Bagaimana Peringkatnya? 5 Klub dengan Beban Gaji Terbesar Setelah Messi Gabung PSG

"Beban gaji Barcelona kini milik PSG. Jumlahnya setara dengan defisit anggaran Pemprov Jawa Barat tahun ini."

Feature | 10 August 2021, 23:35
Bagaimana Peringkatnya? 5 Klub dengan Beban Gaji Terbesar Setelah Messi Gabung PSG

Libero.id - Kedatangan Lionel Messi ke Prancis memberi Paris Saint-Germain (PSG) tagihan upah tertinggi dari tim olahraga manapun di planet ini. Les Parisiens menyalip Real Madrid dan jauh di depan New York Yankees, Dallas Cowboys, serta Golden State Warriors

Setelah "dicampakkan" La Liga, Messi akhirnya pindah ke Ligue 1. Bersama keluarganya, La Pulga telah menyapa penggemar PSG yang sudah menunggu di bandara dan stadion sejak Minggu (8/8/2021). Dengan penampilan Messi dengan kaus putih bertuliskan "Ici C'est Paris" (Inilah Paris), rasa penasaran fans terbayar lunas.

Bagi banyak orang, khususnya penggemar Barcelona, kepindahan Messi ke PSG tampaknya masih sangat sulit dipahami. Tapi, sepakbola memang seperti itu. Tidak ada yang pasti!

Yang jelas adalah pemain hebat Argentina berusia 34 tahun itu akan menghasilkan 30 juta pounds (Rp597 miliar) per tahun dengan kontrak dua tahun di Parc des Princes. Ditambah gaji pemain-pemain lainnya, bisa dipastikan bahwa PSG menjelma menjadi klub olahraga dengan tagihan gaji paling besar di kolong langit. 

Lalu, bagaimana dengan klub olahraga dunia yang memiliki beban gaji paling besar? Berikut ini peringkat 5 besarnya:


5. Los Angeles Dodgers (Rp3,8 triliun)

Tim olahraga bukan sepakbola dengan bayaran tertinggi adalah Los Angeles Dodgers di Liga Bisbol Amerika Serikat (MLB). Totalnya, 193 juta pounds per tahun. Rinciannya, Trevor Bauer menghasilkan paling banyak dengan 24,5 juta pounds (Rp488 miliar), diikuti Mookie Betts dengan 21,9 juta pounds (Rp436 miliar).

Dodgers berada di depan tim MLB lainnya. Sementara klub dengan bayaran tertinggi kedua di kompetisi itu adalah New York Yankees yang memiliki gaji tahunan sebesar 146 juta pounds (Rp2,9 triliun).


4. Barcelona (Rp3,8 triliun)

Ini adalah efek Messi. Sebelum musim panas ini, Barcelona sebenarnya menduduki puncak di daftar ini dengan 238 juta pounds (Rp4,7 triliun). Tapi, karena Joan Laporta gagal menyetujui kontrak baru untuk aset paling berharganya, total tagihan upah turun secara dramatis. Itu karena mereka berusaha untuk membebaskan diri dari tingkat hutang yang mencengangkan.

Tanpa La Pulga, Antoine Griezmann masih menjadi pemain dengan gaji tahunan terbesar, yaitu 30,8 juta pounds (Rp613 miliar). Lalu, Philippe Coutinho sekarang menjadi penerima tertinggi ketiga dengan 21,2 juta pounds (Rp422 miliar).

Sementara dua pemain baru mereka, Sergio Aguero dan Memphis Depay ,dilaporkan masing-masing mendapatkan upah 5 juta pounds (Rp99,6 miliar) dan 4,3 juta pounds (Rp85,6 miliar) setahun. Tentu saja jumlahnya sangat jauh dari Griezmann dan Coutinho.


3. Manchester United (Rp4,003 triliun)

Kedatangan Jadon Sancho dan Raphael Varane membuat Manchester United berada di urutan ketiga dalam daftar tagihan upah tertinggi tim olahraga global. Dengan nilai transfer 73 juta pounds (Rp1,45 triliun) dari Borussia Dortmund, Sancho memiliki gaji 18,2 juta pounds (Rp362 miliar) setahun.

Kemudian, Varane dilaporkan mendapatkan 10,25 juta pounds (Rp204 miliar) per musim di Old Trafford. Ada lagi Paul Pogba, Edinson Cavani, Anthony Martial, dan Marcus Rashford, semuanya mendapatkan 10 juta pounds (Rp199 miliar). Sementara penghasilan tertinggi klub masih milik David de Gea dengan 19,5 juta pounds (Rp388 miliar).


2. Real Madrid (Rp4,2 triliun)

Tagihan upah Madrid sedikit berkurang dengan kepergian Sergio Ramos ke PSG. Pasalnya, sang mantan kapten dibayar 17,5 juta pounds (Rp348 miliar)  per tahun menurut Salary Sport. Tapi, dengan David Alaba berpenghasilan sekitar 10 juta pounds (Rp199 miliar) per tahun, Los Blancos masih mempertahankan posisi kedua.

Penghasilan tertinggi mereka musim 2021/2022 masih menjadi milik Eden Hazard dengan upah 21 juta pounds (Rp418 miliar) per tahun. Sementara Toni Kroos, Karim Benzema, dan Luka Modric, semuanya juga di atas 15 juta pounds (Rp298 miliar) setahun.


1. Paris Saint-Germain (Rp5,1 triliun)

Sudah cukup musim panas untuk PSG. Selain kontrak 30 juta pounds (Rp597 miliar) per tahun untuk La Pulga, klub Ligue 1 ini juga telah mengeluarkan banyak uang untuk gaji Georginio Wijnaldum, Gianluigi Donnarumma, dan Sergio Ramos. Jika digabungkan, gaji mereka hampir sama dengan Messi.

Tapi, PSG juga masih memiliki Neymar dan Kylian Mbappe dengan bayaran yang membuat banyak orang mengerutkan dahi. Jadi, jika semuanya ditotal, setiap tahun manajemen Les Parisiens harus mengeluarkan upah 256 juta pounds (Rp5,1 triliun).

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network