Selamat Ulang Tahun!

Di Mana Mereka Sekarang? Starting XI FC Porto Saat Juara Liga Europa 2010/2011

"Mayoritas masih aktif. Ada yang di level atas, tapi beberapa lainnya sudah memudar."

Biografi | 30 September 2021, 09:06
Di Mana Mereka Sekarang? Starting XI FC Porto Saat Juara Liga Europa 2010/2011

Libero.id - Selama bertahun-tahun, klub-klub di lima liga top Eropa telah membuat kesenjangan kualitas dibandingkan dengan negara-negara lain. Tim-tim dari Spanyol, Inggris, Jerman, Italia, dan Prancis sangat mendominasi kejuaraan Eropa.

Fakta menunjukkan, sejak awal musim 2011/2012, tidak ada tim di luar lima liga besar Eropa yang memenangkan Liga Champions atau Liga Europa. Spanyol memenangkan 11 piala, Inggris (enam), dan Jerman (dua).

Tim terakhir dari luar lima liga besar Eropa yang merasakan kejayaan itu adalah FC Porto, yang mengangkat trofi Liga Europa 2010/2011 dengan mengalahkan sesama tim Portugal, SC Braga 1-0, pada final di Dublin.

Dipimpin Andre Villas-Boas sebelum pindah ke Chelsea, Porto hanya kalah dua kali dari 15 pertandingan di kompetisi itu. Tapi, di mana mereka sekarang?


GK: Helton

Umur: 43 tahun

Klub saat ini: Pensiun

Pesona 6 Wasit Wanita Terseksi di Dunia

Pesona 6 Wasit Wanita Terseksi di Dunia

Kiper Porto pada era itu, Helton, menjaga gawang dengan baik sepanjang kampanye Liga Europa. Dia mencegah lawan mencetak gol pada empat kesempatan, termasuk clean sheets di final.

Helton pensiun pada 2016 dan masih dalam seragam Porto. Dia menghabiskan 11 tahun bersama klub dan membuat 332 penampilan. Tapi, pada usia 42 tahun, Helton bermain kembali membela UD Leiria di kompetisi kasta ketiga Portugal sebelum gantung sarung tangannya sekali lagi.


RB: Cristian Sapunaru

Umur: 37 tahun

Klub saat ini: Rapid Bucuresti

Setelah memenangkan Liga Europa di musim ketiganya bersama Porto, Sapunaru hanya menghabiskan satu tahun lagi bersama klub Portugal itu sebelum bergabung dengan Real Zaragoza. Bek kanan itu sempat bermain di klub Spanyol lainnya seperti dengan Elche sebelum kembali ke negara asalnya Rumania dan sekarang bermain untuk Rapid București setelah sempat pensiun pada 2019.


CB: Rolando

Umur: 36 tahun

Klub saat ini: Braga

Rolando adalah benteng kokoh pertahanan selama tujuh tahun masa bermainnya untuk klub. Dia memenangkan empat gelar liga dan empat piala domestik untuk menambah kejayaannya di Liga Europa.

Pada tahun 2015 Rolando pindah ke Marseille dan bermain selama empat tahun sebelum akhirnya hengkang pada musim panas 2019. Dan, saat ini bermain untuk Braga.


CB: Nicolas Otamendi

Umur: 33 tahun

Klub saat ini: Benfica

Otamendi menghabiskan empat tahun bersama Porto sebelum akhirnya bergabung dengan Valencia pada 2014. Tapi, hanya satu musim di sana dan dia pindah ke Manchester City seharga 32 juta pounds. Sekarang, bek asal Argentina ini kembali ke Portugal dengan memperkuat Benfica.


LB: Alvaro Pereira

Umur: 35 tahun

Klub saat ini: Estudiantes de Mérida

Pereira menghabiskan total tiga tahun di Porto sebelum dijual ke Inter Milan pada 2012. Tapi, bek kiri itu tidak terlalu sukses di Italia. Dua masa peminjaman mendahului penjualan permanen ke klub Argentina Estudiantes dan, setelah bertugas dengan Nacional di negara asalnya Uruguay dan River Plate Asuncion di Paraguay, Pereira sekarang berada di Venezuela bersama Estudiantes de Mérida.


DM: Fernando

Umur: 34 tahun

Klub saat ini: Sevilla

Fernando menghabiskan tujuh tahun bersama Porto sebelum pindah dan merupakan tokoh kunci dalam kesuksesan meraih gelar Liga Europa. Setelah itu Fernando masih mempersembahkan empat gelar liga domestik. Fernando lalu pindah ke ke Man City dan merasakan kesuksesan di Liga Premier.

Fernando meninggalkan Man City pada 2015 untuk bergabung dengan Galatasaray dan menghabiskan dua tahun bersama klub Turki sebelum membela Sevilla.


DM: Fredy Guarin

Umur: 35 tahun

Klub saat ini: Millonarios

Fredy Guarin adalah pencetak gol terbanyak kedua Porto dalam kampanye Liga Europa 2010/2011. Dia mencetak lima gol dan juga menambahkan tiga assist, termasuk satu di final.

Penampilan pemain Kolombia untuk Porto selama 3,5 tahun menarik minat Inter Milan. Guarin menghabiskan empat tahun di Inter sebelum pindah ke klub Liga Super China, Shanghai Shenhua, dan akhirnya Vasco da Gama. Sekarang, dia bergabung dengan Millonarios di tanah kelahirannya.


RW: Hulk

Umur: 35 tahun

Klub saat ini: Atletico Mineiro

Selama masa empat tahunnya di Porto itulah Hulk membuat karier gemilang. Setelah menghabiskan periode awal karier di Brasil dan Jepang, dia mencetak empat gol dalam kampanye Porto menjuarai Liga Europa.

Hulk kemudian bergabung dengan klub Rusia, Zenit Saint Petersburg, pada 2012, sebelum pindah ke Shanghai SIPG empat tahun kemudian. Pemain berusia 34 tahun itu baru saja kembali ke Brasil untuk bermain di Atletico Mineiro.


AM: Joao Moutinho

Umur: 35 tahun

Klub saat ini: Wolverhampton Wanderers

Saat itu, Joao Moutinho berada di musim pertamanya di klub setelah menandatangani kontrak dari Sporting Lisbon pada musim panas 2010. Moutinho hanya menghabiskan tiga tahun di Porto sebelum pindah ke AS Monaco, yang sedang membangun skuad untuk menyaingi Paris Saint-Germain.

Kemudian, Moutinho pergi lima tahun kemudian, dengan gelar Ligue 1. Dia bergabung dengan Wolves saat Nuno Espirito Santo.


LW: Silvestre Varela

Umur: 36 tahun

Klub saat ini: FC Porto B

Varela menghabiskan total delapan tahun di Porto. Tapi, musim terakhirnya terbagi antara masa pinjaman di West Brom dan Parma. Lalu, dia pindah ke Kayserispor. Setelah dua tahun di Turki, Varela dibebaskan pada musim panas 2019 dan akhirnya kembali ke Portugal bersama Belenenses sebelum bergabung dengan FC Porto B.


FW: Radamel Falcao

Umur: 35 tahun

Klub saat ini: Rayo Vallecano

Pernah terjadi di suatu masa, tidak ada striker yang lebih menakutkan di sepakbola Eropa daripada Falcao. Dan, era itu terjadi saat Porto menjuarai Liga Europa. Pemain Kolombia itu mencetak satu-satunya gol di final untuk mencatat total 17 gol dikompetisi. Itu adalah rekor Liga Europa hingga detik ini.

Musim panas itu Falcao direkrut Atletico Madrid. Dia terus berkembang sebagai striker yang menakutkan dan mencetak 70 gol dalam 91 pertandingan. 

Tapi, setelah pindah ke Monaco pada 2013, cedera mulai mengganggu karier Falcao. Dia kemudian menjalani masa pinjaman yang gagal Liga Premier bersama Manchester United dan Chelsea. Sekarang, Falcao berada di Rayo Vallecano setelah menikmati periode singkat bersama Galatasaray.

(atmaja wijaya/anda)




Hasil Pertandingan FC Porto


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Foto


Komentar

(500 Karakter Tersisa)
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=3HhTsB9sW4g

Artikel Pilihan