Momen-Momen Skill Brilian Jay-Jay Okocha, Bintang yang Terlupakan

"Tak banyak pesepakbola bisa seperti Jay-Jay Okocha"

Berita | 27 July 2021, 17:29
Momen-Momen Skill Brilian Jay-Jay Okocha, Bintang yang Terlupakan

Libero.id - Sebagai salah satu senior yang dikagumi Ronaldinho, sudah jelas bahwa olah bola seorang Jay-Jay Okocha berada di atas rata-rata dan untuk itu sangat layak bila skill briliannya diabadikan dalam sebuah kompilasi video.

Mantan playmaker Nigeria ini akan selalu dikenal sebagai pemain yang sangat terampil dalam mengolah Si Kulit Bundar dan triknya yang luar biasa itu telah banyak menipu pemain bertahan lawan setiap kali bola berada di kakinya selama 18 tahun berkarir sebagai pesepakbola profesional.

Gaya bermain Okocha yang tidak monoton membuatnya menjadi salah satu pemain paling menarik untuk dinantikan penampilannya dalam panggung sepakbola di benua biru.

Seperti dalam video berdurasi 1 menit 33 detik itu, Okocha secara resmi mengumumkan dirinya ke dunia sepak bola pada tahun 1993 di mana ia mencetak gol sensasional untuk Eintracht Frankfurt dengan mengalahkan Oliver Kahn, melakukan beberapa gerakan tipuan sebelum memasukkan bola ke gawang.

Setelah golnya yang ikonik itu, Okocha kemudian berkelana ke Turki, bermain untuk Fenerbahce dan akhirnya pindah ke Paris Saint-Jerman di mana ia bermain dengan 'saudara' sepakbolanya, Ronaldinho.

12 tahun setelah debut tim pertamanya di Jerman, Okocha membuat langkah mengejutkan ke Bolton Wanderers asuhan Sam Allardyce di mana ia sangat populer di kalangan penggemar.

Selama bermain untuk klub berjuluk ‘The Whites’ itu, pria Nigeria dianggap banyak penggemar sebagai pemain yang "sangat baik sehingga mereka menamainya dua kali" dan dianggap juga sebagai pahlawan kultus di antara penggemar Bolton.

Okocha akhirnya menjadi kapten klub di mana ia memimpin tim ke final Piala Liga musim 2003/2004 sebelum dikalahkan oleh Middlesbrough.

Okocha juga membantu Bolton finis di urutan kedelapan, membaut klub yang bermarkas di University of Bolton Stadium itu bermain di Piala UEFA untuk pertama kalinya dalam sejarah klub.

Dalam buku autobiografi Allardyce, ia memuji kecemerlangan Okocha selama waktunya di Liga Premier: "Saya suka trik Jay-Jay pada bola, saya bisa melihatnya sepanjang hari ... Dia bisa melakukan drag-back, flick-over, double langkah-langkah, tidak ada orang lain seperti dia, bahkan Cristiano Ronaldo."

Di kancah internasional, Okocha adalah salah satu pemain penting timnas Nigeria pada masanya, di mana ia membantu Super Eagles memenangkan Piala Afrika kedua mereka pada tahun 1994 dan Olimpiade pada tahun 1996.

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network