3 Bulan Menuju Piala AFF 2020, Legenda Thailand Dambakan Final Impian Tanpa Indonesia

"Setelah tahun lalu harus ditunda karena pandemi, kini negara-negara ASEAN siap pamerkan tajinya di Piala AFF 2020"

Berita | 29 September 2021, 15:45
3 Bulan Menuju Piala AFF 2020, Legenda Thailand Dambakan Final Impian Tanpa Indonesia

Libero.id - Kiatisuk Senamuang, mantan pelatih sepak bola nasional Thailand, mengharapkan final Piala AFF 2021 menjadi pertandingan impian antara dua tim teratas Asia Tenggara saat ini, yakni Vietnam dan Thailand.

Undian AFF menempatkan tim asuhan Park Hang-seo berada di grup B bersama Malaysia, Indonesia, Kamboja, dan Laos, sedangkan Thailand berada di grup A bersama Myanmar, Filipina, Singapura dan pemenang play-off antara Brunei dan Timor-Leste.

"Grup A lebih mudah daripada grup B. Vietnam akan menghadapi beberapa tantangan berada di grup yang sama dengan Malaysia dan Indonesia," ujar pria yang akrab disapa Zico tersebut kepada surat kabar Thai Rath.

"Saya yakin Thailand akan lolos ke final. Tim harus memenangkan gelar untuk fans. Itu sangat penting. Saya sangat ingin Vietnam menjadi lawan Thailand di final. Ini akan menjadi pertandingan impian," lanjutnya.

Sebelumnya, Senamuang memimpin Thailand meraih dua gelar Piala AFF berturut-turut pada 2014 dan 2016. Namun setelah gagal saat kualifikasi Piala Dunia 2018 dan bentrok dengan Presiden Asosiasi Sepak Bola Thailand (FAT), Somyot Poompanmoung, mantan pemain Royal Thai Police itu akhirnya memutuskan mundur dari pelatih kepala pada tahun 2017.

Football Association of Thailand (FAT) kemudian merekrut pelatih Jepang, Akira Nishino untuk tim nasional pada Juli 2019. Namun performa Thailand tetap buruk, terutama di babak kedua kualifikasi Piala Dunia, di mana mereka tersingkir. Vietnam dan UEA menjadi dua tim di grup G yang melaju ke babak final. 

Dalam kabar terbaru, posisi yang ditinggalkan oleh Nishino kemudian digantikan oleh Alexandré Pölking, pria yang sebelumnya pernah menjadi asisten di timnas Thailand ketika Milovan Rajevac memimpin tim Gajah Putih.

Sebelum Pölking terpilih menjadi pelatih baru Thailnad, Senamuang sebenarnya merupakan penantang untuk posisi tersebut, tetapi ia masih terikat kontrak dengan klub asal Vietnam, Hoang Anh Gia Lai.

Satu catatan menarik, sejak Park Hang-seo menjadi pelatih kepala Vietnam di tahun 2017, Golden Star Warriors tidak pernah kalah dari Thailand, bahkan di level junior.

Piala AFF sendiri akan berlangsung mulai 5 Desember hingga 1 Januari 2022.

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network