Punya Chiesa, Barella, Tonali, Kenapa Tim Italia Tak Ada di Tokyo

"Itu sangat disayangkan, tapi apa alasan sebenarnya mereka absen ?"

Berita | 24 July 2021, 14:50
Punya Chiesa, Barella, Tonali, Kenapa Tim Italia Tak Ada di Tokyo

Libero.id - Olimpiade Tokyo 2020 telah dibuka. Seperti Olimpiade sebelumnya, semua cabang olahraga internasional akan dipertandingkan, tak terkecuali sepakbola.

Namun uniknya, Italia yang kita kenal sebagai salah satu negara dengan tradisi sepakbola yang kuat justru tidak terwakili di Olimpiade Tokyo karena skuad mereka gagal lolos. Hal ini cukup disayangkan mengingat mereka sebenarnya memiliki beberapa pemain top seperti Federico Chiesa, Manuel Locatelli dan Nicolò Barella.

Mereka semua adalah tokoh kunci ketika Azzurri memenangkan Euro 2020 dengan mengalahkan Inggris di Stadion Wembley melalui adu penalti dan membuat rekor tak terkalahkan bagi skuad senior mereka menjadi 34 pertandingan.

Sukses di Euro, pemain-pemain tersebut justru tidak dapat tampil untuk Italia di Olimpiade Tokyo.

Kualifikasi untuk negara-negara Eropa yang berhak mengikuti Olimpiade diberikan kepada siapa pun yang mencapai semi final Kejuaraan U-21 Eropa.

Saat Italia tampil di Euro U-21 yang dimainkan pada 2019, yang dipercaya menukangi tim tersebut adalah pelatih Gigi Di Biagio. Komposisi pemain mereka juga tak sembarangan termasuk Locatelli, Chiesa, Barella, Alex Meret, Alessandro Bastoni, Moise Kean, Patrick Cutrone, Nicolò Zaniolo, Sandro Tonali, Lorenzo Pellegrini dan Gianluca Mancini.

Meskipun demikian, tim Italia U-21 tersingkir di babak penyisihan grup, meski berhasil mengalahkan Spanyol 3-1 di pertandingan pembuka mereka.

Kekalahan 1-0 dari Polandia terbukti menentukan, karena dengan kemenangan 3-1 atas Belgia, Italia masih kalah jumlah selisih gol.

Spanyol kemudian memenangkan turnamen, sementara Prancis dipromosikan ke semi final sebagai tim urutan kedua terbaik dengan tujuh poin dibandingkan dengan Italia yang hanya memiliki poin enam.

Italia adalah tim paling sukses dalam sejarah Kejuaraan Eropa U-21 dengan memenangkan turnamen pada tahun 1992, 2004, 1996, 2000 dan 2004. Namun, mereka telah berjuang keras dalam beberapa tahun terakhir dan gagal lolos ke tiga Olimpiade berturut-turut.

(diaz alvioriki/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 100%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network