Kisah Ilaix Moriba Pilih Guinea Daripada Spanyol, Demi Piala Dunia 2022

"Mulai saat ini dan seterusnya, Moriba akan membela timnas Guinea"

Biografi | 22 August 2021, 11:11
Kisah Ilaix Moriba Pilih Guinea Daripada Spanyol, Demi Piala Dunia 2022

Libero.id - Bintang muda Barcelona, Ilaix Moriba membuat keputusan penting soal masa depannya setelah memutuskan untuk bermain membela tim nasional Guinea.

Pemain berusia 18 tahun itu sebelumnya adalah warga negara Spanyol dan telah mewakili La Roja di berbagai level pemuda, termasuk lima penampilan untuk tim U-17 Spanyol. Namun, setelah pertemuan ayahnya dengan pejabat di federasi sepak bola Guinea (GFF), Moriba akan mewakili negara kelahirannya mulai saat ini.

Moriba awalnya menolak tawaran mereka pada tahun 2017 tetapi ia sekarang telah secara efektif mengundurkan diri dari tim nasional Spanyol dan membuat dirinya tersedia untuk membela negara asal benua hitam tersebut. Bahkan, surat kabar Diario AS meyakini ia bisa menjadi bagian dari skuad Syli Nationale saat melawan Guinea-Bissau dan Maroko bulan depan.

View this post on Instagram

A post shared by Ilaix Moriba (@ilaixmk)

Moriba bergabung dengan Barcelona dari Espanyol pada 2010 setelah pindah ke Spanyol sebagai pemain muda dan naik pangkat sebelum masuk ke tim utama musim lalu.

Namun, pemain tersebut saat ini berada di tengah-tengah kebuntuan kontrak dengan Blaugrana dan beberapa laporan mengklaim bahwa ia menuntut kenaikan gaji yang sangat besar yang akan membuatnya mendapatkan lebih dari 100.000 Poundsterling per minggu.

Barca sendiri sedang berjuang secara finansial dan manajer Ronald Koeman secara terbuka telah memanggil Moriba dan perwakilannya.

"Ilaix? Saya berbicara dengan Ilaix Moriba 2 atau 3 minggu lalu, lebih sebagai pribadi daripada sebagai pelatih," ujar pelatih asal Belanda itu.

"Situasinya mengerikan karena dia baru berusia 18 tahun, dia adalah masa depan klub dan saya tahu klub mencintainya."

"Saran saya adalah uang bukanlah hal yang paling penting. Yang benar adalah saya kecewa padanya (Moriba) dan agennya. Saya lebih percaya pada sepak bola daripada uang."

Di Instagram, Moriba menanggapi komentar manajernya dengan memposting kutipan di ceritanya yang diterjemahkan menjadi: 

"Ribuan rumor dan tidak ada yang tahu kebenarannya."

Dengan masalah yang masih belum terselesaikan, Barca tidak mengizinkan Moriba untuk bermain dan bahkan namanya tidak tersedia di bangku cadangan untuk tim B Barca awal bulan ini.

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network