10 Pemain yang Dibeli karena Membuat Klub Terkesan

"Yang paling terkenal tentu saja transfer Ronaldo ke Manchester United"

Analisis | 25 August 2021, 18:29
10 Pemain yang Dibeli karena Membuat Klub Terkesan

Libero.id - Tampaknya hingga bursa transfer musim panas kali ini benar-benar tertutup, Nuno Espírito Santo akan memaksimalkan waktu yang ada untuk mendapatkan jasa Adama Traore dari Wolves.

Pria Spanyol itu sendiri berada di puncak daftar keinginan transfer Nuno tetapi itu bukan pertama kalinya seorang pemain menjadi target sebuah klub karena membuat manajer atau pemilik terkesan. Lalu siapa saja pemain lainnya ? tanpa basa-basi lagi, berikut 10 pemain yang dibeli karena membuat klub terkesan;

10.Eduardo (Arsenal)

“Saya sudah tahu tentang dia untuk sementara waktu, tetapi penampilannya melawan kami di Liga Champions tahun lalu benar-benar menunjukkan betapa berbahayanya dia,” ujar Arsene Wenger saat memperkenalkan rekrutan barunya pada Juli 2007.

Eduardo adalah pemain yang diproyeksikan untuk menggantikan Thierry Henry dan catatan 68 gol dalam 76 pertandingan di dua musim bersama Dinamo Zagreb adalah catatan gol yang sangat baik.

Seperti yang disinggung Wenger, Arsenal telah menyaksikannya secara langsung. Meskipun berakhir sebagai runner-up kampanye sebelumnya, The Gunners harus bekerja keras melalui kualifikasi Liga Champions musim 2006/2007. Mereka diadu melawan Zagreb, mengalahkan tim asal Kroasia itu dengan skor 3-0 di leg pertama sebelum menjamu mereka dua minggu kemudian. Eduardo membuka skor dengan lari yang luar biasa dan penyelesaiannya yang klinis benar-benar membuat Wenger terkesan.

9.Paul Lambert (Borussia Dortmund)

Meski karier manajerialnya tidak terlalu sukses seperti karier bermainnya, Lambert nyatanya adalah salah satu gelandang Skotlandia yang paling segani pada zamannya.

Dan penampilannya bersama Motherwell saat bertandang ke Westfalenstadion dalam ajang Piala UEFA 1994 benar-benar membuat Die Borussen terkesan. Yap, manajer Dortmund saat itu, Ottmar Hitzfeld akhirnya memutuskan untuk mengontraknya sebagai agen bebas di musim panas 1996, dan transfer tersebut benar-benar sukses. Membuat kemitraan bersama lini tengah bersama Jürgen Kohler, Lambert sukses menghentikan pergerakan Zinedine Zidane di final Liga Champions musim 1996/1997.

8.Danny Ings (Aston Villa)

Tampaknya pembelian Danny Ings oleh manajemen Villa tidak lepas dari kebiasaanya mencetak gol di Villa Park. Tiga kunjungan ke stadion bersama Burnley dan Southampton sukses menghasilkan empat gol antara 2014 dan 2021, sang striker tidak pernah gagal mencetak gol saat ia bermain di lapangan keramat itu.

“Danny telah melakukan apa yang telah dia lakukan untuk diri kita sendiri dan banyak klub lain,” ujar Dean Smith setelah gol akrobatiknya ke gawang Newcastle pada Sabtu lalu (21/8/2021).

7.Sadio Mane (Liverpool)

Juergen Klopp dan Liverpool sama-sama bersatu dalam ketertarikan mereka dengan Sadio Mane pada 2016, saat itu Mane bermain untuk Southampton dan ya memang penampilanya benar-benar luar biasa.

Adapun saat Klopp masih menjadi manajer di Dortmund, sang manajer sudah mengincarnya saat ia bermain untuk Red Bull Salzburg dan dua gol Mane dalam kemenangan 3-2 di St Mary's pada 2016, benar-benar semakin meyakinkan Klopp untuk memboyongnya ke Anfield. Dan di pertengahan 2016, Mane pun ke  Merseyside dan seperti yang kita lihat sekarang, ia adalah pemain terpenting The Reds dalam trisula Firmino-Mane-Salah.

6.Dmytro Chygrynskiy (Barcelona)

Mungkin transfer ini terbilang salah satu transfer terburuk Pep Guardiola, tetapi meski begitu, Dmytro Chygrynskiy pernah menunjukan penampilan yang luar biasa dalam menghalau serangan tiki-taka Barca saat mereka kalah dari Shakhtar Donetsk di ajang Liga Champions tahun 2009.

Pria Ukraina itu tampil melawan Barcelona di musim pertama Guardiola sebagai manajer senior dan Barca yang bermain Camp Nou saat menjamu The Miners dalam lanjutan grup C, harus mengakui keunggulan tim tamu dengan skor 2-3 dan pelatih Spanyol itu tergila-gila dengan penampilan defensif seorang Chygrynskiy.

5.Heurelho Gomes (Tottenham)

Dalam empat musim di PSV, Heurelho Gomes menikmati beberapa perjalanan Eropa yang luar biasa. Kampanye pertamanya di Belanda didukung oleh perjalanan ke semifinal Liga Champions, sebelum tersingkir di babak 16 besar dan perempat final kompetisi selama dua tahun ke depan.

Tottenham diadu melawan raksasa Eredivisie di babak 16 besar Piala UEFA, kalah di leg pertama 1-0 setelah Gomes menggagalkan upaya Robbie Keane di White Hart Lane. Juande Ramos menyaksikan timnya menyamakan kedudukan secara agregat di leg kedua seminggu kemudian tetapi Gomes mencegah serangan balik sepenuhnya, menyelamatkan dengan cemerlang dari Darren Bent dan Steed Malbranque, meski tendangan voli sensasional Dimitar Berbatov gagal ia halau.

"Saya bukan pahlawan," ujar Gomes.

"Tidak, seluruh tim adalah pahlawan."

Dan di tahun 2008, Gomes bergabung dengan Tottenham dalam kontrak senilai 7,8 juta Poundsterling.

4.Emmanuel Adebayor (Manchester City)

Ketika Manchester City memulai musim panas penuh pertama mereka yang didukung oleh kekayaan Sheikh Mansour, mereka tahu bahwa mereka perlu beberapa penandatanganan, dan Robinho adalah yang paling sensional, diikuti oleh pembelian Gareth Barry, Roque Santa Cruz, Stuart Taylor hingga Carlos Tevez.

Dan saat Emmanuel Adebayor bukan pilihan utama di Arsenal dan Robin van Persie pada dasarnya telah merebutnya, membuka pintu bagi Arsenal untuk menegosiasikan pembebasannya. Tawaran 25 juta Poundsterling membantu kepindahan pria Togo itu ke kota Manchester City, dan yang perlu diketahui adalah Adebayor sukses mencetak empat gol melawan The Citizens dalam lima pertandingan, dua diantaranya terjadi pada tahun 2008.

3.Mo Salah (Chelsea)

Tentu saja penampilannya dalam pertandingan melawan The Blues selama penyisihan grup Liga Champions 2013/14 adalah yang meyakinkan Chelsea untuk memasuki negosiasi dan dengan cepat membuat kesepakatan untuk pria Mesir itu. Salah yang saat itu bermain untuk FC Basel sukses mencetak gol pertama dalam karierny melawan tim Liga Premier dalam kemenangan 2-1 Basel yang menakjubkan di Stamford Bridge dan kemudian satu-satunya gol dalam kemenangan 1-0 di Swiss.

Meski begitu, rupanya jasa Salah tak terlalu terpakai di kota London, dan kini ia menjadi pemain paling berbahaya di Liga Premier bersama Liverpool.

2.David Beckham (Real Madrid)

Manchester United (4) dan  Real Madrid (3) di leg kedua perempat final Liga Champions di Old Trafford pada tahun 2003 menjerat Florentino Perez untuk mendapatkan jasa David Beckham, terlebih setelah tendangan bebasnya yang khas itu menjebol gawang Iker Casillas.

"Tiba-tiba para pemain Madrid mendatangi saya dan mengobrol sementara sepak bola, pertandingan yang luar biasa ini, berderak di sekitar kami”. Saat itulah Roberto Carlos mengajukan pertanyaan yang menentukan: 'Apakah Anda datang untuk bermain untuk kami?' Setelah pertandingan itu rasanya tak terhindarkan" ujar Beckham setelah laga sengit tersebut.

Menyusul perseteruannya dengan Sir Alex Ferguson tak lama setelah pertandingan itu, Madrid kemudian mencuri kesempatan dan sukses mengamankan jasa kapten Inggris itu untuk membentuk genarasi awal Los Galacticos.

1.Cristiano Ronaldo (Manchester United)

Gary Neville mungkin menganggap dirinya beruntung karena cedera sekali ini saja. Dikeluarkan dari pertandingan persahabatan pra-musim melawan Sporting Lisbon, ia duduk untuk menonton di MUTV dan dibuat terkesima. 

“Setelah pertandingan, saya ingat mengirim SMS ke saudara saya, mengatakan 'kita perlu merekrutnya' dan tampaknya ada banyak pembicaraan tentang dia di pelatih setelah pertandingan," ujar Neville yang mengenang saat melihat Cristiano Ronaldo untuk pertama kalinya.

Dalam laga tersebut, Ronaldo sukses membuat salah satu pilar penting United, John O'Shea bekerja ekstra keras untuk menjaganya dan CR 7 adalah yang menginspirasi kemenangan 3-1 Verde e brancos atas Manchester United dalam laga tersebut.

Beberapa bulan tak lama setelah itu, Ronaldo didatangkan oleh manajer Sir Alex Ferguson dalam kesepakatan 12,24 juta Poundsterling dan ya, seperti yang kita lihat sekarang, pria Portugal itu adalah salah satu pemain terbaik sepanjang masa dalam dunia sepak bola.

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network