Selamat Ulang Tahun!

Serie A Perkenalkan VAR Room Terpusat, Pertama di Dunia dan Kebanggaan Italia

"Sepak bola terus berevolusi..."

Berita | 05 October 2021, 11:15
Serie A Perkenalkan VAR Room Terpusat, Pertama di Dunia dan Kebanggaan Italia

Libero.id - Penggunaan VAR memang memancing kontroversi, tetapi sejauh ini teknologi tersebut cukup membantu pekerjaan wasit. Dan itu sebabnya hampir seluruh liga-liga top Eropa sudah menggunakan VAR dalam beberapa musim terakhir.

Selangkah lebih maju dari yang lain, Asosiasi wasit Italia (AIA-Associazione Italiana Arbitri) berupaya untuk terus melakukan penyempurnaan terkait penggunaan VAR di Liga Italia, terutama di Serie A. 

Tidak lama lagi, Serie A bakal menerapkan penggunaan VAR yang terpusat di satu ruangan khusus.

Dalam arti kata lain, nantinya wasit VAR tidak akan ada lagi berada di sekitar stadion. Mereka semuanya akan terpusat pada sebuah ruang yang berada di daerah Coverciano, yang merupakan markas latihan timnas Italia.

10 Pesepakbola yang Pernah Didakwa Kasus Pidana

10 Pesepakbola yang Pernah Didakwa Kasus Pidana

Dalam hal ini, mantan wasit Gianluca Rocchi telah ditunjuk sebagai ketua asosiasi wasit Italia. Rocchi menyebut bahwa nantinya proyek ini akan memastikan 'wasit terbaik' akan berada di ruang VAR terpusat, mereka terlebih dahulu akan menjalani kursus.

“Kami mampu memiliki wasit terbaik dalam beberapa pertandingan setiap minggu. Pada tanggal 18 November akan ada pelatihan di sini, kami hanya memilih para wasit yang dapat menjamin level tinggi." kata Rocchi.

Gagasan ini sebetulnya sudah mencuat sejak musim lalu, namun baru akan terwujud karena membutuhkan persiapan yang matang.

“Perlahan, kami mengharapkan semua wasit bisa bergabung, tetapi hari ini, hanya para wasit profesional tingkat tinggi. Ini bisa menjadi motivasi bagi yang lain untuk berbuat lebih baik."

Sementara ini, kata Roochi hanya 6 wasit terpilih yang bakal di supervisi untuk proyek VAR terpusat ini, “Tujuannya adalah membawa enam wasit kembali ke puncak di Eropa, karena saya yakin mereka akan membuat kesan yang baik di sepak bola Italia.” tutupnya.

(gigih imanadi darma/mag)




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Foto


Komentar

(500 Karakter Tersisa)
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=HgyPUs_08U4

Artikel Pilihan