Menang Lawan Taiwan, Ketum PSSI Lempar Pujian, Shin Tae-yong Beri Catatan

"Sama-sama senang, tapi beda perspektif."

Berita | 08 October 2021, 01:11
Menang Lawan Taiwan, Ketum PSSI Lempar Pujian, Shin Tae-yong Beri Catatan

Libero.id - Digelar tanpa penonton di Stadion Chang Arena Buriram, Thailand, Kamis (7/10 /2021), timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong berhasil menang dengan skor 2-1 atas Taiwan dalam ajang play off kualifikasi Piala Asia 2023

Kemenangan itu menjadi modal penting untuk Evan Dimas dan kawan-kawan untuk meladeni Taiwan di leg kedua dan bisa melaju ke babak putaran final Piala Asia 2023. 

Adapun masing-masing gol dicetak oleh pemain muda debutan Ramai Rumakiek pada menit ke-19 dan Evan Dimas menit ke-51. Sementara itu gol balasan Taiwan dicetak oleh Hsu Heng-Pin pada babak tambahan waktu.

Kemenangan itu sebetulnya tak begitu mengejutkan, sebab jika ditilik dari head to head, Indonesia unggul jauh dari Taiwan.

Dari 12 pertemuan terakhir, 8 diantaranya dimenangkan skuad Garuda dan 4 lainnya oleh Taiwan. Bahkan dari semua itu Indonesia berhasil mendulang 28 gol dan hanya kebobolan 11 gol. Bahkan lagi Indonesia pernah melibas Taiwan dengan skor 10-1 pada tahun 1968 di ajang Turnamen Merdeka yang berlangsung di Malaysia.

Pertemuan terakhir terjadi pada laga uji coba di Stadion Jakabaring, Palembang, 24 November 2010. Dalam duel tersebut, Indonesia yang ketika itu masih diasuh Alfred Riedl menang 2-0.

Dengan hasil terbaru, itu artinya Indonesia sukses memperpanjang trend positif.

Dan sebagai pelatih Shin Tae-yong sudah pasti senang, namun bukan berarti tanpa catatan.

"Ada banyak peluang untuk mencetak lebih banyak gol yang tak bisa dimanfaatkan. Jadi, hal tersebut cukup disayangkan, juga saat kemasukkan satu gol pada menit akhir."  kata pelatih asal Korea Selatan itu dalam konferensi pers usai laga.

"Tetapi, semua masih dalam tahap proses agar tim ini dapat tampil lebih baik."

"Pertama, kami harus memperbaiki masalah finishing. Lawan juga memiliki postur yang rata-rata lebih tinggi," 

"Kami juga harus mempersiapkan set piece agar lebih baik," tuturnya dilansir dari Kompas.com

Sementara itu Ketua Umum PSSI, Muhammad Iriawan turut mengapresiasi perjuangan timnas, melalui sambungan video call ia berkata, "Terima kasih untuk perjuangan dan kerja keras pemain yang mampu bermain apik pada pertandingan ini,"

Iriawan juga berpesan pada para pemain dan pelatih, " Kami ingin pada pertandingan kedua nanti pemain tetap fokus, jangan terlalu percaya diri dan jangan terlena." 

Pada laga leg kedua Indonesia melawan Taiwan akan berlangsung pada Senin (11/10/2021).

(gigih imanadi darma/mag)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network