Selamat Ulang Tahun!

Peringkat 5 Pelatihnya Messi yang Paling Banyak Disumbang Gol

"Nomor 5 pelatih yang membawa Messi ke pentas dunia."

Analisis | 27 October 2021, 01:34
Peringkat 5 Pelatihnya Messi yang Paling Banyak Disumbang Gol

Libero.id - Selama kariernya sebagai pemain sepakbola, hingga mendapat rekor Balon D'or sebanyak 6 kali, Lionel Messi telah mencetak 755 gol. Dan, koleksi itu tentu akan terus bertambah dalam pertandingan-pertandingan selanjutnya.

Dengan koleksi gol sebanyak itu, La Pulga telah berhasil memantapkan tempatnya di antara pencetak gol paling produktif sepanjang masa.

Menyusul awal yang lambat untuk kariernya di Paris Saint-Germain, pemain Argentina itu mulai tampil apik, mencetak tiga gol Liga Champions secara berurutan. Pada waktunya, Messi pasti akan meniru kualitasnya mencetak golnya bersama Barcelona selama merumput di Parc des Princes.

Rincian gol yang dicetak oleh Lionel Messi

Selama 17 tahun kariernya, lulusan La Masia ini mampu menghasilkan angka-angka aneh secara konsisten. Dia memecahkan semua jenis rekor dalam prosesnya. Tapi, dia sempat dikritik karena hanya menyumbangkan sedikit bersama timnas Argentina.

Messi hanya mencetak 80 gol dari 156 penampilan untuk Argentina. Jumlah itu sangat berbeda jauh dengan golnya di level klub.

Bersama El Barca, Messi telah mencetak 474 gol di La Liga dan 120 gol di Liga Champions. Sementara dia belum mematahkan rekor apapun di Ligue 1 bersama PSG.

10 WAGs Terkaya, Ada Georgina Rodriguez Istri Cristiano Ronaldo

10 WAGs Terkaya, Ada Georgina Rodriguez Istri Cristiano Ronaldo

La Pulga memang menambahkan tiga gol ke penghitungan Eropa dalam banyak pertandingan. Messi juga telah mencetak 56 gol di Copa del Rey, memenangkan kompetisi dalam tujuh kesempatan.

Mempertimbangkan rekam jejaknya di bidang pencetak gol, pemenang Ballon d'Or enam kali itu praktis menjamin hasil, terlepas dari tim mana dia bermain.

Namun demikian, pelatih yang pernah bermain di bawahnya memiliki banyak kaitan dengan reputasi Messi saat ini sebagai pencetak gol. Sementara beberapa ahli taktik telah mampu mengekstraksi pemain berusia 34 tahun ini secara maksimal, yang lain gagal memberinya kebebasan yang dia butuhkan untuk berkembang. Pada catatan itu, mari kita lihat lima pelatih di mana Messi telah mencetak gol terbanyak:

5. Frank Rijkaard - 42 gol

Memulai daftar kami di tempat kelima adalah pelatih yang memperkenalkan Messi kepada dunia. Frank Rijkaard menjabat sebagai pelatih Barcelona dari 2003 hingga 2008, mengawasi perkembangan banyak pemain muda dari La Masia.

Salah satu superstar masa depan itu kebetulan adalah anak muda dari Argentina. Hirarki Barcelona benar-benar terkesan dengan keterampilan menggiring bola yang brilian Messi dan kualitasnya mencetak gol di tingkat junior.

Selanjutnya, Rijkaard terpaksa memasukkan Messi di tim utama Barcelona pada 2004.

Setelah mewarisi klub dalam krisis, Rijkaard mampu melakukan perubahan haluan setelah pengangkatannya. Taktiknya yang menonjol, ditambah dengan dukungan dari prospek muda seperti Victor Valdes dan Messi, membuka jalan bagi kebangkitan Barcelona. Di bawah asuhannya, pemain Argentina itu berhasil mencetak 42 gol, menandai awal dari karier legendarisnya.

4. Tito Vilanova - 60 gol

Asisten Pelatih Pep Guardiola selama waktunya di Barcelona, Tito Vilanova berperan penting dalam kesuksesan klub Catalunya tersebut. Kecemerlangannya dipuji oleh Guardiola sendiri, dengan dua jenius berbagi ikatan yang melampaui sepakbola.

Setelah kepergian Guardiola, Vilanova mengambil alih Barcelona dan secara tidak sadar diberi tugas besar untuk meniru kesuksesan pendahulunya. Mantan lulusan La Masia itu menanggapi dengan tegas, mengumpulkan 100 poin dalam kampanye debutnya saat Barcelona meraih gelar La Liga.

Messi mengakui bahwa Vilanova adalah pelatih pertama di klub yang menunjukkan kepercayaan pada kemampuannya. Pemain Argentina itu membayar kepercayaan manajernya itu dengan mencetak 60 gol hanya dalam 50 penampilan.

Kemitraan indah mereka hanya bisa bertahan satu musim, apalagi Vilanova mengambil cuti untuk merawat kebugarannya yang memburuk. Sayangnya, pelatih legendaris itu kehilangan nyawanya karena kanker pada 2014. Warisannya tetap hidup di Barcelona, bertahun-tahun setelah kematiannya yang terlalu dini.

3. Ernesto Valverde - 112 gol

Meskipun memenangkan empat trofi dan membimbing Messi dalam dua musim paling produktif dalam karirnya, Ernesto Valverde adalah sosok yang sangat kontroversial di Barcelona.

Setelah bergabung dengan klub pada 2017, pelatih asal Spanyol itu diberhentikan begitu saja dari pekerjaannya pada pertengahan musim pada 2020.

Di bawah Valverde, Barcelona mencapai kesuksesan besar di lini depan domestik, memenangkan gelar La Liga berturut-turut. Dia bahkan mengajari Messi untuk meraih 112 gol di bawah masa jabatannya. Musim 2018/2019 menjadi yang paling menonjol bagi pemain Argentina itu. Valverde melatih Messi untuk total 124 pertandingan.

Kegagalan konsistennya di Eropa akhirnya mengakibatkan kehancurannya, dengan Barcelona tersingkir dengan cara yang memalukan di bawah asuhannya. Valverde bertanggung jawab atas dua kekalahan paling memalukan dalam sejarah klub, kalah dari Roma dan Liverpool di musim-musim berturut-turut.

Mengingat besarnya kesalahannya, mereka akan selalu menutupi berbagai pencapaian pemain Spanyol itu di Barcelona.

2. Luis Enrique - 153 gol

Manajer Barcelona lainnya dengan hubungan historis yang kuat dengan klub, Luis Enrique menikmati karier yang berbuah manis di Barcelona. Pertama sebagai pemain, kemudian sebagai pelatih. Enrique tidak pernah gagal memenangkan hati Culers di seluruh dunia. Dia diangkat sebagai bos Barcelona pada 2014, setelah mantra bencana di bawah Tata Martino.

Dalam kampanye debutnya, Enrique membimbing Barcelona yang bertabur bintang menuju kejayaan Liga Champions, memenangkan treble di sepanjang jalan. Dipelopori oleh trisula legendaris Lionel Messi, Luis Suarez dan Neymar, El Barca praktis tidak bisa dimainkan di musim perdananya.

Pelatih Spanyol itu dengan ahli membuka kunci formula untuk mahir memanfaatkan trio mitos yang dimilikinya. Messi bisa dibilang paling diuntungkan dari taktiknya yang mengalir bebas, mencetak 153 gol hanya dalam tiga musim di bawah sang pelatih.

Dengan Barcelona menjadi bayangan mantan diri mereka sekarang, klub dilaporkan telah mempertimbangkan Enrique untuk memimpin proyek mereka saat ini.

1. Pep Guardiola - 211 gol

Pria yang benar-benar mengubah Lionel Messi menjadi pemain terbaik dunia yang kita kenal sekarang. Guardiola bertanggung jawab atas periode paling sukses dalam sejarah Barcelona. Dengan Messi sebagai titik fokus skuadnya, pelatih Catalunya itu mencapai kesuksesan yang tak tertandingi dari 2008 hingga 2012.

Setelah pemecatan Frank Rijkaard, Presiden Joan Laporta dengan berani membuat panggilan untuk menyerahkan pemerintahan klub kepada Guardiola yang tidak berpengalaman. Pada saat pengangkatannya, pelatih asal Spanyol itu hanya mengelola tim Blaugrana B. Karena itu, penunjukannya sempat dianggap sebagai risiko yang sangat besar.

Bersama Guardiola, Messi memenangkan 14 gelar dalam empat musim. Dia terkenal mendalangi musim pemenang sextuple dalam kampanye debutnya. Messi tetap menjadi asuhan Pep Guardiola paling berharga bagi sepakbola hingga saat ini.

Di bawah asuhannya, pemain Argentina itu berkembang menjadi salah satu pemain terbaik yang pernah ada, mencetak 211 gol hanya dalam 219 pertandingan. Melalui keberuntungan semata, dunia dapat menyaksikan hubungan dua orang paling berpengaruh dalam sepakbola, sebuah kemitraan yang mungkin tidak akan pernah terulang di masa depan.

(atmaja wijaya/yul)




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Foto


Komentar

(500 Karakter Tersisa)
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=uZiDnSmspvE

Artikel Pilihan