Selamat Ulang Tahun!

5 Pemain Kelas Dunia yang Hampir Didatangkan Barcelona

"Nomor 5 kini bertugas sebagai pelatih kepala Anderlecht."

Analisis | 18 October 2021, 17:45
5 Pemain Kelas Dunia yang Hampir Didatangkan Barcelona

Libero.id - Terlepas dari gejolak mereka saat ini, Barcelona tetap menjadi salah satu tujuan paling menarik bagi superstar terbesar dalam permainan sepakbola. El Barca sukses memikat banyak pemain kelas dunia ke Camp Nou dalam beberapa tahun terakhir.

Pemain-pemain seperti Neymar, Zlatan Ibrahimovic, Luis Suarez, dan Antoine Griezmann adalah beberapa contoh nyata dalam hal ini.

Terlepas dari kesuksesan mereka dalam melakukan transfer besar, Barcelona juga memiliki sejarah yang nyaris celaka. Beberapa tahun terakhir Barcelona terlihat semakin dekat untuk mengamankan jasa pemain super kelas dunia, namun kehilangan mereka pada menit terakhir karena berbagai alasan.

Dari bek yang tak terkalahkan, gelandang yang sangat berbakat, dan penyerang yang tak terhentikan. Berikut adalah lima pemain kelas dunia yang hampir direkrut Barcelona selama beberapa tahun terakhir:

#5 Vincent Kompany

Bek tengah Manchester City, Vincent Kompany, adalah salah satu pemain berperingkat tinggi yang hampir pindah ke Barcelona. Mantan bek asal Belgia ini menarik perhatian Blaugrana dengan penampilannya yang brilian untuk tim Jerman, Hamburger SV, antara 2006 dan 2008.

Barcelona dilaporkan melakukan pendekatan untuk memikatnya keluar dari Bundesliga pada musim panas 2008, tetapi dikalahkan oleh Manchester City. Bahkan, setelah itu, Blaugrana berusaha untuk mengontrak Kompany pada beberapa kesempatan selama kariernya di Etihad.

10 Foto Ada Hegerberg, Pemenang Ballon d'Or Wanita Pertama

10 Foto Ada Hegerberg, Pemenang Ballon d'Or Wanita Pertama

Pria yang kini melatih Anderlecht itu bercerita tentang minat Barcelona kepadanya selama wawancara pada  2014. "Saya sudah hampir menandatangani kontrak dengan Barcelona. Tetapi, belakangan ini, saya secara resmi meyakinkan Anda bahwa tidak ada apa pun yang saya ketahui."

#4 Juan Mata

Juan Mata telah membuat namanya sebagai salah satu gelandang terbaik di Eropa dalam beberapa tahun terakhir. Mempertimbangkan visinya, passing yang sempurna, dan kemampuan teknisnya, wajar saja jika klub seperti Barcelona menunjukkan minat untuk mengamankan jasanya.

Blaugrana mencoba mengontrak pemain Spanyol itu dalam beberapa kesempatan. Setelah tampil mengesankan bersama Valencia di awal kariernya, Mata dikaitkan dengan kepindahan ke Camp Nou. Tapi, dia akhirnya bergabung dengan Chelsea pada musim panas 2011.

Barcelona juga mencoba untuk mengontrak Mata saat bermain di Stamford Bridge, tetapi gagal melakukannya. Pemain asal Spanyol itu akhirnya meninggalkan The Blues dan pergi ke Manchester United pada 2014. Selama berada di Old Trafford, Mata membuat 274 penampilan dan mengantongi 51 gol dan 47 assist di berbagai kompetisi.

#3 Mesut Oezil

Pemain lain yang sangat cocok di Barcelona adalah Mesut Oezil. Pemenang Piala Dunia 2014 itu banyak dikaitkan dengan Blaugrana pada 2010. Faktanya, Barcelona mencapai kesepakatan dengan Werder Bremen untuk menandatangani pemain Turki itu hanya dengan 7 juta pounds (Rp 135 miliar).

Gelandang itu bahkan mengadakan pertemuan dengan presiden Barcelona saat itu, Sandro Rosell, untuk memastikan kepindahannya ke Camp Nou. Namun, petinggi Werder tidak yakin dengan transfer tersebut. Mereka kemudian memutuskan tidak melakukannya. Setelah kepindahannya gagal, Oezil akhirnya bergabung dengan rival bebuyutan Barcelona, Real Madrid, pada 17 Agustus 2010.

Mantan pemain internasional Jerman itu kemudian sukses besar di Santiago Bernabeu. Dia mengantongi 27 gol dan 80 assist dalam 159 penampilan untuk Los Blancos di berbagai kompetisi. Oezil juga memenangkan banyak trofi, termasuk La Liga, Copa del Rey, dan Piala Super Spanyol selama tiga tahun di Madrid.

#2 David Beckham

David Beckham menikmati karier yang baik di Real Madrid, mencatatkan 20 gol dan 51 assist dalam 159 penampilan antara 2003 dan 2007. Namun, penyerang bisa saja mengantongi angka-angka itu di Camp Nou jika semuanya menguntungkan Barcelona.

Menjelang transfernya ke Santiago Bernabeu pada 2003, Beckham diperkirakan akan pindah ke Barcelona. Faktanya, Blaugrana memiliki kesepakatan dengan Manchester United untuk menandatangani Beckham seharga 25 juta pounds (Rp 483 miliar). Namun, pemain sayap itu menolak langkah tersebut dan bergabung dengan Real Madrid.

Alhasil, Barcelona memutuskan mengontrak Ronaldinho dari PSG sebagai gantinya. Ronaldinho terbukti menjadi masterstroke, mengingat pemain Brasil itu terus mengukuhkan dirinya sebagai salah satu pemain terhebat dalam sejarah klub. Pemenang Piala Dunia 2002 itu mencatat 94 gol dan 74 assist dalam 207 pertandingan untuk klub di berbagai kompetisi.

#1 Cristiano Ronaldo

Barcelona termasuk di antara klub yang mencoba merekrut Cristiano Ronaldo dari Sporting CP. Blaugrana ditawari kesempatan untuk mengambil pemain sayap itu pada 2003 ketika mereka sedang dalam negosiasi untuk menandatangani pemain Portugal lainnya, Deco.

Joan Laporta, yang merupakan presiden klub saat itu, kemudian menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi saat itu. “Kami telah menandatangani Ronaldinho, Rafael Marquez dan Ricardo Quaresma. Kami sedang dalam proses rekonstruksi klub. Ronaldo berada di Sporting pada saat itu, dan kami berbicara dengan agennya yang ingin menjual Deco kepada kami," ungkap Laporta.

“Kami mengatakan bahwa kami tidak bisa, karena kami tidak mampu mengeluarkan banyak uang pada saat itu. Jadi, dia memberi tahu kami bahwa dia memiliki pemain lain yang sangat bagus, itu adalah Ronaldo. Dia memiliki kesepakatan dengan Man United seharga 19 juta pounds (Rp 367 miliar), tetapi kami ditawari dia seharga 17 juta pounds (Rp 328 miliar)."

Barcelona menyia-nyiakan kesempatan merekrut salah satu pesepakbola terhebat dalam sejarah. Cristiano Ronaldo akhirnya bergabung dengan Manchester United pada musim panas itu, di mana dia menghabiskan enam tahun yang sukses sebelum bergabung dengan rival bebuyutan Barcelona, Real Madrid, pada 2009.

(diaz alvioriki/yul)




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Foto


Komentar

(500 Karakter Tersisa)
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=uZiDnSmspvE

Artikel Pilihan