Penampilan Impresif Diwarnai Aksi Rasial Suporter, Liverpool Minta Maaf

"Penghinaan kepada pemain Norwich membuat manajemen Liverpool berang dengan pendukungnya."

Berita | 15 August 2021, 18:44
Penampilan Impresif Diwarnai Aksi Rasial Suporter, Liverpool Minta Maaf

Libero.id - Liverpool telah mengecam aksi kelompok suporternya menyusul nyanyian homofobia yang diarahkan pada pemain pinjaman Chelsea, Billy Gilmour, saat The Reds meraih kemenangan 3-0 di Norwich City, Minggu (15/8/2021) dini hari WIB.

Klub bereaksi terhadap tweet yang diposting oleh salah satu akun suporter bernama "Kop Outs", yang merupakan basis suporter yang mewakili komunitas LGBT+. Menurut laporan, telah terjadi pelecehan yang ditujukan kepada gelandang muda Skotlandia itu.  

Kop Outs menulis: "Hasil bagus hari ini dirusak oleh nyanyian homofobia oleh beberapa penggemar kami kepada pemain pinjaman Chelsea, Billy Gilmour. Jika anda tidak dapat mendukung tanpa menggunakan omong kosong fanatik, anda tidak memahami YNWA," tulis kelompok itu.

Kelompok suporter itu memposting pesan dengan mengutip tweet pada 2019 dari organisasi kesetaraan gender yan menulis "Kick It Out". Tulisan itu mengacu pada nyanyian "sewa anak laki-laki" yang menurut mereka telah lama menjadi sasaran klub London Barat.

Setelah pertandingan, Liverpool menanggapi tweet Kop Outs dengan membuat surat terbuka yang diunggah di platform media sosial. "Nyanyian itu ofensif dan tidak pantas. Ini adalah pesan yang telah kami sampaikan berulang kali kepada Kop Outs," tulis The Reds.

"Kami mendesak para pendukung untuk mengingat nilai-nilai inklusif klub dan menahan diri untuk tidak menggunakannya di masa depan," bunyi pernyataan lanjutan itu.

Liverpool Suporter Union Spirit of Shankly mentweet sebagai tanggapan atas berita itu. "Solidaritas dengan pendukung & afiliasi LGBT+ kami!"

Kick It Out sudah melakukan edukasi agar nyanyian yang biasa dinyanyikan oleh pendukung itu untuk tidak disuarakan lagi. Sebelumnya mereka menyatakan: "Kami benar-benar jelas, nyanyian itu homofobia dan harus diperlakukan seperti itu".

Diogo Jota, Roberto Firmino dan Mohamed Salah menjadi pencetak gol bagi pasukan Juergen Klopp di Carrow Road saat mereka dengan nyaman mengalahkan salah satu tim yang baru dipromosikan di Liga Premier.

Fans bereaksi dengan kemarahan atas pelecehan yang ditujukan pada Gilmour. Salah satu pendukung mengklaim bahwa cercaan tersebut mengindikasikan masih banyak yang harus dilakukan untuk mengusir homofobia dari permainan sambil memuji pernyataan Liverpool.

"Senang anda mengatakan ini, tapi fakta bahwa begitu banyak penggemar tidak melihat mengapa nyanyian itu adalah homofobia, menunjukkan masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan dalam memerangi homofobia yang merajalela di sepakbola," bunyi pernyataan itu.

Pendukung lain mengklaim bahwa pelaku pelecehan tersebut untuk dilarang menonton sepakbola sebagai bagian dari pendekatan toleransi pada diskriminasi. "Siapa pun yang tertangkap menjadi homofobia harus dilarang dari lapangan. Harus ada toleransi nol pada semua bentuk diskriminasi," lanjut pernyataan tersebut.

Penggemar Norwich menyambut baik pernyataan Liverpool. "Terima kasih telah menyebut. Maaf tentang beberapa penggemar kami yang juga idiot, tapi ini adalah pertandingan pertama yang hebat," bunyi pernyataan The Canaries.

(diaz alvioriki/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Liverpool


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network