Jaidon Anthony, Bakat Muda yang Dilepas Arsenal Begitu Saja

"Arsenal mungkin akan menyesali keputusan mereka dalam waktu dekat"

Feature | 08 August 2021, 15:05
Jaidon Anthony, Bakat Muda yang Dilepas Arsenal Begitu Saja

Libero.id - Jaidon Anthony virtual telah menjadi bagian dari seri video game FIFA dalam beberapa tahun belakangan, dan sekarang memiliki sedikit kemiripan dengan aksinya di lapangan.

"Itu tidak benar-benar terlihat sepertiku. Selalu agak aneh melihat diri Anda bermain di sana, benar-benar sangat aneh," ujar pemain sayap Bournemouth berusia 21 tahun itu.

Anak muda itu pertama kali merasakan sepak bola Championship saat memperkuat The Cherries musim dingin lalu dan setelah pra-musim yang positif, ia berharap bisa mengesankan pelatih baru Bournemouth, Scott Parker. Dan sebenarnya sulit untuk mengabaikan pemain yang diberkati dengan kecepatan, keterampilan, dan visi umpan seperti Anthony.

Anthony merupakan pemain satu angkatan dengan Emile Smith Rowe dan Bukayo Saka di akademi Arsenal, tetapi The Gunners memilih untuk melepasnya pada usia 16 tahun karena dianggap memiliki badan yang terlalu kecil.

Anthony mengalami banyak jalan buntu dari percobaan yang gagal di klub-klub di seluruh Inggris. Pada akhirnya, staf pelatih Bournemouth lah yang berani 'memolesnya'.

Sekarang masa-masa yang tidak pasti itu telah digantikan oleh ambisi besar Anthony, yang kini telah mengenakan nomor punggung 32, bertekad untuk membuat banyak gol di Championship dan tentu saja membawa Bournemouth kembali ke papan atas Liga Premier.

"Ada banyak landmark musim lalu dan itulah yang Anda impikan," ujar Anthony kepada Sportsmail.

"Setiap kali saya bermain, itu adalah perasaan yang luar biasa. Pelatih baru akan selalu memiliki ide-ide baru dan cara berpikir baru. Selalu menyenangkan memasuki musim baru dan yang satu ini khususnya."

Kenangan Saat di Akademi Arsenal
Lahir dan dibesarkan di Hackney, Anthony pertama kali menandatangani kontrak dengan Arsenal pada usia enam tahun setelah terpesona dengan skuad 'Invincibles' pada saat itu.

"Arsenal sangat besar pada saat itu dan ibuku selalu mendukung mereka. Saya terobsesi dengan Thierry Henry," ujarnya

“Selama bertahun-tahun di Arsenal, saya melihat begitu banyak pemain hebat dan saya merasa diberkati telah melihat semua pertandingan itu secara gratis. Saat itu, Anda hanya bermain untuk bersenang-senang, Anda tidak terlalu memperhatikan. Saya tidak tahu apa itu akademi, saya hanya bermain dengan senyum di wajah saya. Saya terus berjalan dan semakin jauh Anda pergi, semakin serius jadinya. Itu adalah pendidikan yang hebat."

"Bukayo Saka beberapa tahun lebih muda dari saya, tetapi ada pemain seperti Reiss Nelson dan Joe Willock di tim, begitu banyak pemain berbakat. Anda bisa melihat orang-orang yang memiliki bakat itu sejak usia sangat dini dan mereka telah mampu menggunakannya untuk mencapai hal-hal besar."

Libero.id

Jaidon Anthony


Tetapi pada usia 16 tahun, Anthony diantar untuk jenis percakapan yang ditakuti oleh setiap calon pesepakbola, yap Arsenal membicarakan soal kontrak dan kemudian melepas Anthony begitu saja karena fisiknya yang tak mendukung saat itu.

"Saya terlalu kecil pada saat itu dan itu sangat sulit karena saya sudah berada di sana begitu lama dan saya tidak tahu apa-apa lagi," kenangnya.

"Itu adalah panggilan mengejutkan ketika Anda diberitahu bahwa Anda tidak akan berada di sana untuk langkah selanjutnya. Saya lebih frustrasi daripada merendahkan diri sendiri,"

Bangkit dari Keterpurukan
Ini adalah masa ketika banyak pemain muda dapat dengan mudah menyerah untuk melanjutkan karier sepakbolanya, tetapi dengan dukungan kuat dari keluarga, teman, dan agennya, Godfrey Torto, Anthony terus bertahan.

Anthony membuang sedikit waktu untuk beradaptasi dengan kehidupan di Bournemouth dan bermain untuk tim yang dipenuhi pemain muda berbakat, yakni Weymouth.

Bermain di Bob Lucas Stadium, ia membantu Weymouth mencapai promosi ke Liga Nasional selama masa pinjaman di musim 2019/2020 yang terganggu karena Covid-19 sebelum diperkenalkan ke tim utama ketika Jason Tindall menggantikan Eddie Howe sebagai manajer.

"Semuanya terjadi cukup cepat, musim Weymouth selesai dan hanya beberapa minggu kemudian saya kembali untuk pra-musim jadi saya merasa cukup tajam," ujar Anthony.

"Saya memulai pra-musim dengan baik dan itu berhasil. Tim pertama memiliki pertandingan melawan Benfica di Portugal jadi saya pergi dan melakukannya dengan baik di sana."

“Saya mencetak gol melawan West Ham, ada manajer baru dan beberapa pertandingan pertama saya berada di bangku cadangan, di dalam dan di sekitar pelatihan skuad. Jadi debutnya terasa dekat."

Anthony bersikap rendah hati - golnya ke gawang The Hammers di Piala Betway merupakan tendangan melengkung yang luar biasa ke pojok atas gawang.

Debutnya di Championship terjadi pada hari ulang tahunnya yang ke-21 melawan Preston dan pertandingan dalam enam pertandingan lagi diikuti saat Bournemouth akhirnya kalah dari Brentford di semifinal play-off.

Manajemen The Cherries tentu berharap di musim ini bisa promosi kembali ke Liga Premier dan Anthony bisa menjadi salah satu kekuatan pendorong utama mereka.

(mochamad rahmatul haq/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network