Mirip Rogerio Ceni, Kiper Tim PON Papua Cetak Gol Tendangan Bebas Brilian

"Jika anda kenal Rogerio Ceni, gol ini sangat mirip. Lewat tendangan bebas. Cek videonya!"

Viral | 04 October 2021, 00:30
Mirip Rogerio Ceni, Kiper Tim PON Papua Cetak Gol Tendangan Bebas Brilian

Libero.id - Meski hanya berstatus ajang amatir, pertandingan sepakbola di Pekan Olahraga Nasional (PON) 2021 Papua juga menampilkan aksi spektakuler. Salah satunya ditunjukkan kiper Papua, John Pigai, saat menghadapi NTT di Stadion Mandala, Jayapura, Minggu (3/10/2021). Pemilik nomor punggung 90 meniru Rogerio Ceni.

Bagi anda yang mengikuti sepakbola Amerika Latin, Ceni bukan sosok asing. Mantan kapten Sao Paolo itu dikenal sebagai penjaga gawang yang gemar melakukan eksekusi bola mati, dan sukses menjadi gol.

Hingga kini Ceni masih dianggap sebagai salah satu penjaga gawang Brasil terhebat sepanjang masa. Bahkan, diakui langsung oleh Federasi Internasional Sejarah dan Statistik Sepakbola (IFFHS) sebagai penjaga gawang yang telah mencetak gol terbanyak dalam sejarah.

Karier profesional Ceni berlangsung selama 25 tahun dengan 1.257 pertandingan klub profesional. Dia memenangkan 20 gelar utama, termasuk tiga Liga Brasil, dua Copa Libertadores, dan Piala Dunia Antarklub 2005. Dia juga mencetak 131 gol selama kariernya, dengan sebagian besar berasal dari tendangan bebas dan penalti dan satu lagi datang dari permainan terbuka.

Ceni juga mewakili Brasil 18 kali selama kariernya. Dia menjadi bagian dari tim yang memenangkan Piala Dunia 2002 dan Piala Konfederasi FIFA 1997. Dia juga ambil bagian di Piala Dunia 2006.  

Keahlian Ceni mencetal gol ternyata ditiru kiper Papua di PON 2021. Saat mengalahkan NTT 4-0, Pigai sebenarnya mendapatkan kesempatan mencetak gol lewat titik penalti pada menit 69. Sayang, tendangannya masih dapat ditepis. 

Tapi, kegagalan itu ternyata tidak membuat Pigai kehilangan hak melakukan eksekusi bola mati. Pada injury time babak kedua saat kedudukan 2-0, Papua mendapatkan kesempatan tendangan bebas langsung di sekitar haris penalti. Pigai dengan percaya diri maju. 

Tanpa ragu, Pigai mengambil ancang-ancang menggunakan kaki kirinya. Bola kemudian disepak melewati barisan pagar betis NTT dan menghujam ke gawang NTT. Sang kiper hanya bisa termenung melihat sepakan Pigai yang terasa seperti mirip Ceni.

Uniknya, setelah Pigai mencetak gol, Papua melengkapi kemenangan 4-0, satu menit sebelum bubaran lewat Rafiko Nawipa. Dengan kemenangan ini, Papua memastikan diri sebagai pemuncak Grup A dan lolos ke babak selanjutnya.

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network