Selamat Ulang Tahun!

Unik! Gaya Cetak Gol Insigne "Tiraggiro" Masuk ke Kamus Bahasa Italia

"Bahkan gaya pesepakbola legenda Italia tidak ada di kamus. Insigne ada."

Feature | 27 July 2021, 11:12
Unik! Gaya Cetak Gol Insigne "Tiraggiro" Masuk ke Kamus Bahasa Italia

Libero.id - Setiap pesepakbola memiliki sentuhan khas. Anda bisa membayangkan bagaimana cara Ronaldinho dan Neymar dalam menggocek bola, atau tendangan bebas Pirlo dan Beckham, atau pada cara Lionel Messi membawa bola. Semua sama-sama indah. Tapi jelas mereka punya cara masing-masing.

Begitu juga dengan striker Napoli, Lorenzo Insigne --- namun ia selangkah lebih maju --- yang gaya mencetak golnya dengan seolah-olah kaki kanan tertekuk, dikenal dengan istilah kata 'Tiraggiro' dan kata itu bahkan berhasil masuk ke dalam kamus bahasa Italia.

Tiraggiro adalah satu kata yang merupakan tiga kata berbeda yang disatukan, yaitu 'tiro a giro' – yang artinya kurang lebih ialah tembakan melengkung. Kata itu awalnya diciptakan oleh pendukung Napoli, yang juga lebih khusus menggunakan 'destraggiro' – penjepit kaki kanan.

Dialek Neapolitan yang membuatnya terdengar lebih seperti 'tir a ggir' juga menjadi alasan mengapa kata-kata itu dipadatkan tanpa tambahan o.

10 Foto Alica Scmidt, Dijuluki Atlet Tercantik di Olimpiade Tokyo

10 Foto Alica Scmidt, Dijuluki Atlet Tercantik di Olimpiade Tokyo

Kata itu menjadi semakin populer dengan penampilan Insigne untuk Italia di UEFA EURO 2020, terutama setelah golnya dengan gaya yang sama saat melawan Belgia di perempat final.

Bahkan ada seorang penggemar di Stadion Wembley saat Final melawan Inggris yang memiliki jersey Italia dengan tulisan 'Tiraggir' di bagian belakang. Bahkan rekan satu tim Insigne terus menggunakan kata itu untuk menggambarkan maksudnya.

Sekali lagi. Sekarang kata 'Tiraggiro' telah berhasil masuk ke Treccani Dictionary, versi Italia dari Oxford English Dictionary, sebagai sebuah neologisme.

Beberapa penggemar Juventus sedikit kesal karena entri kamus secara khusus menggambarkan ini sebagai gol tipe Insigne, mengingat Alessandro Del Piero memiliki ciri khas tendangan melengkung beberapa dekade sebelumnya.

Namun, yang dikenal sebagai 'gol alla Del Piero' (gol gaya Del Piero), bahkan tidak berhasil menjadi satu kata pun. Apa ada yang salah dari semua ini? Bagaimana pendapat Anda? Beritahu kami di kolom komentar.

(gigih imanadi darma/gie)




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Foto


Komentar

(500 Karakter Tersisa)
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=uZiDnSmspvE

Artikel Pilihan