Selamat Ulang Tahun!

10 Debut Paling Mengecewakan, Liga Premier Paling Banyak

"Ada yang cuma main 33 detik langsung kartu merah. Ada yang ngibul."

Feature | 13 September 2021, 18:41
10 Debut Paling Mengecewakan, Liga Premier Paling Banyak

Libero.id - Banyak yang percaya, dalam hal apapun, kesan pertama sangat menentukan. Begitu juga dalam sepak bola, kita mengenal istilah debut --- untuk kali pertamanya seorang pesepakbola dimainkan dalam pertandingan resmi.

Ingatan para pencinta pesepakbola boleh terbentang luas sepanjang karier bermain sang pemain, tapi jendela pembuka dari itu semua pada dasarnya adalah debut.

Yang pertama selalu yang terkenang. Dalam pada itu, dilansir dari SunSport kami telah mengumpulkan 10 debut paling buruk sepanjang sejarah, setidak-tidaknya sampai dengan saat ini :

1.  Saul Niguez : Chelsea vs Aston Villa, 2021

Ada harapan tinggi ketika pemain senior timnas Spanyol yang serba bisa itu dimainkan, tetapi hal-hal tidak berjalan sesuai rencana.

Niguez yang baru saja debut dalam catatan statistik kalah delapan dari sembilan duel, juga sering melakukan kesalahan passing, dan setumpuk catatan buruk lainnya, dan Tuchel cuma sanggup memainkannya satu babak saja.

2. Thiago Silva, Chelsea vs West Bromwich, 2020

Direkrut secara gratis setelah dibebaskan oleh Paris Saint-Germain di musim panas, para penggemar The Blues memiliki harapan yang tinggi untuk Thiago Silva.

Begitu juga ketika Lampard memberikan kesempatan pada laga melawan West Bromwich.

Silva berbuat ceroboh dengan melakukan beberapa blunder yang berujung pada gol demi gol West Bromwich, bahkan Chelsea harus tertinggal 0-3 ketika menit baru ke-27, untungnya  Mason Mount, Callum Hudson-Odoi dan Tammy Abraham menyelamatkan muka Chelsea, skor akhir imbang 3-3.

3. Gonzalo Higuain, Inter Miami vs Philadelphia Union, 2020

Higuain mengalami sekaligus mimpi buruk bagi Inter Miami setelah transfer gratisnya dari Juventus. Saat debut striker Argentina berusia 32 tahun itu melakukan tendangan penalti di atas mistar gawang dan kemudian terlibat dalam bentrokan besar antar pemain.

Untuk membuat keadaan menjadi lebih buruk, timnya dikalahkan 0-3 oleh Philadelphia Union.

4. Jonathan Woodgate, Real Madrid vs Athletic Bilbao, 2005

Datang dari Newcastle ke Bernabeu dan 
Woodgate cuma membuat gol bunuh diri yang konyol lagi memalukan.

Kemudian untuk membuat keadaan menjadi lebih buruk, Woodgate dikenai kartu merah oleh wasit.

5. Gervinho, Arsenal vs Newcastle, 2011

Pada mulanya pemain Pantai Gading itu mencetak dua gol di pramusim melawan Koln. Tapi situasi buruk muncul ketika melawan Newcastle, dimana Gervinho kehilangan kendali dan bertengkar dengan Joey Barton. Dan untuk itu Gervinho mendapat larangan tiga pertandingan.

6. Emmanuel Frimpong, Sheffield Wednesday vs Barnsley, 2014

Ketika Anda bergabung dengan klub baru, selalu merupakan ide yang bijaksana untuk membuat diri Anda disayangi oleh para pendukung.

Tapi Frimpong melakukan hal yang sebaliknya, dia menginapkan para wanita di rumah barunya  di South Yorkshire, Barnsley.

Mungkin hal itu juga yang membuat debutnya jadi kacau : melakukan dua pelanggaran buruk pada pemain yang sama dalam waktu tujuh menit untuk mendapatkan dua kartu kuning dalam 30 menit pertama untuk klub.

7. Marcel Desailly, Coventry vs Chelsea, 1998

Bek Prancis itu baru saja tiba di Chelsea menyusul kesuksesan Piala Dunia bersama negaranya selama musim panas.

Tapi Desailly langsung di 'ospek' dengan cara yang sulit di sepak bola Inggris, ketika Chelsea bertamu ke Coventry.

Dion Dublin dan Darren Huckerby memberinya kejutan, keduanya mencetak gol dalam waktu 16 menit.

8. Ali Dia, Newcastle vs Leeds, 1996

Siapa yang bisa melupakan Ali Dia, yang disebut sepupu George Weah, dan cameo singkatnya di Liga Premier dengan Southampton adalah plot twist yang paling tak terduga.

Ternyata Ali Dia cuma tukang ngibul yang berbual ingin jadi pemain sepak bola besar. Diberi kontrak satu bulan, Ali Dia tampil saat melawan Leeds United dalam kekalahan 0-2.

Ali Dia terpaksa dimasukkan dari bangku cadangan, tetapi hasilnya nol besar, hanya dalam waktu 5 menit Ali Dia diizinkan untuk mementaskan kebohongannya.

9. Glenn Keeley, Everton vs Liverpool, 1982

Pada waktu itu Glenn Keeley tidak sepenuhnya fit, bahkan istrinya menyuruhnya untuk tidak bermain.

Tapi peringatan itu sudah terlanjur, Keeley yang mungkin mengingau meraih baju Kenny Dalglish pada menit ke-32 menit - dianggap sebagai pelanggaran profesional - dan diusir keluar lapangan saat The Reds meraih rekor kemenangan 5-0 di Goodison Park.

Begitulah, penampilan tunggalnya di Everton telah berakhir dan Keeley kembali ke klub induknya, Blackburn.

10. Jason Crowe, Arsenal vs Birmingham, 1997

Crowe akhirnya mendapat kesempatan untuk masuk ke lapangan sebagai pemain dari tim utama Arsenal dan itu terjadi pada babak perpanjangan waktu di pertandingan Piala Liga melawan Birmingham di Highbury.

Tapi lulusan akademi Arsenal itu hanya bertahan 33 detik,  tekelnya yang kelewat kasar pada Martin O'Connor dianggap sebagai pelanggaran serius oleh wasit Uriah Rennie dan kartu merah langsung jadi hadiahnya.

(gigih imanadi darma/gie)




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Foto


Komentar

(500 Karakter Tersisa)
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=HgyPUs_08U4

Artikel Pilihan