Rata-rata Lama Permainan di 5 Liga Top Eropa, Cuma 50-an Menit

"40-an menit sisanya banyak terbuang."

Analisis | 24 August 2021, 10:28
Rata-rata Lama Permainan di 5 Liga Top Eropa, Cuma 50-an Menit

Libero.id - Sepak bola profesional dimainkan dalam waktu 2x45 menit belum termasuk tambahan waktu, jadi, waktu ideal dalam pertandingan sepak bola profesional adalah 90 menit. 

Tapi sebenarnya kalau kita mau keluar dari arti waktu yang literal, ada banyak hal yang membuat pertandingan sepak bola tidak berjalan 90 menit dengan sempurna : bola keluar lapangan, selebrasi gol, tendangan sudut, dan lain sebagainya.

Lalu, kalau dihitung-hitung berapa sebenarnya total waktu yang berlangsung dalam sebuah pertandingan? Mari kita bertolak pada 5 liga top Eropa.

La Liga yang Paling Sebentar

Pertandingan LaLiga Santander berlangsung antara tiga dan lima menit lebih sedikit daripada keempat liga utama Eropa lainnya.

Hanya ada 50 menit dan 57 detik aksi di Spanyol, sementara di Ligue 1 mereka bermain 55:41, di Serie A 54:30, di Premier League 54:15 dan di Bundesliga 53:26.

Manuel Pellegrini memiliki penjelasan akan hal tersebut, setelah hasil imbang Real Betis melawan Cadiz Jumat lalu, ketika ia menyebutkan solusi potensial.

"Pada pertemuan wasit mereka memberi tahu kami bahwa [LaLiga] adalah liga Eropa yang paling lambat, [karena] butuh waktu lebih lama untuk mengambil tendangan bebas, ada simulasi konstan dan ada tontonan yang harus kami urus," kata pelatih Betis.

"Kami menangani ini atau itu bertentangan dengan tontonan, orang membayar tiket karena suatu alasan.

"Wasit harus cepat, penjaga gawang harus cepat melakukan tendangan, lemparan ke dalam juga, pemain tidak boleh melakukan diving. Kami harus menjaga tontonan."

Jumlah menit yang dimainkan di LaLiga berada pada titik terendah dalam sejarah. Angka terendah rata-rata terjadi di musim 2019/20, dengan 51:49 dan sekarang turun menjadi 50:57 pada awal kampanye musim ini.

Salah siapa?

Berikut adalah tiga pihak yang terkena dampak dalam masalah ini dan pertanyaannya adalah bagaimana mereka dapat menyelesaikan masalah besar ini?

Pemain : karena menerapkan diving dan hal lainnya yang membuang waktu secara berlebihan, misalnya selama bola mati.

Pelatih : wasit meminta pelatih untuk mendidik pemain mereka dan memaksa mereka untuk menghindari membuang-buang waktu dan melakukan hal-hal kotor seperti diving, karena dengan cara itu mereka terus-menerus mengganggu permainan.

Wasit : biarkan permainan dimainkan, berikan lebih banyak waktu tambahan ketika pemain membuang-buang waktu dan hindari terlalu sering menghentikan permainan.

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network