5 Tim Terbaik di Rusia Saat Ini

"Nuansa militer, borjuis dan proletar sangat kental dalam sejarah berdirinya klub sepakbola Rusia"

Biografi | 26 August 2021, 23:07
5 Tim Terbaik di Rusia Saat Ini

Libero.id - Berada di benua paling kompetitif dalam urusan sepakbola, nyatanya Rusia memiliki tradisi sepakbola yang membanggakan.

Selama bertahun-tahun, terlepas dari ketidakstabilan dan transformasi politik yang terjadi di sana, tim sepakbola mereka terus menjadi kompetitif, baik di turnamen internasional maupun domestik. Setidaknya negara pecahan Uni Soviet selalu bisa mengejutkan panggung sepakbola melalui para pemain muda berbakatnya (Yuri Zhirkov, Andrey Arshavin, Aleksandr Golovin ) ataupun transfer besar yang mereka lakukan (Givanildo Vieira de Souza ke Zenit, Willian Borges da Silva ke Anzhi), lalu siapa saja tim terbaik di Rusia saat ini ? tanpa basa-basi lagi berikut ulasannya;

1. FC Zenit St. Petersburg

Zenit adalah salah satu klub tertua dan terpopuler di Rusia. Saat ini dimiliki dan dijalankan oleh perusahaan energi milik negara Rusia, Gazprom. Formasi Zenit mendahului revolusi Rusia tahun 1917. Diyakini bahwa sekelompok tim lokal yang berbasis di kota Saint Petersburg Rusia bergabung sebelum Lenin berkuasa. Pendahulu Zenit tertua yang didokumentasikan disebut Murzinka, yang beroperasi pada tahun 1914.

Zenit telah menjadi salah satu tim paling dominan dari era Soviet hingga era sekarang. Mereka saat ini adalah juara bertahan Liga Premier Rusia dan mereka telah memenangkan kejuaraan utama sebanyak 6 kali. Mereka juga telah memenangkan piala Rusia 5 kali dan Piala UEFA sekali pada musim 2007/2008. Stadion Krestovsky di Saint Petersburg adalah kandang dari klub berjuluk 'Sine-Belo-Golubye' tersebut.

2. PFC CSKA Moscow

Kaum militarian memiliki sejarah panjang dalam membanggakan sepak bola Rusia. Didirikan pada tahun 1911, CSKA awalnya didirikan sebagai cabang olahraga militer Rusia. Selama bertahun-tahun, terutama era pasca-Soviet, The Red and Blues telah berubah dari berada di bawah kendali dan kepemilikan tentara Rusia menjadi dijalankan oleh perusahaan pengembangan milik negara VEB. rf. CSKA dan sejauh yang diketahui, tim yang kini diasuh oleh Aleksei Berezutski itu telah memenangkan Liga Premier Rusia sebanyak 6 kali dan piala Rusia 12 kali. Mereka juga telah memenangkan Piala UEFA sekali di musim 2004/2005 saat gol-gol dari Vágner Love, Yuri Zhirkov dan pelatih mereka kini, Berezutski, memastikan kemenangan 3-1 atas Sporting Lisbon.

Adapun kandang dari CSKA Moscow sendiri adalah VEB Arena.

3. FC Lokomotiv Moscow

Lokomotiv Moscow didirikan pada tahun 1922 dan berada di bawah kendali kementerian transportasi Soviet melalui instansi Kereta api Rusia selama era Uni Soviet. Mereka telah memenangkan Liga Premier Rusia sebanyak 3 kali bersama dengan 10 piala Rusia. Mereka juga berbasis di Moskow dan memainkan pertandingan kandang mereka di RZD Arena.

4. FC Spartak Moscow

'Tim Rakyat', demikian lah mereka biasa dipanggil oleh warga lokal, didirikan pada 18 April 1922. Mereka berafiliasi dan dimiliki oleh serikat pekerja Soviet/Rusia. Saat ini, mereka dimiliki secara pribadi oleh pengusaha Rusia, Vagit Alekperov dan Leonid Fedun. Spartak telah memenangkan Liga Premier Rusia 10 kali ditambah 13 piala Rusia. Mereka memainkan pertandingan kandang mereka di Otkritie Arena di Moskow.

5. FC Rubin Kazan

Klub berjuluk 'Volzhane' itu didirikan pada tahun 1958 dan bertahun-tahun kemudian dibeli oleh Walikota Kazan pada tahun 1996. Mereka telah memenangkan 2 gelar Liga Premier Rusia serta satu piala Rusia. Mereka memainkan pertandingan kandang mereka di Kazan Arena di kota Kazan. Rubin Kazan adalah salah satu klub sepak bola paling populer di Rusia dan para penggemar mereka menjuluki dirinya "Rubin Ultras".

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network