Tepat atau Tidak? Pemanggilan Tomori, Watkins, Ramsdale Kembali ke Skuad Inggris

"Setiap pemanggilan timnas selalu muncul kontroversi, termasuk yang dialami Inggris saat ini."

Analisis | 01 October 2021, 11:22
Tepat atau Tidak? Pemanggilan Tomori, Watkins, Ramsdale Kembali ke Skuad Inggris

Libero.id - Fikayo Tomori, Ollie Watkins, dan Aaron Ramsdale kembali dipanggil untuk jadi bagian dalam skuad Inggris yang akan melakoni lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 pekan depan melawan Andorra dan Hungaria. Banyak yang setuju dengan pemanggilan itu, tapi tidak sedikit yang bertanya-tanya.

Tomori sebelumnya hanya membuat satu penampilan untuk The Three Lions saat melawan Kosovo pada November 2019. Setelah itu, pesepakbola keturunan Nigeria itu menghilang seiring jam terbang yang minim di Chelsea.

Gagal di London Barat, Tomori pindah ke Italia. Ternyata, dengan cepat dirinya mampu beradaptasi dengan sepakbola di Serie A. Dan, sejauh ini dirinya telah bermain delapan kali untuk AC Milan di semua kompetisi dengan performa dan hasil yang tidak bisa dipandang sebelah mata.

Bermain di klub sebesar Milan dan menjadi pemain utama tentu saja menaikkan nilai tawar Tomori di depan Gareth Southgate. "Saya pikir dia menyelesaikan musim lalu dengan baik," ucap Southgate, dilansir Sky Sports.

"Dia bermain di klub di mana ada harapan untuk menang setiap minggu. Jadi dia boasa tampil di bawah tekanan. Saya suka Fikayo dalam hal agresivitasnya sebagai bek. Karena dia punya kecepatan, dia cukup percaya diri untuk bertahan dengan kaki depan dan penggunaan bolanya meningkat setiap saat," tambah sang nakhoda timnas.

Selain pemanggilan Tomori, fans Inggris juga merespons positif kembalinya Watkins ke timnas. Pemain depan Aston Villa itu sebenarnya hampir dibawa Southgate ke skuad Euro 2020. Tapi, karena persaingan yang ketat di lini depan, Watkins harus mengalah.

Namun, penampilan yang bagus bersama The Villans pada awal musim ini telah membuat pemain yang mengaku mengidolakan Thierry Henry tersebut dipanggil Southgate. Jika bermain, itu akan menjadi penampilan keempat Watkins bersama The Three Lions.


 

Pemanggilan aneh Ramsdale

Jika keputusan Southgate memanggil Tomori dan Watkins dianggap wajar olah para pendukung The Three Lions dan media Inggris, hal sebaliknya justru terjadi pada Ramsdale. Pasalnya, dia baru menjalani debut bersama Arsenal di Liga Premier pada 11 September 2021 saat melawan Norwich City.

Meski pernah masuk daftar sementara Euro 2020, penampilan Arsenal di awal musim yang belum sepenuhnya stabil juga mengherankan banyak penggemar Inggris. Apalagi, Ramsdale harus bergantian mengisi bawah mistar gawang The Gunners dengan Bernd Leno. Dari enam laga Liga Premier, masing-masing kebagian tiga kali.

"Ramsdale bersama kami sepanjang musim panas (daftar cadangan Euro 2020) dan kami memiliki kesempatan untuk bekerja dengannya untuk waktu yang lama dan bakal memahami kekuatannya," ujar Southgate menjelaskan.

"Dari sudut pandang Aaron, pindah ke klub yang lebih besar dengan harapan yang lebih tinggi. Gaya permainan di klubnya yang sekarang berbeda. Dia diminta untuk membangun serangan dengan kakinya dari belakang. Dia mengatasinya dengan sangat baik," tambah Southgate.

"Saya pikir itu faktor penting bagi kami ketika melihat pertandingan terbesar, memiliki kiper yang benar-benar beradaptasi dengan baik untuk bergerak dan penuh percaya diri," beber Southgate.

Selain tiga nama di atas, beberapa pemain lain juga memiliki kesempatan membela Inggris. Sebut saja Phil Foden dari Manchester City yang juga kembali memperkuat Inggris setelah cedera kaki.


Pemain-pemain yang akan absen

Selain memanggil pemain, beberapa nama juga akan absen. Bek kiri Manchester United, Luke Shaw, masih dimasukkan dalam skuad, meski tertatih-tatih saat timnya kalah dari Villa di Liga Premier akhir pekan lalu. Tapi, Harry Maguire dan Trent Alexander-Arnold terpaksa harus absen. 

Maguire akan menghadapi beberapa minggu absen karena masalah betis. Sementara Alexander-Arnold mengalami cedera pangkal paha dalam latihan awal pekan ini.

Pemain lainn yang tidak dipanggil adalah Nick Pope dari Burnley Patrick Bamford dari Leeds United. Bamford, yang hanya mencetak satu gol dalam enam penampilan klub musim ini, dimasukkan sebagai satu-satunya wajah baru untuk pertandingan internasional bulan lalu. Tapi, saat ini sedang berjuang dengan cedera pergelangan kaki.

Lalu, ada Mason Greenwood dan Jude Bellingham yang sama-sama absen, meski tampil bagus baru-baru ini di level klub. "Mereka berdua dalam situasi yang sama. Mereka adalah pemain muda dengan beban kerja yang berat saat ini. Biarkan mereka istirahat," ungkap Southgate.

"Sebagai pemain berusia 18 tahun, dia menjalani musim penuh musim lalu dan kemudian ke Euro 2020 tanpa jeda. Kami harus ingat para pemain ini masih dalam pertumbuhan fisik. Jadi, ketika kami berbicara tentang pengembangan pemain muda, kami harus sangat berhati-hati. bagaimana kita menangani mereka," kata Southgate.

"Ini adalah dua pemain yang kami pikir bisa sangat menarik untuk masa depan Inggris. Kami tidak ingin membebani mereka. Kami ingin memastikan kami membuat keputusan yang tepat dengan mereka," tambah Southgate.

Inggris akan melakukan perjalanan ke Pyrenees untuk menghadapi Andorra pada 9 Oktober 2021 sebelum  menjamu Hungaria di Wembley tiga hari kemudian.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network