Apa yang Terjadi Dengan "The Next Pele" Freddy Adu? Ini Jawabannya.

"Kejadian mengerikan dialaminya tahun lalu."

Biografi | 14 October 2021, 16:45
Apa yang Terjadi Dengan "The Next Pele" Freddy Adu? Ini Jawabannya.

Libero.id - Dunia sepakbola geger dengan kemunculan bocah dari Amerika Serikat pada April 2004, meski baru berusia 14 tahun. Bocah dengan nama Freddy Adu itu sudah digadang-gadang menjadi "The Next Pele".

Pengakuan itupun datang langsung dari Pele sendiri. Legenda Brasil itu membandingkan keajaiban adu dengan Mozart karena menampilkan kemampuan luar biasa di usia yang begitu muda.

Di usia 14 tahun, Adu menjadi pencetak gol termuda di sepakbola profesional AS dengan gol melawan New Jersey MetroStars, yang kemudian menjadi New York Red Bulls.

Hal itu melirik Nike untuk mengambil Adu dengan kesepakatan sponsor USD 1 juta (Rp 14 miliar). Sementara ESPN mengatakan dia adalah prospek olahraga yang lebih baik daripada LeBron James.

Namun, karier Adu di dunia sepakbola kini menjadi kekecewaan. Tekanan menjadi harapan besar Amerika, khususnya di kancah sepakbola internasional membuatnya menjadi beban.

Setelah percobaan yang gagal di Man Utd, bermain di Portugal dengan Benfica dan Monte Carlo dengan Monaco, Adu akhirnya kembali ke tanah airnya. Dia mencoba untuk mengambil bagian dari kehidupan yang seharusnya.

Namun, saat ini dia tanpa klub setelah bermain bersama tim lapis ketiga Swedia, Osterlen FF.

Tantangan Remaja

Harapan bisa menjadi hal yang berbahaya bagi anak muda manapun dan kisah Adu adalah peringatan tentang terlalu banyak sensasi dari pada kerja keras di usia muda.

Pada 2004, Adu menjadi atlet termuda yang menandatangani kontrak profesional dengan klub olahraga ketika DC United menawarinya kesepakatan.

Dalam waktu tiga bulan, dia melakukan debut menjadi bintang MLS termuda.

Dua minggu kemudian, dia mencetak gol pertamanya - sebuah gol dalam kekalahan 3-2 dari MetroStars.

Amerika menjadi bangga untuk putra baru mereka, yang tiba dari Ghana ketika dia berusia delapan tahun pada 1997.

Dia muncul dalam iklan raksasa minuman ringan, Sierra Mist, bersama pemenang Piala Dunia tiga kali Pele. Iklan itu terasa sangat terkesan.

"Mozart mulai ketika dia berusia lima tahun," kata Pele. "Jika kamu baik, Tuhan memberi Freddy hadiah untuk bermain sepakbola," tambahnya.

Sir Alex Ferguson Tertarik

Pada 2004, tepatnya saat berusia 16 tahun, Adu mendapat percobaan dengan raksasa Liga Premier, Manchester United.

Sir Alex Ferguson pasti penggemar serial video game Championship Manager (sekarang Football Manager), yang memprediksi Freddy akan menjadi superstar global di tahun-tahun mendatang.
Faktanya, para penggemar game ini masih membicarakannya dengan penuh kasih sebagai wonderkid terhebat yang bisa Anda tanda tangani.

Tapi, kenyataannya jauh berbeda. Meskipun dia terkesan, masalah izin kerja menghalangi kesepakatan prospektif bersama Man United.

“Freddy telah melakukannya dengan baik. Dia anak yang berbakat," kata Fergie saat itu.

"Dia akan kembali ke AS dan kami akan terus memeriksanya. Ketika dia berusia 18 tahun, kami harus menilai apa yang bisa kami lakukan selanjutnya," timpal pelatih legenda asal Skotlandia itu.

Dimana Letak Semua Kesalahan?

Namun, pada 2006, pelatih DC United mulai kehilangan kepercayaan kepadanya. Dalam hal gol dan assist, Adu tidak cukup bagus dan gagal membuktikan dirinya.

Gangguan di luar lapangan dan tekanan karena harus sukses memengaruhi penampilannya.

“Keluarga saya sangat miskin,” kata Adu kepada BBC Sport pada 2012.

"Ibuku bekerja dua atau tiga pekerjaan untuk merawat saya dan adikku. Jadi, jika Nike mendatangi Anda dan mengatakan mereka ingin memberi Anda kontrak jutaan dolar dan MLS ingin menjadikan Anda pemain dengan bayaran tertinggi di usia 14 tahun, Anda tidak bisa mengatakan tidak" katanya.

"Saya menjawab ya untuk semua yang diminta dari saya dan akhirnya melakukan banyak penampilan, banyak promosi, banyak wawancara, dan itu menghilangkan sepakbola di lapangan. Orang-orang melihat saya lebih sebagai alat pemasaran," bebernya.

Karena kurangnya pengembangan, Adu dilepaskan ke Real Salt Lake pada 2007, di mana semuanya mulai terurai.

Sebuah Perjalanan

Yang paling mengejutkan Adu telah bermain untuk 15 tim yang berbeda.

Tampaknya segala sesuatunya berjalan sesuai rencana ketika dia menandatangani kontrak dengan Benfica setelah bertugas di Real Salt Lake, tetapi dia hanya berhasil memainkan 17 pertandingan dalam empat tahun.

Dia dikirim dengan status pinjaman ke klub lain, termasuk Monaco, Belenenses, Aris Thessaloniki, dan Caykur Rizespor. Tetapi, Adu gagal membuat dunia bersinar dengan kariernya.

Adu kemudian kembali ke MLS bersama Philadelphia Union pada 2011, di mana dia menikmati periode yang baik sebelum menjatuhkan diri bersama Bahia di Brasil, tim Serbia Jagodina, dan bahkan tim Finlandia, KuPS.

Ada juga percobaan yang gagal dengan Blackpool pada 2015. Jadi, dia kembali ke Amerika Serikat sekali lagi untuk bermain di Kejuaraan USL semi-profesional untuk Tampa Bay Rowdies dan kemudian Las Vegas Lights. Meski begitu, Adu masih mendapatkan pekerjaan komersial - anehnya dari Hoover.
Dia berbagi tweet yang disponsori tentang foto dirinya sedang menyedot debu rumahnya dengan sepasang pelari.

Namun, pada 2019, Adu mempertahankan keinginannya dalam wawancara ESPN bahwa dia masih bertekad untuk sukses.

"Saya masih sangat muda. Saya belum siap untuk menyerah," jelasnya.

"Hal-hal tidak berjalan seperti yang saya inginkan, tentu saja. Tapi, saya terlalu mencintai olahraga ini untuk mengatakan bahwa saya siap untuk menyerah."

Tahun lalu, gelandang serang itu mengalami nasib buruk dengan tim lapis ketiga Swedia Osterlen.
Namun, mereka menuduhnya kurang kebugaran dan kekuatan mental untuk kembali ke performa terbaiknya dan membatalkan kontraknya dalam waktu satu bulan.

(atmaja wijaya/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network