Selamat Ulang Tahun!

Kisah Scott Sinclair dan 3 Pemain Bintang yang Pernah Dibeli Man City Kini Tanpa Klub

"Semua diboyong era Sheikh Mansour..."

Feature | 22 October 2021, 22:07
Kisah Scott Sinclair dan 3 Pemain Bintang yang Pernah Dibeli Man City Kini Tanpa Klub

Libero.id - Sejak diakuisisi oleh pengusaha kaya raya yakni Sheikh Mansour melalui Abu United Group di 2008, Manchester City bertransformasi menjadi klub yang glamor. Sudah jadi kebiasaan bagi The Citizen jika setiap bursa transfer tiba, maka membeli pemain-pemain bintang adalah sesuatu yang tak bisa dilewatkan.

Tetapi cara seperti itu, toh, juga terbukti cukup ampuh, tim asuhan Pep Guardiola sukses merengkuh lima gelar liga dalam satu periode terakhir. Sergio Aguero, Yaya Toure, Kevin De Bruyne, adalah sebagian contoh dari pembelian yang berhasil.

Namun, sebaliknya tak sedikit nama yang justru gagal besar ketika berlabuh ke Etihad Stadium. Tekanan dan persaingan yang ketat antar pemain jadi salah satu faktor.

Dalam pada itu, kami telah mengumpulkan sejumlah data untuk melihat 4 rekrutan terburuk Manchester City era Sheikh Mansour. Inilah dia :

4. Scott Sinclair

Usai tampil menawan dalam dua musim memperkuat Swansea City dengan catatan 31 gol dalam 96 pertandingan. Pada musim 2012/13, Manchester City akhirnya mendatangkan Scott Sinclair.

10 WAGs Terkaya, Ada Georgina Rodriguez Istri Cristiano Ronaldo

10 WAGs Terkaya, Ada Georgina Rodriguez Istri Cristiano Ronaldo

Namun, di tengah skuad yang sudah bertabur bintang, pemain yang berposisi sebagai winger ini gagal memberikan dampak, Sinclair hanya dipercaya tampil dalam 11 laga tanpa sekalipun mencetak gol.

Menyusul hal itu, ia dipinjamkan ke sejumlah klub, seperti West Brom, Aston Villa dan baru pada musim 2015/16, Sinclair akhirnya resmi dilepas.

Dan saat ini Sinclair sudah berusia 32 tahun dan masih aktif bermain meski hanya memperkuat Preston North End di Divisi Championship.

3. Jack Rodwell

Tampil mengesankan selama empat musim dengan Everton, wajar belaka kalau
Jack Rodwell sempat digadang-gadang menjadi gelandang masa depan The Three Lions.

Namun, semua berubah ketika ia bergabung dengan Manchester City di musim 2012/13. Rodwell gagal bersaing belum lagi persoalan cedera yang tak sudah-sudah. 

Tercatat, ia hanya dimainkan selama 25 laga dalam dua musim, sebelum akhirnya hengkang ke Sunderland di musim 2014/15.

Setelah memperkuat Sunderland selama empat musim, kariernya semakin tak karuan. Ia lalu membela Sheffield United dan Blackburn Rovers. Usianya masih 30 tahun, tetapi sialnya Rodwell menyandang status sebagai pemain tanpa klub

2. Eliaquim Mangala

42 juta poundsterling atau jika dihitung kurs saat ini sekitar Rp. 814 miliar adalah harga yang harus dibayar Manchester City ke Porto pada musim 2014-15 saat memboyong Eliaquim Mangala. 

Namun, mahar yang fantastis itu nyatanya tak sebanding dengan performa Mangala. Dua musim berselang, bek asal Prancis ini dipinjamkan ke Valencia. Baru pada musim 2019/20, Mangala akhirnya dijual Manchester City kembali ke Valencia.

Namun, di periode keduanya berseragam Los Che, Mangala gagal menunjukkan kepiawaiannya sebagai saat awal-awal ia memperkuat klub La Liga itu. Akhirnya, pada musim 2021/22 ia dilepas dan kini berstatus tanpa klub di usianya yang baru menghinjak 30 tahun.

1. Wilfried Bony

Berbarengan dengan Sinclair, Wilfried Bony juga diangkut Manchester City dari Swansea City, tepatnya di paruh kedua musim 2014/15 dan itu tak terlepas dari penampilannya yang mengesankan di lini depan, Swansea, di mana ia sukses mencetak 34 gol dalam 70 laga.

Tapi sebagaimana juga yang lainnya, Bony gagal menunjukkan ketajamannya di lini depan The Citizens. Berdasarkan data dari Transfermarkt, Bony hanya bisa mencatatkan 11 gol dalam 46 laga lintas ajang selama satu setengah musim.

Berdasarkan catatan itu, ia lantas dipinjamkan ke Stoke City di musim 2016/17. Sejak saat itu, Bony benar-benar tidak bisa kembali ke performa terbaiknya. Bahkan, penyerang yang kini berusia 32 tahun itu 'menggelandang' sambil menunggu pinangan klub lain, setelah terkahir sempat membela klub asal Arab Saudi dan Qatar.

(gigih imanadi darma/mag)




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Foto


Komentar

(500 Karakter Tersisa)
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=uZiDnSmspvE

Artikel Pilihan