Bugar di Usia 36 Tahun, Ini Latihan Tak Biasa Cristiano Ronaldo Jelang Bermain untuk Man United

"Masih bisakah Ronaldo tampil maksimal di Liga Premier musim ini ?"

Analisis | 31 August 2021, 06:16
Bugar di Usia 36 Tahun, Ini Latihan Tak Biasa Cristiano Ronaldo Jelang Bermain untuk Man United

Libero.id - Jelas kepulangan Cristiano Ronaldo ke kota Manchester banyak membuat penggemar Setan Merah kegirangan, tetapi transfernya juga membuat beberapa pertanyaan besar.

Billboard telah didirikan di sekitar kota untuk menyambut Ronaldo kembali, tetapi tidak semua orang percaya itu adalah langkah yang tepat untuk United.

Pundit Sky Sports, Paul Merson telah mengajukan pertanyaan tentang Ronaldo karena usianya, meragukan kapten Portugal itu masih memiliki kemampuan untuk tampil di level kelas dunia.

"Saya akan mengatakan dia 50 persen (dibandingkan dengan bagaimana Ronaldo berusia 26/27)" ujar Legenda Arsenal tersebut.

“Angkanya, jangan salah paham, masih fenomenal. Dengan dia menjadi pencetak gol terbanyak lagi musim lalu di Italia, di mana pun dia berada, dia telah melakukannya."

"Dia berusia 36 tahun. Jika dia melakukannya musim ini di Liga Premier maka Anda harus berdiri dan mengatakan bahwa dia dekat bukan manusia."

Jika ada pemain dengan kemampuan super-manusia itu adalah Ronaldo, dan pasangan Georgina Rodríguez itu mengklaim di masa lalu bahwa ia memiliki 'usia biologis 23' - dan ingin terus bermain hingga usia 40-an.

Pemain depan setinggi 1,87 meter itu tetap menjadi salah satu pemain yang paling dominan secara fisik di dunia - masih bisa berlari secepat kilat dan mampu melompat dengan ketinggian yang luar biasa.

Pada 2018, Ronaldo berkata: "Saat ini saya memiliki usia biologis 23 tahun."

"Saya masih punya waktu lama, saya bisa terus bermain sampai saya berusia 41 tahun.

"Saya merasa baik, bahagia, saya tidak bisa mengeluh."

Tapi bagaimana ia melakukannya?

Ronaldo tidak memiliki formula super rahasia dan tubuhnya yang luar biasa dibangun hanya dengan beberapa latihan fisik pada umumnya.

Yang membedakan adalah dedikasinya ke gym, tetapi Ronaldo mengikuti rutinitas berbasis Pilates yang berfokus pada kerja resistensi untuk memperkuat inti otot-otonya.

Istirahat juga merupakan bagian besar dari rutinitasnya, seperti diet ketat. Latihan pasca-pertandingan juga menjadi salah satu kuncinya, jika pemain lain suka duduk di depan TV setelah pertandingan, Ronaldo langsung menuju ke kolam renang.

Sering kali CR7 bersama Cristiano Jr terlihat berenang bersama, yang tidak hanya membantunya melepas lelah dari beban fisik pertandingan, tetapi juga membantunya membangun fisiknya yang besar.

Berenang adalah latihan seluruh tubuh yang brilian, melatih semua otot lengan, otot inti, dan kakinya.

Di samping gymnya, Ronaldo memiliki senjata rahasia untuk regenerasi otot - ruang Cryotherapy.

Kit walk-in senilai 50.000 Poundsterling juga membantu kebugaran pada tubuhnya dengan Ronaldo memasang satu pada tahun 2013 setelah mendengar itu bekerja dengan baik untuk pemain sayap Bayern Muenchen, Franck Ribery.

Adapun ruang Cryotherapy bisa meredakan nyeri otot dan mengurangi pembengkakan, peradangan atau keseleo - memungkinkan Ronaldo untuk siap untuk pertandingan atau sesi latihan berikutnya lebih cepat.

Ronaldo juga memiliki pemandian air panas dan dingin untuk merangsang regenerasi otot, sementara juga terdapa sebuah alat pemijat untuk ototnya yang pegal saat ia duduk di bak mandi.

Istirahat dan regenerasi menjadi sama pentingnya bagi Ronaldo dengan berolahraga.

Ronaldo pernah tergerak untuk menyangkal ia melakukan 3.000 sit-up dalam sehari - mengklaim ia hampir tidak melakukan 1.000 "dalam satu minggu".

Kegiatan fisik sebanyak itu hanya akan melukai dan melelahkan otot-ototnya.

Tidur dan relaksasi adalah bagian penting lain dari rutinitasnya, dengan pria Portugis itu setidaknya tidur delapan jam setiap harinya.

Waktu keluarga juga menjadi fokus utamanya, apakah menikmati hidup bersama anak-anaknya dan Georgina Rodriguez atau ibu, saudara laki-laki dan perempuannya adalah sesuatu yang penting.

"Kekuatan mental sama pentingnya dengan kekuatan fisik. Latihan dan sesi fisik adalah yang paling penting, tetapi menjalani gaya hidup santai membantu Anda menjadi yang terbaik yang Anda bisa, secara fisik dan mental" jelas mantan pemain Juventus itu.

"Saya menghabiskan waktu luang saya dengan keluarga dan teman-teman, yang membuat saya santai dan dalam pola pikir positif."

"Tidur yang tepat sangat penting untuk mendapatkan hasil maksimal dari latihan."

"Saya tidur lebih awal dan bangun lebih awal, terutama sebelum pertandingan. Tidur membantu pemulihan otot yang sangat penting."

Namun rahasia sebenarnya dari tubuhnya yang luar biasa itu adalah metode olahraga Pilates dan latihan di rumah.

"Cocoklah berolahraga di mana pun Anda bisa. Anda dapat melakukan latihan perut di kamar tidur Anda ketika Anda bangun di pagi hari atau sebelum tidur" ujar Ronaldo.

"Jika Anda masuk ke rutinitas maka itu membuatnya lebih mudah karena itu akan menjadi kebiasaan."

Ketika remaja, Ronaldo adalah anak laki-laki yang kurus perubahan untuk memiliki badan atletis terjadi setelah ia mendengar komentar dari pelatih saat ia baru berusia 11 tahun.

"Saya ingat pertama kali saya mendengar salah satu anak berkata kepada anak lain, 'Apakah Anda melihat apa yang dia lakukan? Orang ini adalah binatang buas'," ujar Ronaldo.

"Saya mulai mendengarnya sepanjang waktu. Bahkan dari pelatih. Tapi kemudian seseorang akan selalu berkata, 'Ya, tapi sayang sekali dia sangat kecil.'"

"Memang benar, saya kurus. Saya tidak punya otot. Jadi saya membuat keputusan pada usia 11 tahun. Saya tahu saya memiliki banyak bakat, tetapi saya memutuskan bahwa saya akan bekerja lebih keras daripada semua orang."

"Saya mulai menyelinap keluar dari asrama pada malam hari untuk berolahraga. Saya menjadi lebih besar dan lebih cepat."

Pekerjaan Ronaldo akan sia-sia jika tidak mengikuti pola makan yang benar.

Rekan Bruno Fernandes itu bukan lah seorang vegetarian tetapi ia membatasi asupan dagingnya karena asupan lemak yang lebih tinggi.

Ikan adalah bagian penting dari makanannya dengan masakan khas Lisbon Bacalao a la Brasa - campuran cod rebus, bawang, kentang yang diiris tipis dan telur orak-arik - salah satu favoritnya.

Ia juga memberi label pada ayam sebagai "daging ajaib" karena proteinnya yang tinggi dan kandungan lemaknya yang rendah.

Ronaldo mengatakan: "Saya makan makanan berprotein tinggi, dengan banyak karbohidrat gandum, buah dan sayuran, dan menghindari makanan manis."

"Makan secara teratur. Jika Anda berlatih secara teratur, penting untuk menjaga tingkat energi tetap tinggi untuk mengisi bahan bakar tubuh Anda untuk kinerja yang lebih baik."

"Saya terkadang makan hingga enam porsi kecil sehari untuk memastikan saya memiliki energi yang cukup untuk melakukan setiap sesi di level atas."

"Ronaldo makan semua jenis hidangan, sebagai atlet yang bertanggung jawab, tetapi yang paling dia sukai adalah ikan seperti ikan air tawar, ikan todak dan bass laut" ujar Luis Lavrador, koki timnas Portugal.

Ronaldo sendiri juga berhenti minum alkohol sejak 2005 - bukan hanya karena pengaruh buruk pada dietnya, tetapi juga karena ayahnya meninggal karena alkoholisme saat ia berusia 20 tahun.

Ibunya, Dolores Aveiro, adalah bagian penting dari tim Ronaldo. Ia sering menghabiskan waktu di rumahnya, memasak makanan dan memastikan pria kelahiran Madeira itu mendapatkan kebutuhan protein sesuai diet ketatnya.

Apapun itu, rasanya kita akan tetap melihat Ronaldo bermain secara impresif sampai umur 40 tahun, ya setidaknya hal itu cukup beralasan mengingat pola hidup yang ia jalani hingga sekarang.

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network