Selamat Ulang Tahun!

Kisah Steven Caulker Dicampakkan Inggris, Kini Bersiap Membela Sierra Leone

"Bagaimana peluangnya tampil di Piala Afrika 2022."

Biografi | 21 October 2021, 15:32
Kisah Steven Caulker Dicampakkan Inggris, Kini Bersiap Membela Sierra Leone

Libero.id - Ada banyak pemain yang tidak bernasib baik di negara asalnya, apalagi ketika tidak mendapat waktu bermain cukup di negaranya. Ketika sudah mendapat kepercayaan hingga tak lagi masuk skuad timnas, beberapa pemain memutuskan pindah negara agar bisa bermain di tim internasional.

Mantan bek Liverpool, Steven Caulker, adalah salah satu contohnya. Setelah mengurus persyaratan pindah negara, saat ini Caulker sedang menunggu izin FIFA untuk beralih kesetiaan bersama Sierra Leone.

Caulker, yang juga pernah bermain untuk Cardiff City dan Dundee, bermain untuk Inggris di level U-19 dan U-21 sebelum melakukan debutnya bersama The Three Lions. Dia mencetak gol ketika usia 20 tahun pada November 2012.

Caulker adalah salah satu dari enam debutan yang kalah 4-2 dalam pertandingan persahabatan dari timnas Swedia saat diperkuat Zlatan Ibrahimovic. Dengan materi pemain seperti Raheem Sterling, Leon Osman, Ryan Shawcross, Carl Jenkinson, dan Wilfried Zaha. Mereka semua tampil membela Inggris.

10 WAGs Terkaya, Ada Georgina Rodriguez Istri Cristiano Ronaldo

10 WAGs Terkaya, Ada Georgina Rodriguez Istri Cristiano Ronaldo

Namun, karena pertandingan bukan pertandingan resmi, Caulker masih bisa mendeklarasikan diri untuk negara lain dan ingin sekali mewakili Sierra Leone.

Pemain berusia 29 tahun itu memenuhi syarat untuk bermain membela negara Afrika Barat melalui silsilah kakek dari pihak ayahnya dan merasakan hubungan khusus.

"Kakek saya berasal dari Sierra Leone - dia bercerita kepada saya ketika saya masih muda," kata Caulker kepada BBC Sport Afrika.

"Ketika saya cukup tua dan memiliki cukup uang, saya pergi mengunjungi diri saya sendiri. Saya pergi ke tempat-tempat di mana dia dibesarkan, saya menghabiskan beberapa malam di desa-desa di sana dan beberapa malam di Kambia, Bo dan (ibu kota) Freetown.”

"Saya merasakan hubungan dengan negara (Sierra Leon), jadi bagi saya untuk memiliki kesempatan sekarang untuk mewakili mereka di tingkat internasional adalah suatu kehormatan besar," katanya.

"Saya punya waktu untuk memikirkan kemungkinan bermain untuk Sierra Leone, seperti apa rasanya, seperti apa nanti."

"Saya bermain untuk Inggris pada usia 20 tahun, tetapi sejak itu saya tidak bermain lagi.”

"Kesempatan datang membela Sierra Leone dan bermain di kompetisi antarnegara di Afrika, dan berada di belakang bangsa di momen yang menarik ini. Itu menjadi keputusan yang mudah untuk dibuat," bebernya.

Saat ini, Caulker bermain untuk Gaziantep dengan status pinjaman dari Fenerbahce. 

Meski pernah membela Inggris Raya asuhan Stuart Pearce di Olimpiade 2012, tapi hatinya tegas dengan Sierra Leone. Dia sudah bermain dalam pertandingan tidak resmi melawan klub Maroko bulan ini.

Jika FIFA akan memberikan izin, Caulker bisa bermain untuk Leone Stars di Piala Afrika 2022 nanti. Tim asuhan John Keister berada di Grup E bersama Aljazair, Pantai Gading, dan Guinea Khatulistiwa. Turnamen itu akan diadakan di Kamerun pada Januari awal tahun mendatang.

(atmaja wijaya/yul)




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Foto


Komentar

(500 Karakter Tersisa)
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=3HhTsB9sW4g

Artikel Pilihan