10 Klub Paling Banyak Mengeruk Uang dari Bursa Transfer Sejak 2011

"Jadi tim mana yang paling banyak meraup uang selama 10 tahun terakhir ?"

Berita | 30 July 2021, 01:41
10 Klub Paling Banyak Mengeruk Uang dari Bursa Transfer Sejak 2011

Libero.id - Pada umumnya, seorang penggemar dari suatu tim sering kali dengan bangga menyatakan bahwa mereka telah 'memenangkan jendela transfer' kala tim yang dipujanya itu mampu mendatangkan sejumlah pemain baru, terlebih jika didatangkan dengan harga yang fantastis, ya paling tidak kebanggaan itu akan sirna saat melihat timnya mengalami musim yang sulit.

Dan memang adalah sesuatu yang wajar bila transfer pemain menempatkan sebuah tim dalam tekanan karena ekspektasi yang tinggi dari para fans dan seberapa tepat sebuah tim pembeli mengambil keputusan untuk melepaskan dana besar bagi seorang pemain adalah yang paling sering diingat, mereka lupa bahwa klub penjual juga mengambil peran, yang mana dalam kenyataannya, merekalah yang memang 'memenangkan bursa transfer'.

Pada catatan itu, situs olah data asal Jerman, Transfermarkt telah merilis daftar klub-klub di seluruh benua Eropa yang sukses mengeruk banyak uang di pasar transfer pemain sejak 2011, penasaran ? berikut rangkumannya.

1.Benfica
Raksasa Portugal, Benfica memimpin dalam daftar ini setelah mengumpulkan uang sebanyak 1,05 miliar Euro selama 1 dekade terakhir, dengan penjualan dari Joao Felix, Ruben Dias dan Ederson dalam rentang waktu yang tidak jauh dari nama-nama besar seperti Angel di Maria, David Luiz dan Nemanja Matic di pertengahan hingga akhir 2010-an.

2.Atletico Madrid
Posisi kedua ditempati oleh Atletico Madrid yang sukses meraup uang sebanyak 1,02 miliar Euro.

Beberapa penjualan mereka diwakili oleh nama-nama pesepakbola kelas elite, mulai dari Antoine Greizmann, Sergio Aguero, Rodri, Diego Costa dan Thomas Partey, semuanya telah dilepas dalam nominal yang sangat besar.

3.Chelsea
Agak mengejutkan Chelsea justru menempati posisi tiga besar dan dalam analisis sejauh ini, The Blues telah memenangkan dua gelar Liga Premier, dua Piala FA, dua Liga Europa, dua Liga Champions dan Piala Liga. Dalam semua capaian itu, Chelsea telah meraup banyak uang di bursa transfer sebesar 1 miliar Euro.

Penjualan Eden Hazard, Diego Costa, Oscar dan David Luiz telah menarik biaya besar yang telah membantu menambah pendanaan Roman Abramovich untuk selalu bisa mendaratkan bintang-bintang baru lagi.

4.AS Monaco
Kini ke Prancis dengan AS Monaco yang sukses meraup keuntungan sebesar 968,2 juta Euro selama ikut andil di bursa transfer pemain. Penjualan terbaik mereka adalah Kylian Mbappe, Thomas Lemar, Fabinho dan Benjamin Mendy, keempat pemain itu hengkang dari klub dengan rekor transfer yang fantastis.

5.Juventus
Bisa dikatakan bahwa penjualan terbaik Juventus sejak tahun 2011 adalah Paul Pogba, Joao Cancelo dan Leonardo Bonucci, yang mana ketiga pemain tersebut memiliki klausul pelepasan yang sangat besar nilainya.

Libero.id

Tim dengan pemasukan tertinggi sejak 2011


6.Barcelona
Meskipun keuangan mereka terlihat dalam keadaan suram saat ini, klub telah mengumpulkan banyak uang melalui penjualan Alexis Sanchez, Cesc Fabregas dan Arthur. Kepindahan Neymar ke Paris Saint-Germain pada 2017 juga merupakan salah satu transfer pemain paling mahal dalam sejarah sepakbola meski  itu bukan sesuatu yang sangat ingin dilakukan Barcelona.

7.Dortmund
Tim asal Jerman itu setidaknya mengumpulkan dana sebesar 876,5 juta Euro selama 10 tahun terakhir dengan melepas beberapa pemain andalanya seperti, Jadon Sancho, Ilkay Gundogan, Ousmane Dembélé dan sejumlah pemain muda berbakat lainnya.

8.AS Roma
Sementara itu AS Roma meraup uang sebanyak 848,5 juta Euro dipasar transfer pemain dengan berbagai kesepakatan yang kadang membuat mereka merugi, misalnya saja saat melepas Miralem Pjanić ke Juventus pada 2016 lalu.

9.Real Madrid
Besarnya angka 829,5 juta Euro itu sebagian besar dipengaruhi oleh penjualan Cristiano Ronaldo pada 2018 lalu ke tim asal Turin, Juventus.

10. FC Porto
Sebagai tim yang para pemainnya sering kali dibeli oleh klub top eropa, rasanya angka sebesar 772,1 juta Euro adalah pemasukan yang masuk akal. Nama-nama seperti Éder Militão, Hulk, Joao Moutinho, Álvaro Pereira hingga pemuda sensasional, Fábio Silva membantu klub berjuluk 'Azuis e brancos' itu meraup banyak uang.

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Chelsea


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network