Sebagian besar dari kita tumbuh bermimpi berlari ke lapangan di depan rumah yang penuh sesak untuk pertandingan Liga Premier, dan Keajaiban Satu Game ini benar-benar mencapai mimpi itu.

Daripada fokus dengan apa yang tidak mereka lakukan, kita seharusnya tidak merasa apa-apa selain iri. Ya, kita boleh melakukan itu atas perjalanan Harper.

Harper direkrut oleh Arsenal dari Sittingbourne seharga 150.000 pounds (Rp 2,9 miliar). Saat itu dia sedang berusia 22 tahun, namun sudah mewujudkan mimpinya bermain di Liga Primer pada musim panas 1994.

Pemain London itu selalu bermimpi menjadi seorang profesional, tetapi kenyataan dari perubahan mendadak dalam hidupnya datang sebagai kejutan.

“Saya menemukan diri saya dalam cerita tipe Roy of the Rovers, yang berada di tempat yang tepat pada waktu yang tepat,” kata Harper. “Saya mulai di non-liga di Eltham Town, di mana saya kemudian meminta untuk bergabung dengan Sittingbourne setelah bermain melawan mereka.”

“Hal berikutnya, Arsenal mengawasi bek tengah kami, Neil Emblem, saat Sittingbourne memproduksi banyak pemain sepakbola pada saat itu – empat tersisa untuk klub liga tahun itu.”

“Saya ingat hari ketika Arsenal datang untuk menonton saya di Moor Green. Kemudian mereka melihat saya lagi di rumah dan mengundang saya untuk uji coba – dua pertandingan melawan Charlton dan Crystal Palace."

“Mereka cukup melihat untuk memberi saya kontrak itu, jadi itu adalah suatu kehormatan dan mimpi. Saya selalu percaya saya bisa melakukannya dan itu terbayar pada akhirnya.”

Membuat Langkah

John Ryan, mantan pelatih Sittingbourne saat itu, segera berbicara dengan Harper kepada pers. Tetapi, kiper muda itu dengan cepat menyadari betapa dia harus belajar.

Namun, bekerja bersama Seaman di bawah Bob Wilson yang legendaris, Harper beradaptasi dengan kehidupan di puncak dan akhirnya mendapat kesempatan di Liga Premier melawan Southampton.

“Tahun pertama cukup sulit karena saya ingat John Ryan menempatkan sebuah cerita di salah satu surat kabar lokal mengatakan 'Anda punya 'penjaga di sini' dan 'dia bisa menyaingi Dave Seaman'," kata Harper.

“Saya tidak begitu menyadarinya karena saya memiliki hasrat dan hasrat dan keinginan alami ini, tetapi saya tidak memiliki pelatih kiper sampai sekitar enam bulan sebelum saya menandatangani kontrak dengan Arsenal. Secara teknis saya sama sekali tidak bisa dibandingkan dengan orang-orang seperti David Seaman, yang merupakan penjaga gawang Inggris".

“Musim pertama itu benar-benar hanya berlatih dengannya setiap hari, menonton dan belajar, itu membantu teknik saya tanpa akhir. Saya cukup banyak berada di bangku cadangan dalam dua tahun pertama, dan pada tahun ketiga saya merasa berada di atas sana, tetapi tidak memiliki pengalaman adalah hal yang sangat besar bagi penjaga gawang,” bebernya.

Namun, pada 15 Maret 1997, dengan Seaman dan John Lukic keduanya absen karena cedera, Harper ditempatkan di antara tongkat penyelamat oleh Arsene Wenger untuk pertandingan di The Dell.

Harper bermain di belakang empat bek termasuk Tony Adams, Martin Keown, dan Nigel Winterburn – belum lagi Patrick Vieira dan Dennis Bergkamp lebih jauh di atas lapangan – saat Arsenal menang 2-0 berkat gol dari Stephen Hughes dan Paul Shaw.

“Saya tahu saya akan bermain karena David Seaman cedera,” kata Harper. “John Lukic telah didatangkan dan ketika saya berbicara dengan Arsene tentang hal itu, dia mengatakan bahwa dia membawanya masuk karena pertandingan Eropa untuk menambah lebih banyak pengalaman.”

“Lukic telah memulai minggu sebelumnya di Everton yang kami menangkan, tetapi dia cedera jari kaki jadi saya tahu dia menyentuh dan pergi. Saya pikir saya menemukan pada hari Jumat bahwa saya akan bermain yang memungkinkan saya untuk mempersiapkan pikiran saya untuk hari Sabtu".

“Saya ingat penyelamatan point blank yang harus saya lakukan dari Matt Le Tissier dari jarak enam yard, itu benar-benar tidak bisa lebih baik lagi. Itu adalah permainan yang fantastis untuk dimainkan.”

Menolak Kontrak Baru

Meskipun clean sheet dalam kemenangan, Harper tidak akan bermain lagi untuk Arsenal. Wenger menawarinya kontrak baru dua tahun dan janji menjadi No.2 di depan Alex Manninger, tetapi Harper memutuskan sudah waktunya untuk bercabang. Jadi, dia bergabung dengan mantan bos The Gunners, Bruce Rioch, di London bersama Queen Park Rangers.

“Saya duduk dengan Arsene dan dia memberi saya kontrak dua tahun lagi,” kata Harper. “Seperti halnya saya mencintai sepakbola, saya adalah penggemar klub, saya tidak akan pernah menemukan diri saya memainkan banyak permainan karena Dave Seaman dan klub juga telah mengambil Alex Manninger.”

“Arsene mengatakan saya akan memulai di depannya, tetapi saya tidak percaya 100 persen itu akan terjadi. Saya merasa akan lebih baik jika saya pindah.”

“Tapi, betapa hebatnya institusi Arsenal. Anda menyadari begitu Anda pergi betapa sedikit yang bisa dibandingkan dengannya.”

Sementara Rioch menempatkan Harper sebagai pilihan pertama di QPR, di mana dia akan menghabiskan empat tahun yang penuh dengan pasang surut saat klub berjuang.

“Anda menyadari segalanya dan akhir segalanya adalah sepakbola di tim utama,” kata Harper. “Jika Anda seorang 'penjaga di Arsenal dan Anda adalah pemain sepakbola tim utama, Anda akan selalu memiliki peluang bagus untuk pindah karena Arsenal tidak menghasilkan kiper yang buruk. Saya memiliki kesempatan untuk bekerja dengan dan belajar dari yang terbaik (Bob Wilson).”

“Bruce Rioch dan Stewart Houston yang pergi ke QPR tahu apa yang bisa saya lakukan. Mereka mengajukan tawaran, dan saya merasa itu adalah klub London (lain) yang bagus.”

“Mereka berbicara tentang saya bermain, itulah yang saya butuhkan. Saya pergi ke sana, meskipun mengalami beberapa cedera parah. Saya bermain 140 kali di liga selama empat tahun saya di sana dan saya sangat menikmatinya.”

“Itu adalah klub keluarga yang hebat dan itu adalah tempat yang tidak akan pernah saya lupakan, tetapi tim tidak benar-benar sukses pada saat itu. Ada banyak kekacauan dengan administrasi.”

“Orang-orang mengatakan begitu Anda meninggalkan Arsenal, tidak ada yang sebanding. Saya bisa mengerti itu, tetapi saya tidak menyesali keputusan saya.”

Sorotan Karier

Mantra di Northampton dan Kettering akan mengikuti, termasuk beberapa momen yang tak terlupakan bagi penjaga gawang, yang akan memenangkan Pemain Terbaik Divisi PFA 2003/2004 ketika bermain bersama The Cobblers. Belum lagi beberapa pertandingan Piala FA yang hebat.

Ditanya apa kenangan terbaiknya dalam pertandingan itu, Harper mengatakan: “Debut Arsenal saya ada di sana.”

“Juga, menjadi bagian dari skuat, melakukan perjalanan untuk final Piala Winners yang kami kalahkan dari Real Zaragoza dengan gol Nayim dari upaya garis tengah, yang lebih suka saya lupakan.”

“Dengan Northampton, pertandingan Man United di Piala FA di mana saya menyelamatkan penalti dari Diego Forlan dan masih membuat orang membicarakan pertandingan itu, meskipun kami kalah 3-0.”

“Dengan Kettering Town kami mengalahkan lawan liga empat kali. Kami mengalahkan Notts County, Lincoln City, Hartlepool, kami membawa Fulham ke hasil imbang, kami menahan Leeds ketika saya menjadi manajer 1-1 dan membawa mereka ke pertandingan ulang, tetapi kalah di perpanjangan waktu.”

“Ada begitu banyak kenangan indah selama bertahun-tahun dan saya bisa melihat kembali karier saya dengan penuh kasih.”

Sekarang Harper menjalankan akademi penjaga gawangnya sendiri yang sukses, bisnis perancah, dan ingin memasarkan sarung tangan penjaga gawangnya sendiri, yang membuatnya lebih sibuk daripada lini depan mana pun.

“Saya telah berhasil memiliki 18 penjaga gawang saya sendiri yang pindah ke klub sepakbola,” katanya. “Orang-orang seperti Tottenham, Brentford, dan Millwall semuanya telah menarik kiper saya.”

“Akan menyenangkan untuk rata-rata dua atau tiga musim beralih dari akademi saya ke klub profesional dan mudah-mudahan melihat beberapa dari mereka berkembang menjadi penjaga gawang tim utama suatu hari nanti.”

Jika salah satu dari mereka berhasil bermain di Liga Inggris, meskipun hanya sekali, itu akan menjadi sebuah pencapaian yang luar biasa, seperti Harper.

(atmaja wijaya/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network