Sebuah Penghargaan untuk Michael Essien, Pria Chelsea untuk Semua Hal dan Semua Musim

"Pemain multi fungsi saat merumput di Stamford Bridge."

Biografi | 20 August 2021, 11:51
Sebuah Penghargaan untuk Michael Essien, Pria Chelsea untuk Semua Hal dan Semua Musim

Libero.id - Michael Essien mungkin bukan nama pertama yang muncul di benak ketika membahas kesuksesan Chelsea di era modern, tetapi Legenda asal Ghana itu tidak diragukan lagi layak masuk dalam jajaran pemain terbaik The Blues.

Utilitas pria dalam sepakbola memiliki keberadaan yang aneh. Seperti pisau, mereka berguna, bahkan penting untuk dimiliki, mampu melakukan berbagai pekerjaan sambilan. Mereka dicintai oleh pelatih karena kemampuan mereka untuk melakukan apa saja.

Namun, orang yang berguna dapat dengan mudah dilupakan, kepentingan mereka diabaikan demi mereka yang melakukan hal-hal yang lebih mencolok di lapangan sepakbola.

Menjadi orang yang berguna juga dapat memiliki efek yang merugikan pada pemain itu sendiri, karena dia mampu mengisi kekosongan hampir di mana-mana. Pemain itu tidak dapat menentukan posisi yang tepat dalam tim ketika ada api yang harus dilawan di posisi yang berbeda setiap pekan.

Dalam hal ini, mereka sama pentingnya dengan mereka yang bisa dibuang, keberadaan ganda yang pasti membingungkan bagi mereka yang berperan.

Tidak ada eksponen keahlian yang lebih baik daripada Essien, Man For All Seasons Chelsea.

Dia didatangkan dengan harga 24,4 juta pounds (Rp 480,5 miliar) dari Olympique Lyon pada musim panas 2005 - setelah tim asuhan Jose Mourinho memenangkan gelar Liga Inggris 2004/2005 dengan susah payah. The Blues finis 12 poin di atas runner-up Arsenal.

Mourinho menyukai lini tengah yang terdiri dari tiga pemain yang terdiri dari Tiago, Claude Makelele, dan Frank Lampard. Strategi itu memberi Lampard kebebasan untuk melangkah lebih jauh ke depan, tetapi Mourinho merasa perlu untuk meningkatkan rekan senegaranya, Tiago.

Upgrade Essien

Pada usia 22 tahun, dia berada di tempat yang tepat untuk dibentuk menjadi pemain Mourinho: cukup tua untuk tidak membutuhkan pengawasan ekstra, tetapi masih muda dan cukup ambisius untuk dilatih menjadi pesepakbola yang cocok untuk level tertinggi.

“Kami percaya dia adalah yang terbaik yang bisa kami dapatkan untuk posisinya dan dia bisa bermain di mana saja di lini tengah,” kata Mourinho tentang penandatanganan rekor klub saat itu.

Dijuluki Bison, Essien tampil memukau di Chelsea saat menghadapi Arsenal. Essien memberikan assist untuk gol kebetulan Didier Drogba.

Pemain asal Ghana itu membuktikan dirinya di Chelsea XI bersama Makelele dan Lampard saat mereka berhasil mempertahankan gelar mereka. Itu membuat 31 penampilan di liga dan 41 di semua kompetisi.

Sisi lain

Bukanlah hal yang mudah bagi pria yang digambarkan sebagai "monster fisik" oleh mantan rekan setimnya di Lyon. Namun, dengan tantangan ganas pada Mohammed Kallon dari Monaco di musim terakhirnya di Prancis, sebuah awal dari hal-hal yang akan datang di Inggris.

Pada Desember 2005, selama pertandingan grup Liga Champions dengan Liverpool, Essien menyerang Dietmar Hamman tepat di bawah lutut dalam apa yang menurut kontrak harus digambarkan sebagai 'tekel horor'.

Wasit melewatkan insiden pada saat itu, tetapi UEFA tidak. Essien diberi larangan dua pertandingan.
Namun, pada tahun-tahun berikutnya Essien mengekang tekel jahat saat dia tumbuh dalam pengaruh dalam jajaran Chelsea.

Fleksibilitasnya sudah dikenal sejak hari-harinya di Lyon. Meskipun dia bersikeras dirinya lebih suka bermain di lini tengah, dia tidak pernah mengeluh, melakukan tugasnya dengan mengagumkan di mana pun dia diminta. Bek kanan, bek tengah, atau di lini tengah. Dia tidak memiliki masalah untuk menyesuaikan diri dengan mulus di salah satu posisi itu.

Keindahan permainan Essien adalah kemampuannya yang tampak untuk melakukan semuanya: dia bisa mengambil umpan, menyerang ke depan sebagai gelandang box-to-box, atau memberikan perisai untuk pertahanan dengan relatif mudah.

Sudah sepantasnya dia mengombinasikan serangan yang menggelegar ke depan dengan tekel tanpa henti mengingat dia mencontoh permainannya setelah Patrick Vieira dan Roy Keane - yang terakhir di mana dia bisa bermain bersama jika bukan karena izin kerja yang ditolak setelah uji coba di Manchester United pada 1999 .

Gol yang bagus

Tidak terlalu dikenal untuk mencetak gol, Essien menyumbang dengan beberapa gol berkualitas tertinggi.

Ada gol penyeimbang yang menakjubkan melawan Arsenal pada 2006/2007 yang terpilih sebagai Gol Terbaik Chelsea Musim Ini. Gol melawan Valencia untuk mengirim Chelsea ke semifinal Liga Champions di akhir musim itu.

Essien mengakhiri kampanye dengan dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Chelsea Musim Ini, menjadi orang Afrika pertama yang memenangkan penghargaan tersebut.

Menyusul pemecatan Mourinho pada awal musim 2007/2008 dan penunjukan berikutnya Avram Grant. Itu adalah bukti karakter skuad bahwa mereka berhasil menempatkan lari bersama-sama yang berakhir dengan mereka akhirnya gagal mendapatkan penghargaan tertinggi baik di liga dan Eropa.

Salah satu gambar abadi dari final Liga Champions 2008 adalah Cristiano Ronaldo yang menjulang di atas Essien. Megabintang asal Portugal itu mencetak gol pembuka bagi Manchester United saat Essien bermain sebagai bek kanan. Dia mengalami awal yang sulit melawan Ronaldo, yang bisa dibilang memiliki musim terbaik yang pernah dialami oleh pemain Liga Premier pada saat itu.

Tapi, apa yang tidak cepat diingat adalah bahwa Essien tumbuh secara bertahap ke dalam permainan dan akhirnya berhenti membusuk. Essien memulai dalam posisi yang tidak lazim dalam permainan terbesar dalam kariernya pada saat itu dan tampil dengan sangat baik. Dia menunjukkan dedikasinya untuk tujuan tersebut.

Awal dari akhir

Kejam, itu sama bagusnya dengan Essien di Stamford Bridge.

Dalam kualifikasi Piala Dunia melawan Libya, gelandang itu mendarat dengan canggung dan menderita cedera ligamen anterior. Cedera itu membuatnya absen selama lebih dari enam bulan. Ini akan menjadi yang pertama dari banyak cedera lutut serius yang secara efektif membayar kariernya di Chelsea.

Dia kembali saat musim 2008/2009 hampir berakhir, mencetak Goal of the Season lainnya melawan Barcelona di semifinal Liga Champions - permainan yang sekarang dikenang karena sejumlah keputusan kontroversial oleh ofisial yang merugikan Chelsea.

Ada lagi absen panjang pada 2010 yang membuatnya absen di Piala Dunia di Afrika Selatan. Belum lagi cedera ligamen cruciatum yang pecah lagi di pra-musim 2011, cedera yang membuat pemain yang pernah berkarier di Indonesia bersama Persib Bandung ini absen selama enam bulan.

Ketika kisah pengambilalihan Roman Abramovich dan akhirnya sukses di Liga Champions diceritakan, para pemain seperti Drogba, Lampard, John Terry, dan Petr Cech berhak mendapatkan penghargaan atas kontribusi mereka untuk mengubah impian miliarder yang dibuat-buat menjadi kenyataan.

Di bawah anak tangga pemain itu akan ada tempat bagi seorang pria yang menjalankan bisnisnya dengan tenang, terkadang dengan paksa, dan menempatkan kepentingan tim di atas keinginan pribadinya sendiri.

Meskipun keterlibatannya terbatas dalam kemenangan Liga Champions 2012, sejarah pasti akan baik untuk Essien ketika semua dikatakan dan dilakukan.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network