Kisah Olivier Giroud Mengispirasi Montpellier Juara Ligue 1

"Sempat diremehkan di awal kedatangan sebelumnya."

Biografi | 01 October 2021, 16:15
Kisah Olivier Giroud Mengispirasi Montpellier Juara Ligue 1

Libero.id - Olivier Giroud bisa dibilang susah tertandingi dalam hal penampilannya sebagai pesepakbola tertampan. Namun, untuk sebagian besar kariernya di Liga Premier, Giroud masih memiliki bayang-bayang.

Di Arsenal, ada pemain seperti Alexis Sanchez dan Chelsea sempat memiliki Eden Hazard.
Selama bermain bersama Montpellier antara 2010 hingga 2012, Giroud bukan hanya unggul di depan cermin, tetapi juga di depan gawang lawan.

Pemain internasional Prancis yang sekarang berada di urutan kedua dalam daftar pencetak gol sepanjang masa di negaranya setelah Thierry Henry itu diakui karena eksploitasi mencetak golnya yang luar biasa, termasuk di manapun dirinya bermain.

Setelah nyaris gagal promosi ke Ligue 1 dengan bersama Tours pada musim 2008/2009, pemain yang saat itu berusia 22 tahun mengambil keputusan sendiri pada musim berikutnya. Dia mencetak 21 gol dan membuat tujuh assist, hanya untuk tim yang gagal setelah finis di peringkat 11 Ligue 2.

Sebuah kesempatan kembali ke papan atas untuk pertama kalinya dalam 25 tahun telah hilang, tetapi striker bintang mereka siap melangkah setelah setuju menandatangani bersama Montpellier pada bulan Januari, sebelum dipinjamkan kembali untuk sisa waktu musim.

Satu tahun setelah promosi dengan mengorbankan Giroud dan Tours, Montpellier melejit di bawah Rene Girard setelah finis kelima dan klasemen.

Giroud yang didatangkan hanya dengan harga 2 juta pounds (Rp 38,5 miliar) nyatanya memberikan hal yang lebih berarti untuk tim, meski banyak yang meremehkannya saat pertama kali bergabung bersama Montpellier.

Setelah tersingkir secara tak terduga dari Liga Europa oleh klub Hungaria, ETO FC Gyor, momentum Montpellier agak terhenti karena mereka tidak pernah mencapai bentuk yang berkelanjutan di Ligue 1.

Musim kedua sangat kuat di kubu Montpellier selama periode panjang paruh kedua musim. Hanya dua kemenangan dari 14 pertandingan terakhir membuat mereka hanya finis tiga poin di atas zona degradasi. Namun, itu tidak memberikan dampak apapun untuk menghentikan striker baru mereka mencuri perhatian.

Namun demikian, kebangkitan Giroud masih dalam tahap awal. Jika dia ingin memenangkan trofi dan menunjukkan kualitas sejati dari kredensialnya dalam waktu dekat, dia membutuhkan tim yang konsisten dan kohesif, serta butuh dimainkan di sekitar pemain yang mendukung.

Kedatangan Henri Bedimo dan Hilton tampak memberikan banyak harapan di sektor pertahanan, tetapi klub tidak dalam kondisi finansial yang baik. PSG menghabiskan lebih dari 80 juta euro (Rp 1,3 triliun) untuk mendatangkan Javier Pastore, Blaise Matuidi, dan Thiago Motta. Hasilnya mereka berhasil meraih gelar pertama mereka setelah menunggu 18 tahun.

Dampak mereka di Paris sangat jelas dan langsung. Dari 12 pertandingan, mereka mengemas sembilan kemenangan pada November, termasuk kemenangan tandang 3-0 di Montpellier. Hasil itu membuat mereka duduk manis di puncak.

Terlepas dari kekalahan mereka dari PSG di Stade de la Mosson, Giroud dkk terus mengejar dengan kemampuan jimat mereka untuk mempertahankan kualitas serangan yang menakjubkan.

Pada pergantian tahun, Giroud telah memainkan peran langsung dalam 18 gol, 13 gol, dan lima assist dalam banyak penampilan. Secara kolektif Giroud menghasilkan 13 poin untuk timnya, yang tanpanya akan membuat mereka turun lebih jauh di klasemen.

Giroud memenangkan setiap sundulan dan bekerja tanpa lelah untuk memfasilitasi lebih kebebasan rekan satu timnya.

Rene Girard telah mengumpulkan cukup banyak dampak meyakinkan di belakang dengan bek sayap yang solid. Ditambah lini tengah yang mengubah pertahanan menjadi serangan balik yang cepat.
Setelah libur musim dingin, Montpellier kembali direvitalisasi setelah mereka menjauh dari konsistensi dan menunggu kesempatan untuk memimpin di liga.

Empat pertandingan diawal musim 2012, La Paillade meraih empat kemenangan tanpa kebobolan sebelum mereka menuju ke Parc des Princes menghadapi juara bertahan.

Ini terasa seperti penentuan gelar, dibanjiri optimisme yang sama dari dua tim kualitas dunia. Sayangnya, PSG melakukannya dengan baik untuk menetralisir ancaman Giroud, dimana Alex dan Mamadou Sakho mengimbanginya secara fisik.

Giroud dipaksa untuk turun dan melebar, tetapi masih memainkan peran besar dalam kedua gol timnya saat mereka mendapatkan hasil imbang 2-2. Setiap tim, bahkan pemuncak klasemen seperti Carlo Ancelotti, mengincar Giroud, mencoba apa saja mulai dari menginjak kakinya hingga menyerangnya di udara untuk menghindari ancamannya. Tetapi, dia masih menemukan jalan keluar.

Sejak saat itu, akhir musim semakin dekat, baik Montpellier maupun PSG saling menyatakan rasa kepercayaan diri mereka. Hasil imbang dengan Dijon dan kekalahan dari Nancy diraih pasukan Girard pada pertengahan Maret, tetapi gol kemenangan Giroud di kandang sendiri atas Saint-Etienne menempatkan mereka kembali di kursi kemudi saat Parisiens kehilangan poin dalam tiga pertandingan berturut-turut.

Sekarang gelar itu menjadi milik Montpeller, sebuah jalan yang memotivasi Giroud untuk melanjutkan kebesarannya. April membawa perjalanan penting ke Marseille, dan tanpa ada yang memisahkan kedua tim di babak pertama, Giroud melesatkan gol dari tendangan voli dan memberi satu assist untuk gol Younes Belhanda untuk membuat perbedaan lagi.

Gol liga ke-20 datang seminggu setelahnya, tetapi itu tidak cukup untuk menghindari kekalahan tandang di Lorient. Dengan enam pertandingan tersisa, jarak antara Montpellier dan PSG hanya dua angka. Tekanan makin memanas dan gol-gol Giroud mulai mengering. Namun demikian, kontribusinya secara keseluruhan dan kepercayaan dirinya yang menular sama pentingnya seperti sebelumnya.

Dengan pola permainan 4-3-3, penyerang bisa saling bertukar peran secara serempak. Mereka secara taktis cukup teliti dan jantan dalam etos kerja mereka yang tiada henti. Giroud melambangkan ini dalam segala hal dan terbukti menjadi simbol kesuksesan mereka selanjutnya.

Tiga kemenangan diraih dari empat pertandingan Montpellier setelah kekalahan atas Lorient saat mereka menyambut Lille yang berada di posisi ketiga. Tuan rumah duduk tiga poin di atas PSG menuju matchday kedua dari belakang, yang berarti kemenangan akan sangat penting mengamankan trofi Ligue 1.

Menjelang waktu penuh, Lille yang secara matematis masih mampu mempertahankan gelar terus menekan untuk mencetak gol kemenangan, dengan Eden Hazard dan Dimitri Payet selalu berbahaya. Dengan 93 menit berlalu, langkah panjang dan putus asa dari Bedimo tampak menghabiskan beberapa detik berharga. Kemudian, entah dari mana, Giroud mencabutnya dengan sempurna sebelum berlari menjauh tanpa seorang pun kecuali dua bek yang terlihat.

Pada akhir musim, penampilan luar biasa Giroud membuatnya mendapatkan tempat di skuad Prancis di ajang Euro 2012 bersama dengan kehebohan minat dari klub-klub di seluruh benua. Dia ditakdirkan untuk menjadi yang teratas dan tidak ada yang menghentikannya.

Dua tahun setelah bermain sepakbola di kasta kedua bersama Tours, Giroud membawa Prancis meraih hal-hal yang lebih besar dan lebih baik.

(diaz alvioriki/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network