Selamat Ulang Tahun!

Momen 19 Laga Man United Bangkit dari Kekalahan di Era Solskjaer

"Nomor 19 menjadi pembuktian Solskjaer masih layak."

Analisis | 23 October 2021, 20:36
Momen 19 Laga Man United Bangkit dari Kekalahan di Era Solskjaer

Libero.id - Ole Gunnar Solskjaer, salah satu legenda Manchester United, berkesempatan melatih klub tempatnya dahulu bermain sebagai aktor sepakbola.

Dia ditunjuk sebagai pelatih Man United pada Desember 2018. Solskjaer telah membuat Setan Merah kembali menjadi raja, meski dalam beberapa pekan terakhir dia sempat digadang-gadang bakal digantikan. Tetapi, kalau boleh kita melihat ke belakang, bagaimana  kebangkitan Man United dibawa asuhan Solskjaer.

Mari kita lihat sudah berapa kali pelatih asal Norwegia itu membawa Man United bangkit dari kekalahan pada setiap pertandingan.

Solskjaer terlibat dalam lebih dari sekadar comeback yang adil sebagai pemain di bawah Sir Alex Ferguson, yang terkenal mencetak gol kemenangan di final Liga Champions 1999.

Kami telah melihat 19 kali Man United tertinggal sebelum memaksa comeback selama masa Solskjaer sebagai Pelatih. Catatan: kami tidak menyertakan kemenangan agregat apapun, seperti kemenangan gol tandang yang terkenal atas PSG pada 2019.

1. Southampton

Setelah ditunjuk sebagai manajer sementara Man United pada Desember 2018, Solskjaer mencatatkan rekor tak terkalahkan yang panjang di Liga Premier.

10 WAGs Terkaya, Ada Georgina Rodriguez Istri Cristiano Ronaldo

10 WAGs Terkaya, Ada Georgina Rodriguez Istri Cristiano Ronaldo

Tapi, itu terancam pada Maret 2019 ketika Yan Valery memberi Southampton keunggulan dengan penyelesaian luar biasa dari jarak sekitar 25 yard.

Man United membalikkan keadaan dengan dua gol dalam enam menit di babak kedua, meski James Ward-Prowse menyamakan kedudukan dengan tendangan bebas yang menakjubkan.

Namun, masih ada waktu bagi Romelu Lukaku untuk mencetak gol keduanya di pertandingan itu dan mengamankan tiga poin untuk tim asuhan Solskjaer.

“Saya sangat senang untuk para pemain bahwa mereka berhasil meraih tiga poin dari pertandingan ini,” kata Solskjaer setelah pertandingan. “Caranya seperti dulu. Saya sendiri telah menjadi bagian darinya berkali-kali.”

2. Newcastle

Matty Longstaff mencetak gol kemenangan Newcastle melawan Man United pada Oktober 2019 dan mendapat gol pembuka di Old Trafford dua bulan kemudian.

Namun, keunggulan itu tidak bertahan lama dan gol-gol dari Anthony Martial, Mason Greenwood, dan Marcus Rashford memberi tim tuan rumah keunggulan yang nyaman.

Martial mendapatkan gol keduanya di menit ke-51 untuk memberikan  banyak sorakan meriah bagi Solskjaer di Boxing Day.

3. Bournemouth

Man United adalah favorit kuat untuk pertandingan kandang mereka melawan Bournemouth pada Juli 2020, tetapi  Junior Stanislas mencetak gol pembuka yang mengejutkan pada menit ke-15.

Setelah Mason Greenwood menyamakan kedudukan, Rashford mencetak gol dari titik penalti, dan Martial memperbesar keunggulan Man United dengan  tendangan melengkung yang brilian menjelang turun minum.

Joshua King membalaskan satu gol untuk Bournemouth melalui penalti pada menit ke-49 sebelum Greenwood mendapatkan gol keduanya dan Bruno Fernandes menempatkan tendangan bebas yang fantastis.

4. LASK

Setelah mengalahkan LASK 5-0 di leg pertama babak 16 besar Liga Europa, Solskjaer melakukan beberapa perubahan pada timnya untuk leg kedua.

Kapten Philipp Wiesinger masih menikmati euforia saat membawa tim Austria itu memimpin 1-0 di Old Trafford, tetapi Jesse Lingard menyamakan kedudukan dua menit kemudian.

Martial kemudian bangkit dari bangku cadangan untuk mencetak gol kemenangan empat menit menjelang pertandingan usai. Itu membuat skor menjadi 7-1 secara agregat.

5. Brighton

Man United kalah melawan Crystal Palace di pertandingan pembukaan 2020/2021 dan segalanya berubah dari buruk menjadi lebih buruk ketika  Neal Maupay memberi Brighton keunggulan dari titik penalti di game kedua mereka.

Gol bunuh diri Lewis Dunk dan gol solo yang luar biasa dari Rashford tampaknya telah mengamankan tiga poin bagi Man United, tetapi Solly March menyamakan kedudukan pada menit ke-95.

Hebatnya, masih ada waktu untuk lebih banyak drama ketika Fernandes mencetak gol dari titik penalti dengan tendangan terakhir pertandingan.

6. Newcastle

Setan Merah memulai awal yang buruk dalam pertandingan mereka melawan Newcastle pada Oktober 2020, terutama ketika Luke Shaw mencetak gol bunuh diri dalam dua menit pembukaan.

Harry Maguire membawa Man United kembali ke permainan dengan sundulan keras, sedangkan Fernandes kemudian melihat penaltinya diselamatkan oleh Karl Darlow.

Pemain internasional Portugal akhirnya mencetak gol pada menit ke-86 sebelum Aaron Wan-Bissaka dan Rashford juga mencetak gol di masa injury time.

7. Everton

Solskjaer berada di bawah tekanan yang meningkat pada November 2020 dan segalanya menjadi lebih buruk ketika Bernard memberi Everton keunggulan awal.

Tapi, Fernandes datang untuk menyelamatkan Man United sekali lagi dan mencetak dua gol dalam waktu tujuh menit babak pertama di Goodison Park.

Gelandang itu  menampilkan penampilan individu yang bagus dengan memberi assist kepada pemain pengganti Edinson Cavani untuk gol pertamanya bersama Man United di masa injury time.

8. Southampton

Selama pertandingan Southampton melawan Man United pada November 2020, Ward-Prowse memberi assist untuk gol Jan Bednarek pada menit ke-23 sebelum melepaskan tendangan bebas yang luar biasa melewati David de Gea 10 menit kemudian.

Cavani kemudian masuk dari bangku cadangan di babak pertama dan benar-benar mengubah permainan, mengatur momen Fernandes mencetak dua gol.

9. West Ham

Tomas Soucek mencetak gol pembuka melawan Man United pada Desember 2020 dan West Ham mungkin seharusnya tidak terlihat di babak pertama.

The Hammers dibuat untuk menyesali peluang yang mereka lewatkan ketika Paul Pogba mencetak gol penyeimbang yang brilian dan Greenwood membawa Man United unggul beberapa saat kemudian.

Rashford, yang masuk sebagai pemain pengganti di babak pertama, memastikan kemenangan dengan mengoper bola melewati Lukasz Fabianski pada menit ke-78.

10. Sheffield United

Kiper Man United Dean Henderson menandai kembalinya dia dari Bramall Lane pada Desember 2020 dengan memberi The Blades gol pembuka setelah lima menit.

Setan Merah merespons dengan baik kekalahan awal saat Rashford mencetak dua gol dan Martial mencetak gol pertamanya di Liga Premier pada 2020/2021.

David McGoldrick mencetak gol keduanya dalam pertandingan itu pada menit ke-87, tetapi tim tamu bertahan untuk mendapatkan tiga poin.

11. Fulham

Tim asuhan Solskjaer membuat awal yang buruk di Craven Cottage pada Januari 2021 dan Ademola Lookman dari Fulham memecah kebuntuan setelah lima menit.

Alphonse Areola memberi Cavani gol penyeimbang sederhana, tetapi tidak ada yang bisa dilakukan kiper tentang gol kemenangan menakjubkan Pogba di menit ke-65.

12. Liverpool

Meskipun dalam performa buruk menjelang pertandingan putaran ketiga Piala FA di Old Trafford, Liverpool memimpin melalui gol Mohamed Salah.

Greenwood dan Rashford mencetak gol untuk tuan rumah di kedua sisi jeda  sebelum Salah mengubah skor menjadi 2-2 dengan gol keduanya di pertandingan itu.

Fernandes diturunkan dari bangku cadangan oleh Solskjaer dan mengirim Man United ke babak berikutnya setelah mengalahkan Alisson dengan tendangan bebas yang brilian.

13. Brighton

Mantan striker Man United, Danny Welbeck, tampaknya akan menghantui mantan klubnya setelah mencetak gol pembuka untuk Brighton pada April 2021.

Namun, Rashford dan Greenwood, yang keduanya berasal dari akademi Man United setelah Welbeck, mencetak gol di babak kedua.

14. Tottenham

Cavani mengira dia telah memberi Man United keunggulan melawan Tottenham pada April 2021, hanya untuk VAR yang memutuskan bahwa  Scott McTominay telah melakukan pelanggaran terhadap Son Heung-min.

Rasa ketidakadilan Man United meningkat ketika Son membuat tim asuhan Jose Mourinho unggul sebelum turun minum, tetapi mereka tidak menyerah dan Fred mencetak gol penyeimbang.

Cavani akhirnya mendapatkan golnya di menit ke-79 sebelum Greenwood memastikan kemenangan dengan tendangan terakhir dalam pertandingan.

15. Roma

Man United sebenarnya memimpin lebih dulu di leg pertama semifinal Liga Europa melawan Roma, tetapi penalti Lorenzo Pellegrini dan tendangan Edin Dzeko membalikkan keadaan.

Tim asuhan Solskjaer bermain lebih menyerang di babak kedua saat berlaga di Old Trafford dan dua gol dari Cavani mengembalikan keunggulan mereka.

Fernandes mendapatkan gol keduanya pada pertandingan itu dari titik penalti sebelum serangan dari Pogba dan Greenwood membuat Man United memegang kendali penuh.

16. Aston Villa

Man United mengetahui bahwa kemenangan atas Aston Villa pada Mei 2021 akan mengamankan kualifikasi Liga Champions, tetapi Bertrand Traore memecah kebuntuan dengan penyelesaian tegas ke sudut atas.

Fernandes menyamakan kedudukan dari titik penalti di babak kedua dan  Greenwood menyelesaikan pertandingan empat menit jelang bubaran. Tendangan mendatarnya menemukan sudut bawah gawang.

Setelah mencetak dua golnya melawan Roma di awal pekan, Cavani kemudian masuk dari bangku cadangan dan mengubah skor menjadi 3-1.

17. West Ham

West Ham memimpin melawan Man United pada September 2021 ketika tendangan Said Benrahma dari luar kotak penalti masuk setelah defleksi dari Raphael Varane.

Cristiano Ronaldo menyamakan kedudukan untuk tim tamu sebelum Jesse Lingard, yang baru saja menghabiskan waktu dengan status pinjaman bersama The Hammers, masuk dari bangku cadangan untuk mencetak gol kemenangan.

Tim asuhan David Moyes memiliki peluang untuk menyelamatkan satu poin di injury time, tetapi penalti Mark Noble diselamatkan oleh David de Gea.

18. Villareal

Setelah kalah dalam pertandingan penyisihan grup Liga Champions melawan Young Boys, Man United berada dalam masalah besar ketika Paco Alcacer memberi Villarreal keunggulan dalam pertandingan grup kedua mereka.

Namun, Man United hanya tertinggal beberapa menit ketika Alex Telles menyamakan kedudukan melalui tendangan voli brilian mirip Paul Scholes dari luar kotak penalti.

Pertandingan tampaknya akan berakhir imbang sampai Ronaldo mencetak gol kemenangan dramatis pada menit ke-94, memicu adegan liar di dalam Old Trafford.

19. Atalanta

Pertanyaan serius diajukan mengenai masa depan Solskjaer saat Man United tertinggal dua gol di babak pertama dari wakil Serie A, Atalanta. Menjelang pertandingan, mereka baru saja kalah 4-2 di Leicester dan hanya memenangkan satu dari lima pertandingan terakhir mereka – comeback di atas melawan Villarreal.

Berbicara di studio BT Sport, Paul Scholes mengatakan bahwa pasukan Solskjaer bisa pergi dan kalah empat atau lima kali, atau kembali untuk memenangkannya – setelah 45 menit yang sangat terbuka di mana Man United menyia-nyiakan sejumlah peluang bagus.

Untung bagi Solskjaer, itu adalah yang terakhir, ketika Setan Merah bangkit untuk mencetak tiga gol beruntun. Marcus Rashford, di awal musim pertamanya, memicu comeback. Harry Maguire menyamakan kedudukan dengan gol tanpa sundulan yang langka, dan – siapa lagi? – Ronaldo menyelesaikannya dengan sundulan bagus di menit ke-81.

(atmaja wijaya/yul)




Hasil Pertandingan Manchester United


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Foto


Komentar

(500 Karakter Tersisa)
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=uZiDnSmspvE

Artikel Pilihan