Wawancara Pjanic: Harga Diri Saya Diinjak Koeman

"Pemain asal Bosnia itu akhirnya angkat bicara"

Feature | 04 September 2021, 13:16
Wawancara Pjanic: Harga Diri Saya Diinjak Koeman

Libero.id - Sejak musim 2020/2021 atau tepatnya saat Ronald Koeman masuk sebagai pelatih baru Blaugrana, nama Miralem Pjanic memang sudah masuk dalam list penjualan klub dan akhirnya beberapa hari sebelum jendela transfer musim panas terutup, tim asal Turki, Besiktas resmi mendapatkan tanda tangan mantan pemain AS Roma tersebut.

Sekarang ia sudah tidak lagi bekerja di bawah perintah Ronald Koeman, dan rekan senegara Edin Džeko itu mengungkapkan segala hal terkait soal dirinya yang harus hengkang dari Barca dalam wawancara eksklusifnya bersama Diario Marca.

Apa kabar Pjanic?

"Saya sangat senang dan termotivasi. Saya tiba di Sarajevo setelah dipresentasikan di Besiktas dan semuanya berjalan baik. Saya tidak bisa menerima situasi seperti yang saya alami tahun lalu. Jelas saya tidak bisa melakukan itu. Saya' saya seorang pesepakbola yang suka bermain, dan itulah yang membuat saya bahagia."

Apakah Anda selalu menjadi penggemar Barcelona sejak kecil?

"Saya selalu menyukai cara Barcelona bermain dan menonton pertandingan mereka. Filosofi mereka jelas dan cocok dengan sepak bola saya. Ketika saya di sana, saya melihat semua pemain yang saya impikan untuk bermain bersama. Itu selalu menjadi tujuan saya bermain untuknya. klub seperti Barcelona, ​​tetapi saya tidak mengharapkan situasi yang rumit seperti itu."

Apa arti penandatanganan Barcelona bagi Anda?

“Saya senang di Juventus, tetapi Barcelona menghabiskan dua tahun mencoba untuk mengontrak saya tetapi tidak bisa. Kemudian datang lagi kesempatan dan mereka mengambilnya. Saya sangat senang, yang normal karena saya akan bermain untuk klub yang saya impikan saat kecil. Saya memiliki banyak harapan, karena saya selalu memulai, melakukannya dengan baik dan berkembang di mana pun Saya sebelumnya - di Roma atau Juventus. Saya siap untuk mengambil langkah ini setelah sembilan tahun di Italia, saya menginginkan tantangan dan itu adalah momen yang tepat. Tapi kemudian saya menemukan pelatih yang, saya tidak tahu..."

"Saat ini, hari ini, saya tidak tahu persis apa yang dia inginkan. Dia tidak mencoba menjelaskan sesuatu kepada saya atau menemukan solusi. Saya akan bertanya kepadanya apa yang dia inginkan dari saya, posisi atau apa yang saya lakukan dengan baik. atau buruk. Saya ingin beradaptasi secepat mungkin dengan tim dan berguna. Anda membutuhkan 17 atau 18 pemain dari skuad untuk memenangkan gelar. Dia tidak memiliki masalah dengan permainan saya dan tidak memberi saya jawaban. Waktu berlalu dan situasinya berubah dari buruk menjadi lebih buruk, tanpa alasan apa pun. Seperti yang saya katakan, saya bersikap profesional, jadi ini sulit dipahami. Banyak orang di dalam juga tidak memahaminya. Lalu ada kesempatan untuk pergi dan Saya ingin mendengarkan itu, karena saya perlu bermain. Saya tahu apa yang bisa saya bawa ke tim, tetapi Anda membutuhkan kepercayaan diri dan dialog dan hal-hal untuk dikatakan di depan Anda. Saya lebih suka hal-hal dikatakan kepada saya secara langsung , tapi begitulah adanya. Ini adalah cara berkomunikasi yang sangat aneh dan ini pertama kalinya saya mengalami hal ini. Saya memiliki hubungan yang sangat baik onship dengan semua pelatih saya. Saya tidak tahu apa yang terjadi, saya benar-benar tidak tahu. Dia tidak ingin tanggung jawab atau konfrontasi, karena saya kira itu tidak bisa ditangani."

Barcelona kini setidaknya sudah berganti banyak pelatih, kemudian keluarnya Luis Suarez dan Lionel Messi yang akhirnya hengkang, tahukah Anda situasi seperti apa yang dihadapi saat ini ?

"Saya tahu itu adalah periode yang sulit, itu jelas. Itu adalah situasi yang sulit bagi klub dan anggotanya. Barcelona selalu ingin menang, tetapi ketika saya tiba, ada grup yang sangat kuat dan pemain dengan kualitas yang bisa memenangkan LaLiga Santander. . Tapi itu tidak terjadi, saya tidak bisa mengatakan alasan pasti mengapa. Itu rumit, dan saya juga terlambat dua minggu karena COVID-19 dan dengan pelatih baru. Tetapi situasi saya rumit sejak awal. Saya mendapat di sana setelah dua minggu pergi, mulai berlatih sedikit demi sedikit, sendirian, untuk mempersiapkan diri untuk memulai dengan rekan tim saya. Tiga, empat, tujuh, 10 hari berlalu dan pelatih tidak pernah datang untuk berbicara tentang musim, tentang saya, untuk berbicara tentang apa pun. Itu aneh, tapi baiklah. Waktu berlalu, saya merasa baik dan bermain, tapi tentu saja saya menginginkan lebih. Kemudian ada titik ketika saya bermain lebih sedikit dan segalanya menjadi rumit. Itu sulit secara fisik dan mental dan itu membunuh kepercayaan diri saya karena saya tidak memiliki komunikasi dengannya. Itu sangat aneh. Pelatih adalah orang yang mengatakan siapa yang bermain dan siapa yang tidak, tetapi ada cara untuk melakukan sesuatu. Saya seorang pemain yang bisa mengambil apa saja, tapi saya ingin diberitahu ke wajah saya dan bukan seolah-olah saya berusia 15 tahun. Saya berjuang sampai akhir, saya selalu profesional dengan para pemain, selalu bekerja keras, untuk mereka juga. Saya tahu bahwa jika pelatih bertahan, saya harus menemukan solusi."

Anda memulai musim dengan bermain di Liga Champions, namun tidak di kompetisi La Liga, mengapa demikian ?

“Semua orang bertanya kepada saya, mereka ingin tahu. Tapi saya juga, saya ingin tahu. Dia tidak pernah memberi tahu saya atau bertanya apakah saya ingin bermain sebagai dua atau di depan pertahanan. Saya mencapai final Liga Champions bermain sebagai pivot ganda dengan (Sami) Khedira. Saya sudah bermain di mana-mana, tetapi dia tidak pernah melihat saya di salah satu dari mereka. Saya tidak memiliki posisi, saya mendapat lima atau 10 menit, atau akan melakukan pemanasan selama 45 menit tetapi tidak bermain . Saya tidak pernah mengalami situasi seperti itu dan itu tidak mudah. ​​Anda harus tegar, karena terkadang saya bisa bereaksi buruk terhadapnya, tetapi saya selalu menghormatinya dan rekan satu tim saya. Dia melakukan umpan silang terhadap saya dari awal. Sulit untuk diterima. Saya menunggu sampai akhir untuk hal-hal berubah. Saya memainkan semua pertandingan Liga Champions dan kami menang 2-0 di Turin. Kemudian La Liga Santander datang dan saya tersingkir. Saya akan bertanya kepadanya apakah saya melakukan sesuatu yang salah. Mungkin dia menginginkan sesuatu yang berbeda dari (Massimiliano) Allegri, (Maurizio) Sarri, Luis Enrique atau (Luciano) Spalletti. Ia (Koeman) kemudian berkomunikasi dengan saya, 'Tidak, tidak, itu hanya rotasi, saya tidak masalah, sikap Anda baik ...'. Oke, baiklah, tapi kemudian aku keluar lebih lama. saya tidak mengerti. Dia pelatih yang sangat, sangat aneh. Ini pertama kalinya aku melihat seseorang seperti ini."

Apakah Anda selalu mencoba untuk berkomunikasi dengan Koeman ? atau ia tidak pernah mencarimu?

"Tidak pernah, kecuali suatu hari di awal musim ini ketika dia datang untuk berbicara dengan saya dan hanya bertanya tentang situasi saya. Saya mengatakan kepadanya bahwa saya ingin bermain top... Saya datang dari Serie A dengan empat gelar, final Liga Champions, 100 pertandingan Liga Champions. Saya memiliki pengalaman dan saya tahu apa yang bisa saya lakukan. Saya tidak tahu harus berkata apa kepada Anda. Itu tidak mudah. ​​Saya sangat suka bermain sepak bola."

Menurut Anda apa alasannya?

"Sejujurnya saya bertanya pada diri sendiri berkali-kali, bertanya-tanya apa kesalahan saya. Mungkin dia tidak suka bahwa saya berkata saya ingin bermain lebih publik. Tetapi pelatih mana pun akan mengatakan 'oke, ini adalah kompetisi dan saya suka. dengar itu'. Itu mungkin saja, tapi aku ingin dia memberitahuku secara langsung bahwa aku bukan untuknya. Itu tidak ada dan aku tidak mengerti dia. Ini rumit karena ini yang pertama waktu itu terjadi pada saya dan saya belum pernah melihat perilaku seperti itu sebelumnya."

Apakah Anda mencari seseorang di klub untuk menemukan solusi?

“Saya berbicara dengan orang-orang, ya. Pada awalnya sedikit, dan kemudian mendekati akhir. Mereka mengatakan kepada saya bahwa mereka memahami kekecewaan saya dan bahwa mereka melihat saya berlatih dengan baik, tetapi mereka tidak dapat melakukan apa-apa. Tidak ada yang mengerti. Mereka berterima kasih atas sikap saya, tapi apa artinya itu bagi saya? Saya tahu saya seorang profesional yang baik. Saya tahu klub tahu seperti apa saya sebelum mereka merekrut saya. Saya seorang pesaing, saya selalu baik dengan saya. grup dan saya ada di sana. Senang bermain dan bekerja dengan orang-orang itu. Saya ingin membantu tim lebih banyak, tetapi saya tidak memiliki kesempatan."

Paruh kedua musim adalah yang terburuk. Sebelas pertandingan langsung tanpa bermain, bahkan lima diantaranya berasal dari bangku cadangan, bagaimana tanggapan Anda?

“Saya tidak sendirian. Anda bisa melihat dari dekat dan melihat ada yang lain. Saya tidak ingin membicarakan mereka, mereka bisa berbicara jika mereka mau. Bagaimana menurut Anda? Dari Februari hingga Mei saya hampir tidak bermain. Saya sangat kecewa. Saya bisa saja mengatakan 'Saya memiliki kontrak tiga tahun jadi saya tidak peduli', tetapi saya tidak seperti itu. Itu adalah situasi yang sangat sulit untuk diterima, tetapi saya tidak akan melakukannya. bertarung. Ada seseorang yang tidak akan pernah berubah. Dia adalah pelatihnya. Ada kurangnya rasa hormat terhadap klub, bagi mereka yang tidak bermain setelah berlatih dengan baik. Pelatih tidak pernah ada untuk melihat sikap para pemain siapa yang tidak bermain. Ini pertama kalinya saya melihat itu. Bagaimana seorang pemain bisa termotivasi untuk menunjukkan bahwa dia ada di sana ketika pelatih tidak ada di sana untuk melihat sikap atau bagaimana dia berlatih? Itu adalah salah satu hal terburuk yang saya lakukan. telah melihat, kurangnya rasa hormat dan itu tidak mudah bagi kami yang tidak bermain. Sekarang saya telah menemukan solusi untuk bermain dan saya senang."

Apakah Anda berpikir bahwa Barcelona akan menawarkan kesempatan untuk membatalkan kontrak Anda?

“Itu pertanyaan untuk mereka, bukan untuk saya. Saya selalu mengerti bahwa setiap orang memiliki masalah, tetapi ada cara untuk menemukan solusi bersama. Saya tidak bodoh. Saya mengerti segalanya. Tapi itu harus dilakukan dengan hormat. Saya Saya telah banyak membantu klub, saya menyadari gaji dan berusaha ketika saya masuk untuk mendapatkan penghasilan lebih sedikit dari sebelumnya. Tapi saya bukan orang yang suka membicarakan hal itu, dan saya belum banyak bicara. seluruh situasi ini. Saya berharap Barcelona melakukannya dengan baik di masa depan, secara ekonomi dan olahraga. Saya ingin rekan satu tim itu menang banyak karena mereka pantas mendapatkannya."

Telah dilaporkan bahwa gaji Anda telah dikurangi. Kenapa melakukan itu?

“Saya memiliki kontrak dan saya selalu memuji klub. Saya hanya bernasib buruk dengan pelatih. Tapi Barcelona adalah Barcelona. Saya tidak bisa menghabiskan satu tahun lagi tanpa bermain, saya harus bermain. Saya fokus, bahagia dan Saya tidak sabar untuk memulai musim dengan Besiktas."

Apakah Anda menyesal menandatangani kontrak dengan Barcelona?

"Tidak, tidak pernah. Hal-hal terjadi dalam hidup, dan saya selalu berjuang sepanjang karier saya. Saya ambisius, kompetitif, saya telah mencapai level Barcelona dan Juventus. Saya tahu saya bisa bermain untuk tim-tim itu, saya hanya dulu. tidak diberi kesempatan."

Apakah Anda merasa diremehkan?

"Oleh pelatih, ya tentu saja iya."

Apakah rumor soal Anda kembali ke Juventus adalah benar ?

"Itu benar. Ada banyak hal. Tidak banyak klub memiliki jendela yang bagus, hanya Paris Saint-Germain, saya tidak tahu bagaimana mereka melakukannya. Klub-klub Inggris juga. Itu membuat stres, saya pikir tentang situasi saya, tetapi sampai saya mendapat telepon saya fokus pada pelatihan. Tapi, itu sulit."

"Saya tidak pernah benar-benar berbicara tentang hal-hal ini, tetapi saya pikir penting bagi orang-orang untuk mengetahui apa yang sebenarnya saya alami. Setiap orang dapat memiliki pendapat mereka. Saya menerima segalanya dan tidak apa-apa. Saya telah melalui masa-masa sulit dan Saya akan berjuang sampai akhir karena saya tahu apa yang bisa saya berikan."

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network