Selamat Ulang Tahun!

Lionel Messi Berikutnya? 9 Superstar Sepakbola yang Pensiun pada 2021

"Dengan usia 34 tahun, pensiun bisa dipilih Messi jika ingin masuk dalam daftar one man club."

Feature | 06 August 2021, 13:53
Lionel Messi Berikutnya? 9 Superstar Sepakbola yang Pensiun pada 2021

Libero.id - Setelah Barcelona mengibarkan bendera putih, kini hanya ada sedikit opsi untuk Lionel Messi. Selain pindah ke Manchester City, Paris Saint-Germain (PSG), atau klub lain yang bersedia membayar gaji besarnya, La Pulga juga bisa memilih pensiun.

Meski sulit membayangkan sepakbola tanpa Messi, gantung sepatu bukan sesuatu yang mustahil diambil. Sebab, saat ini megabintang Argentina tersebut sudah menginjak usia 34 tahun. Dan, rata-rata pemain sepakbola profesional mengakhiri karier pada usia 32-40 tahun.

Ada banyak kasus pemain gantung sepatu pada usia 32, 33, 34, 35, 36, 37, 38, 39, hingga 40 tahun. Alasannya bervariasi. Ada yang karena cedera. Ada pula yang sadar sepenuhnya bahwa fisik serta teknik sudah menurun. Begitu pula prestasi yang menjauh. Tidak diminati klub juga menjadi alasan pemain pensiun dari sepakbola.

Pertanyaaannya, apakah kategori-kategori tersebut bisa menjadi gambaran karier La Pulga saat ini? Sepertinya tidak!

Nah, berikut ini adalah 9 pesepakbola terkenal yang memutuskan mengakhiri karier profesional pada 2021:


1. Wayne Rooney (35 tahun)

Meski usianya delapan bulan lebih muda dari Cristiano Ronaldo, Rooney memutuskan untuk gantung sepatu pada Januari 2021. Itu karena ada pekerjaan lain yang lebih menantang, yaitu menjadi pelatih di Derby County. Dia menggantikan Phillip Cocu yang dipecat.

10 Foto Kim Yeon-koung, Pevoli cantik Korea Hero Saat Singkirkan Turki

10 Foto Kim Yeon-koung, Pevoli cantik Korea Hero Saat Singkirkan Turki

"Saya memiliki karier yang hebat dan menikmati setiap menitnya. Tentu saja, saya akan merindukannya. Tapi, saya sangat beruntung bermain untuk beberapa tim besar. Bermain untuk Everton adalah impian masa kecil saya dan kemudian pergi dan bermain selama 13 tahun di Manchester United adalah puncaknya," ujar Rooney

"Untuk bertahan di klub terbesar di dunia begitu lama dan memenangkan begitu banyak trofi adalah sesuatu yang akan selalu saya hargai," tambah mantan penyerang The Three Lions tersebut.


2. Sami Khedira (34 tahun)

Meski tidak pernah menjadi pemain paling modis di lapangan, Khedira memiliki CV yang akan membuat hampir setiap pesepakbola iri. Dia tidak hanya membantu menginspirasi VfB Stuttgart  untuk gelar Bundesliga, melainkan juga memenangkan lima mahkota Serie A, La Liga, Liga Champions, dan Piala Dunia.

Setelah berjuang dengan masalah cedera dalam beberapa tahun terakhir, gelandang Jerman keturunan Tunisia itu telah memutuskan berhenti setelah bermain singkat dengan Hertha Berlin.

"Ini adalah langkah yang cukup sulit dan sulit bagi saya untuk dibicarakan, tapi ini adalah keputusan yang tepat. Limabelas tahun di sepakbola profesional telah meninggalkan jejak dan saya harus jujur ​​menilai apa yang bisa dan tidak bisa saya lakukan. Pertama-tama, saya ingin bersantai. Saya akan bertahan dengan sepakbola, dalam bentuk apa itu masih harus dilihat," kata Khedira.

Khedira lahir pada 4 April 1987, sementara Messi 24 Juni 1987. Artinya, kedua pemain hanya terpaut usia beberapa bulan bukan?


3. Arjen Robben (37 tahun)

Robben sebenarnya sempat memutuskan pensiun setelah meninggalkan Bayern Muenchen setelah musim 2018/2019 berakhir. Sempat menganggur semusim, dia kembali ke klub masa kecilnya FC Groningen. Dan, pada akhir musim 2020/2021, Robben benar-benar gantung sepatu.

Nah, pilihan Robben untuk menganggur setahun juga bisa ditiru Messi jika masih menganggap Barcelona sebagai cinta matinya. Berlatih mandiri di Argentina atau Spanyol dan kembali lagi musim depan ketika El Barca bisa menyelesaikan masalah keuangan akut yang sedang menimpa.


4. Antonio Valencia (35 tahun)

Setelah bergabung dengan Manchester United dari Wigan Athletic seharga 16 juta pounds (Rp319 miliar) pada musim panas 2009, Valencia  terbukti menjadi pemain yang luar biasa. Dia membuat 339 penampilan selama 10 tahun dan memenangkan dua gelar Liga Premier, dua Piala Liga, satu Piala FA, dan satu Liga Eropa.

Pemain Ekuador itu kembali ke negara asalnya bersama LDU Quito pada 2019 sebelum mengakhiri karier bermainnya di klub Meksiko, Queretaro. Valencia pensiun di usia 35 tahun atau setahun lebih tua dari Messi.


5. Yohan Cabaye (35 tahun)

Selain Demba Ba, Papiss Cisse, dan Hatem Ben Arfa, Cabaye adalah bagian penting dari Newcastle United yang penampilannya sangat menghibur, meski sempat nyaris gagal masuk empat besar pada 2011/2012. Dari sana, dia memiliki tugas singkat di Paris Saint-Germain (PSG). Tapi, kembali ke Inggris dengan Crystal Palace pada 2015, menjadikan dirinya pahlawan di Selhurst Park.

Setelah dibebaskan oleh St Etienne pada akhir musim 2019/2020, sang gelandang membutuhkan waktu beberapa bulan untuk mempertimbangkan pilihannya sebelum mengumumkan pengunduran dirinya pada Februari 2021.

"Dengan penuh emosi, setelah lebih dari 17 tahun gairah, cinta untuk sepakbola, emosi besar dan kenangan yang akan selalu tertanam dalam pikiran saya, saya mengumumkan akhir karier sepakbola profesional saya. Bahkan, jika keputusan ini mungkin tampak jelas dan tidak dapat dihindari setelah melewati 35 tahun (usia), itu masih sulit untuk diambil dan diterima karena kecintaan saya pada sepakbola sangat besar," ungkap Cabaye.


6. Nicklas Bendtner (33 tahun)

Bendtner lahir pada 16 Januari 1988 atau setahun lebih muda dari Messi dan baru saja memutuskan pensiun. Mantan penyerang Arsenal itu terakhir kali bermain untuk Tarnby FF di kasta keempat sepakbola Denmark. Sekarang, Bendtner sedang mengambil kursus kepelatihan.


7. Lars dan Sven Bender (32 tahun)

Kembar sepak bola Jerman yang paling terkenal, Lars dan Sven Bender memulai karier mereka bersama di TSV 1860 Munich sebelum pergi pada 2009. Pasangan ini bersatu kembali di Bayer Leverkusen pada 2017. Tapi, sekarang telah memutuskan untuk gantung sepatu pada saat yang sama menyusul serangkaian masalah cedera. Usia mereka saat ini 32 tahun!

"Semua orang yang mengenal kami tahu bahwa kami memberikan 100% setiap hari. Itu selalu menjadi persyaratan dasar bagi kami. Sayang, semakin sulit bagi kami untuk terus mengakses ini dengan semua rasa sakit dan masalah fisik yang semakin kami derita," ujar Lars.

Selama pertandingan terakhir mereka melawan Borussia Dortmund pada Mei 2021, Sven menjadi kapten Leverkusen dan Lars masuk dari bangku cadangan untuk mencetak penalti di akhir pertandingan.


8. Vedran Corluka (35 tahun)

Selama waktunya di Liga Premier, Corluka adalah pemain yang diremehkan di Manchester City dan Tottenham. Mantan pemain nasional Kroasia itu kemudian menghabiskan delapan tahun terakhir kariernya di Lokomotiv Moskow. Dia memenangkan satu gelar Liga Premier Rusia dan empat Piala Rusia.

Kini, Corluka bergabung dengan staf kepelatihan tim nasional sebagai salah satu asisten pelatih.


9. Wes Morgan (37 tahun)

Setelah menghabiskan sebagian besar karier di Championship Division, Morgan menjadi bagian integral dari tim yang mengejutkan di sepakbola Inggris, Leicester City. Bek tengah itu memimpin The Foxes ke kasta atas pada 2014 sebelum mengangkat trofi Liga Premier di Stadion King Power dua tahun kemudian.

(muhammad alkautsar/anda)




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Foto


Komentar

(500 Karakter Tersisa)
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=HgyPUs_08U4

Artikel Pilihan