Jadi Tim Finalis Piala Asia Wanita 2022, Indonesia Akhiri Penantian 33 Tahun Absen

"Akankah Zahra cs dkk mampu berbicara banyak di turnamen paling bergengsi di Asia tersebut?"

Berita | 26 October 2021, 06:33
Jadi Tim Finalis Piala Asia Wanita 2022, Indonesia Akhiri Penantian 33 Tahun Absen

Libero.id - Akhirnya Taiwan dan Myanmar melengkapi 12 tim terakhir untuk pamer unjuk gigi di ajang Piala Asia Wanita 2022 di India.

Pada hari Minggu lalu (24/10/2021), Taiwan akhirnya keluar sebagai pemenang di Grup A kualifikasi, sementara total 14 gol Myanmar membuat mereka ke puncak Grup D, bergabung dengan enam pemenang grup lainnya pada bulan September kemarin serta empat negara yang lolos secara otomatis ke putaran final tahun depan.

12 tim finalis

India

Tuan rumah turnamen
Berstatus sebagai tuan rumah turnamen, timnas wanita India memiliki hak langsung untuk secara otomatis menjadi tim finalis. Tim asuhan Thomas Dennerby akan menghadapi beberapa tim hebat lainnya dan ini merupakan penampilan pertama mereka sejak 2003.

Jepang

Memenuhi syarat secara otomatis sebagai juara 2018
Pemenang dari dua gelar Piala Asia Wanita AFC terakhir, dan memegang rekor 14 kemenangan beruntun yang luar biasa dari empat besar berturut-turut, Nadeshiko dan legiun bintang mereka akan bertujuan untuk mempertahankan gelar mereka di bawah pelatih kepala bar, Futoshi Ikeda.

Australia

Otomatis lolos sebagai runner-up 2018
Berstatus sebagai tim favorit jawara dan tuan rumah di Piala Dunia Wanita FIFA 2023, The Matildas memiliki misi balas dendam kepada timnas wanita Jepang. Sam Kerr cs akan memiliki kesempatan untuk memenangkan gelar Asia kedua di India 2022.

China

Memenuhi syarat secara otomatis sebagai pemenang tempat ketiga 2018
Negara paling sukses dalam sejarah Piala Asia Wanita AFC, Steel Roses lolos secara otomatis setelah finis ketiga di edisi 2018.

Taiwan

Juara grup A
Pemenang tiga kali dalam edisi awal turnamen, Taiwan termasuk di antara kualifikasi untuk pertama kalinya sejak 2008 setelah mengalahkan Bahrain dan Laos di grup A.

Vietnam

Juara grup B
Tim reguler di Piala Asia Wanita, timnas wanita Vietnam lolos dari kualifikasi sebagai tim dengan skor tertinggi di Asia dengan kemenangan besar melawan Maladewa dan Tajikistan.

Indonesia

Juara Grup C
Indonesia akan mengakhiri absen 33 tahun ketika tim asuhan Rudy Eka Priyambada itu mengantongi sejumlah kemenangan di pertandingan pembukaan penyisihan grup India 2022, yakni dengan mengalahkan Singapura dalam dua pertandingan untuk memenangkan Grup C.

Myanmar

Juara Grup D
Kembali ke papan atas sepakbola wanita Asia setelah melewatkan Final pada tahun 2018, Myanmar mengalahkan Lebanon, Guam dan UEA untuk mencapai Piala Asia Wanita AFC kelima mereka, dua pemain paling menonjol adalah Win Theingi Tun dan Khin Marlar Tun.

Korea Selatan

Pemenang Grup E
Berada di peringkat 20 besar dunia, dan menampilkan beberapa pemain terbaik Asia, tim wanita Korea Selatan lolos dan mereka menyamai ekspektasi tersebut dengan kemenangan besar atas Mongolia dan Uzbekistan di Tashkent.

Filipina

Juara Grup F
Filipina memastikan satu tempat di India usai mengalahkan Nepal dan Hong Kong di Tashkent.

Iran

Juara Grup G
Dikenal sebagai Tim Melli Baanovaan, Iran akan menjadi satu-satunya debutan Piala Asia Wanita dalam undian hari Kamis mendatang (28/10/2021) setelah mereka mengalahkan Bangladesh dan drama adu penalti melawan Yordania.

Thailand

Juara Grup H
Juara pada tahun 1983, dan menjadi semifinalis di Yordania 2018, Thailand akan bergabung dengan Jepang untuk berpartisipasi dalam Piala Asia Wanita AFC ke-17 yang memecahkan rekor setelah mereka mengumpulkan 11 gol yang luar biasa dalam kemenangan atas Malaysia dan Palestina.

Tanggal-tanggal penting Piala Asia Wanita 2022

28 Oktober 2021: Undian Resmi Piala Asia Wanita India 2022
20 Januari 2022: Pertandingan pembukaan Piala Asia Wanita India 2022
6 Februari 2022: Final Piala Asia Wanita India 2022

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network