Gagal Gaet Kane dan Ronaldo, Siapakah Finisher di Manchester City?

"Guardiola sebenarnya punya penyerang tengah. Tapi, tampaknya masih butuh pembuktian."

Analisis | 02 September 2021, 17:19
Gagal Gaet Kane dan Ronaldo, Siapakah Finisher di Manchester City?

Libero.id - Kegagalan Manchester City mendatangkan Harry Kane atau Cristiano Ronaldo membuat suporter bertanya-tanya. Siapa yang nantinya akan menjadi targetman The Citizens pengganti Sergio Aguero? Mungkinkah Pep Guardiola memainkan false nine?

Sejauh ini, Ferran Torres cukup konsisten dengan bermain sebagai striker. Pemuda Spanyol itu telah mencetak lima gol berturut-turut dan dia terlihat natural dalam peran tersebut. 

"Yang dimainkan Ferran  luar biasa. Jika Anda melihat jumlah gol dan assistnya, dia bermain sangat baik. Tapi kami menemukan posisinya sekarang sebagai striker," kata Guardiola setelah Torres mencetak dua gol ke gawang Arsenal, akhir pekan lalu, dilansir Sky Sports.

"Dia membuat gerakan seperti striker terbaik yang bergerak di belakang. Jamie Vardy, tipe pemain seperti ini. Dia bergerak dengan sangat baik. Dia sangat muda. Dia adalah finisher yang luar biasa. Ingat gol melawan Norwich? Itu dianulir. Tapi, penyelesaiannya sempurna," tambah Guardiola.

Sejak awal April, hanya Mason Greenwood yang mengungguli pemain Spanyol berusia 21 tahun itu di Liga Premier. Dia memiliki ldua kali lebih banyak gol dalam kompetisi sebagai pemain Man City lainnya pada waktu itu.

Namun, penampilan apik Torres sebagai striker tak cukup mengubah fakta bahwa Man City tetap mengajukan tawaran 100 juta pounds untuk Harry Kane musim panas ini. Meski keberatan, mereka juga bersedia mengontrak Cristiano yang sudah berusia 36 tahun.

Striker dibutuhkan karena Man City telah kehilangan Aguero. Kini, mereka bermain tanpa striker kelas dunia. Ketika Tottenham mengalahkan mereka pada pekan pembukaan Liga Premier, itu menunjukkan betapa kehadiran striker sangat perlu. Spurs mengungguli City, tapi peluang mereka rata-rata menghasilkan 1,2 gol dibandingkan dengan 1,9 gol Man City. 

"Secara umum, kami menunjukkan semangat dan niat yang baik dan kami tiba di sepertiga akhir berkali-kali. Tapi, kami tidak cukup klinis," kata Guardiola.

Kane telah mencetak 166 gol Liga Premier untuk Tottenham di Liga Premier sejak melakukan debut di kompetisi ini pada Agustus 2012. Itu lebih banyak dari pemain lain pada periode tersebut. Hanya Aguero yang memiliki peluang lebih baik dengan Kane. Dia mengunggulinya dengan lima gol dalam periode ini.

Hal itu menyoroti dua poin penting. Pertama, kualitas finishing Kane. Kedua, itu menunjukkan bahwa Man City memberikan layanan tingkat tinggi kepada penyerang tengahnya.

Aguero jelas mengambil keuntungan dari itu. Dia menempati urutan keempat dalam daftar pemain yang paling banyak mengungguli gol yang diharapkan sejak debut Kane. Tapi, identitas pemain di ujung lain daftar itulah yang menggambarkan tantangan yang dihadapi Man City.

Sebenarnya, Man City juga masih memiliki Gabriel Jesus. Pemain asal Brasil itu telah mencetak 51 gol dalam kariernya di Liga Premier sejak melakukan debut pada 2017. Gabriel juga telah membuat awal yang sangat mengesankan untuk musim ini. Dia jadi sosok kunci dalam kemenangan atas Norwich dan Arsenal.

Tapi, Guardiola justru memainkan Gabriel sebagai sayap kanan. Dan, dia menganggap itu sebagai posisi terbaiknya. Sebab, Gabriel telah bermain di sana selama beberapa waktu untuk tim nasional Brasil. Jadi, itu masuk akal. Permainannya lebih dari sekadar gol. Ini adalah pemain tanpa pamrih yang menekan dari depan dan gerakannya menciptakan ruang bagi orang lain.

Tapi, statistik finishing itu lebih membantu menjelaskan keengganan untuk mempercayainya sebagai penyerang tengah. Bukan hanya Torres, melainkan juga Raheem Sterling dan Kevin de Bruyne. Kejamnya, dia dijuluki penyerang cadangan di tim tanpa striker.

Itu memotong ke inti masalah. Itu menunjukkan mengapa transfer Kane akan berdampak pada Man City. Jack Grealish adalah pesepakbola yang baik. Begitu juga Ilkay Guendogan dan Bernardo Silva. 

Jadi, tantangan bagi Torres sekarang adalah mengurangi rasa kehilangan itu, untuk memastikan bahwa Legenda yang mereka tinggalkan dan striker yang tidak mereka rekrut tidak menjadi cerita musim ini di Man City. Itu banyak untuk dikenakan padanya. Tapi, dia memiliki bakat dan tim di sekitarnya untuk melakukannya.

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Manchester City


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network