Selamat Ulang Tahun!

Ini Alasan Gavi Dipanggil Timnas Spanyol, Meski Baru Main Enam Kali di Barcelona

"Pemanggilan yang mengejutkan mengingat usia Gavi dan performa Barcelona di awal musim."

Analisis | 01 October 2021, 08:51
Ini Alasan Gavi Dipanggil Timnas Spanyol, Meski Baru Main Enam Kali di Barcelona

Libero.id - Pablo Martín Páez Gavira alias Gavi benar-benar mencuri perhatian Pelatih tim nasional Spanyol, Luis Enrique. Di usia 17 tahun 55 hari dan baru bermain enam kali untuk klub di level senior, dia mendapatkan panggilan ke La Furia Roja.

Asosiasi Sepakbola Spanyol (RFEF) telah mengumumkan skuad untuk UEFA Nations League, pekan depan. Unai Simon, Robert Sanchez, dan David de Gea ada di bawah mistar gawang. Lalu, Cesar Azpilicueta, Pedro Porro, Eric Garcia, Aymeric Laporte, Inigo Martínez, Pau Torres, Sergio Reguilon, dan Marcos Alonso di bek.

Untuk lini tengah terdapat Sergio Busquets, Rodri, Pedri, Mikel Merino, Koke, dan Gavi. Selanjutnya, Ferran Torres, Pablo Sarabia, Mikel Oyarzabal, Jose Fornals, Marcos Llorente, serta Yeremi Pino sebagai penyerang.

Tentu saja, dari nama-nama yang dipanggil Enrique, yang paling menarik adalah Gavi. Tapi, pemain muda Barcelona itu bukan satu-satunya. Pemain sayap Villarreal yang baru berusia 18 tahun, Yeremi Pino, juga dipilih untuk pertama kalinya.

Tapi, pemanggilan Gavi yang layak disoroti. Lulusan La Masia, yang dianggap mirip Xavi Hernandez, itu benar-benar masih hijau. Dia baru tampil enam kali untuk Barcelona hingga saat ini. Bahkan, debut kompetitifnya baru terjadi pada 29 Agustus 2021. Dia langsung dipromosikan dari Spanyol U-16 ke tim utama.

Jika bermain di pertandingan semifinal Nations League melawan Italia, Rabu (6/9/2021), Gavi akan menjadi pemain termuda yang mewakili Spanyol. 

Pesona 6 Wasit Wanita Terseksi di Dunia

Pesona 6 Wasit Wanita Terseksi di Dunia

Pablo Zubieta, yang mendapatkan dua caps pada 1936, saat ini memegang rekor itu. Sementara rekan klub Gavi, Ansu Fati, duduk di urutan kedua dalam daftar sebagai satu-satunya pemain yang membuat debut pada usia 17 tahun.

"Dia mengejutkan saya. Tapi saya mengenalnya dari tim muda Barcelona dan tidak ragu tentang penampilan yang bisa dia berikan di masa depan," ucap Enrique di sesi konferensi pers, dilansir Marca. 

"Bagi saya, fakta bahwa ada pemain yang cedera berarti saya bisa melihat orang lain. Dengan kalender yang ketat, hal-hal ini terjadi dan peluang terjadi. Dia adalah interior yang sangat bergaya, baik dengan bola maupun tanpa bola, dan berkontribusi banyak hal," tambah mantan pelatih Barcelona itu.

Enrique juga mengaku sebenarnya akan memanggilan Fati yang perlahan-lahan kembali dari istirahat panjang karena cedera lutut. Tapi, setelah mendapat saran dari tim pelatih Barcelona, dia menundanya untuk memberi kesempatan Fati bugar 100%.

"Hal pertama adalah senang melihatnya kembali. Saya ingin meneleponnya dan membawanya, bahkan jika itu bukan untuk bermain, hanya untuk berada di sana. Tapi, anda harus memasukkan konteks dari mana dia berasal, berapa bulan dia absen. Kami telah memutuskan lebih baik tidak membawanya agar dia bisa pulih dengan baik bersama klubnya," ungkap Enrique.

Jika pada pertandingan semifinal mampu mengalahkan Italia di Stadion San Siro, Spanyol akan tampil di final Nations League. Lawan yang dihadapai Belgia atau Prancis. JIka kalah, akan memperebutkan tempat ketiga.

(diaz alvioriki/anda)




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Foto


Komentar

(500 Karakter Tersisa)
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=3HhTsB9sW4g

Artikel Pilihan