Selamat Ulang Tahun!

Sebagai Bentuk Terima Kasih, Aberdeen Bangun Patung Sir Alex Ferguson

"Selain Manchester United, jasa Ferguson untuk Aberdeen tidak bisa dihitung dengan uang."

Feature | 30 July 2021, 14:50
Sebagai Bentuk Terima Kasih, Aberdeen Bangun Patung Sir Alex Ferguson

Libero.id - Aberdeen memenangkan tiga gelar Liga Premier Skotlandia saat dilatih Sir Alex Ferguson pada 1980. Dia juga membawa klub bermain di Piala Winners dan Piala Super. Seperti halnya Manchester United, mereka juga menjadikan Ferguson legenda dan sosok yang dihormati. 

Sebagai bentuk penghormata, Aberdeen berencana membuat patung Ferguson di stadion kadang mereka. Pematung Andy Edwards yang akan mengejrkan pekerjaan membanggakan tersebut. "Saya senang dan merasa terhormat dengan pengakuan ini," ucap Sir Alex.

Sebelum melatih MU, Ferguson memang menukangi Aberdeen pada 1978-1986. Di sana dia sukses besar. Selain kompetisi domestik, Aberdeen juga berjaya di Eropa. Puncaknya datang pada 1982/1983. Ketika itu, Aberdeen mengalahkan Real Madrid 2-1 untuk memenangkan Piala Winners di Gothenburg. Lalu, diikuti dengan kemenangan Piala Super melawan Hamburg SV.

"Saya senang dan merasa terhormat dengan pengakuan Aberdeen, tempat saya menghabiskan bagian yang fantastis dan mengesankan dari karier kepelatihan saya," kata Ferguson.

"Saya sangat senang dengan citra yang dipilih klub untuk dijadikan dasar patung dan dengan pilihan pematung yang karya terbarunya sangat hidup. Saya tidak sabar untuk melihatnya!" tambah pelatih yang mengubah MU dari klub papan tengah menjadi raksasa dunia.

Patung perunggu itu akan dibuat oleh pematung Andy Edwards dan akan didasarkan pada foto yang diambil dari Sir Alex di Easter Road pada 1980 setelah mereka memenangkan gelar.

10 Foto Valentina Giraldo, Pepanah Cantik yang Curi Perhatian di Olimpiade Tokyo

10 Foto Valentina Giraldo, Pepanah Cantik yang Curi Perhatian di Olimpiade Tokyo

Ketua Aberdeen, Dave Cormack, mengaku bangga. "Kontribusi Sir Alex kepada klub sangat besar dan sudah sepatutnya kami menghormatinya dengan cara ini. Kedatangannya di Pittodrie menandai dimulainya periode paling sukses dalam sejarah klub dan menjadikan Aberdeen seagai salah satu tim kuat di peta sepakbola Eropa," kata Cormack.

"Tahun berikutnya, menandai peringatan 40 tahun kemenangan Piala Winners Eropa kami di Gothenburg, bersama dengan kemenangan Piala Super Eropa. Jadi, kehormatan ini sudah lama tertunda. Kami mulai mengeksplorasi ide membuat patung untuk mengenali para legenda yang telah membuat dampak abadi pada klub lebih dari 18 bulan yang lalu, tetapi prosesnya terhenti karena pandemi," tambah Cormack.

"Sekarang kembali ke agenda kami dan ketika memutuskan topik yang pertama, tentu saja hanya ada satu pilihan yaitu Sir Alex Ferguson," ucap Cormack.

Chris Gavin dari AFC Heritage Trust menambahkan: "Kami senang terlibat dengan proyek ini. Sir Alex bukan hanya pelatih Aberdeen terbesar, melainkan juga salah satu orang Skotlandia yang hebat, yang dikenal di seluruh dunia sebagai pelatih kelas atas yang dimiliki tempat ini," ujar Gavin.

(diaz alvioriki/anda)




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Foto


Komentar

(500 Karakter Tersisa)
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=LDyrEvcaNwM

Artikel Pilihan