10 Transfer Sensasional yang Terjadi Selama Euro 2020

"Tanpa disadari, beberapa pemain berikut ini telah berpindah klub saat Euro 2020."

Feature | 17 July 2021, 17:26
10 Transfer Sensasional yang Terjadi Selama Euro 2020

Libero.id - Setelah Euro 2020 resmi berahkir dengan kemenangan Italia atas Inggris di Wembley dalam drama adu penalti yang sangat dramatis, lalu-lintas bursa transfer kembali padat. Tapi, selama Euro 2020, ternyata ada beberapa pemain yang berhasil mencapai kesepakatan transfer dengan klub tujuan.

Dua nama yang menghiasi transfer window musim panas 2021 adalah Gianlugi Donnarumma dan Sergio Ramos, yang hijrah ke Paris Saint-Germain (PSG) setelah Euro 2020. Begitu pula dengan Olivier Giroud yang memutuskan meninggalkan Inggris untuk bermain di Serie A bersama AC Milan.

Namun, fakta menunjukkan, saat turnamen antarnegara Eropa itu digelar, transfer window juga dibuka normal. Sejumlah nama sanggup mengamankan tanda tangan dengan klub baru setelah melakukan negosiasi.

Berikut ini 10 transfer sensasional yang terjadi selama Euro 2020 berlangsung:


1. Fikayo Tomori

Klub: dari Chelsea ke AC Milan

Harga: 25 juta ruro (Rp426 miliar)

Meski hanya tampil minimal bersama Chelsea selama lima tahun, bek tengah yang masih berusia 23 tahun tersebut telah membuat dampak luar biasa ketika bergabung dengan AC Milan dengan status pinjaman pada Januari 2021.

Faktanya, performa Tomori mengesankan di San Siro, sehingga klub Italia itu memilih untuk menjadikannya permanen bulan lalu. Jika dia terus konsisten dengan performa terbaiknya, pemuda kelahiran Calgary, Kanada, keturunan Nigeria tersebut pasti memiliki masa depan yang cerah.


2. Danny Rose

Klub: dari Tottenham ke Watford

Harga: gratis

Sukses membuat 29 caps untuk Inggris, Rose memulai kiprah di final Liga Champions sejak dua musim lalu. Saat ini, Rose masih berusia 31 tahun. Bek kiri berpengalaman itu bisa menjadi rekrutan yang menjanjikan bagi Watford yang baru dipromosikan ke Liga Premier.


3. Enock Mwepu

Klub: dari RB Salzburg ke Brighton and Hove Albion

Harga: 20,7 juta euro (Rp 353 miliar)

Pemain dengan segudang bakat dan dipandang sebagai sosok pesepakbola dengan kecerdasan yang hebat. Pemain Zambia itu mencatatkan namanya sebagai aset di bursa transfer yang sangat bagus. Tidak heran jika Graham Potter berjuang keras untuk dapat mengamankan jasanya.


4. Michael Olise

Klub: dari Reading ke Crystal Palace

Harga: 8 juta euro (Rp136 miliar)

The Eagles tampaknya telah mendapatkan cukup banyak tawaran dalam bentuk Pemain Muda Terbaik EFL musim lalu. Pemain selevel Michael Olise yang tampil dengan performa terbaiknya untuk Reading. Dia sukses mencetak tujuh gol dan 12 assist.

Bos baru Crystal Palace, Patrick Vieira, sangat berharap pemain seperti Olise dapat menunjukkan performa terbaik yang sama di Selhurst Park musim ini.


5. Omar Richards

Klub: dari Reading ke Bayern Muenchen

Harga: gratis

Mantan pemain Reading lainnya yang pindah ke klub baru adalah Omar Richards, yang berusia 23 tahun. Dia telah bergabung dengan klub raksasa Jerman, Bayern Muenchen dengan status bebas transfer.


6. Hakan Calhanoglu

Klub: dari AC Milan ke Inter Milan

Harga: gratis

Gelandang Turki ini masih akan memainkan sepakbolanya di Milan musim depan. Bukan Milan, tapi Inter. Pemain berusia 27 tahun tersebut telah bergabung dengan tim asuhan Simone Inzaghi. Kehadiran Calhanoglu sangat dibutuhkan di tim, mengingat kondisi Christian Eriksen yang masih diragukan untuk dapat tampil maksimal setelah serangan jantung di Euro 2020.


7. Matteo Guendouzi

Klub: dari Arsenal ke Marseille

Harga: pinjaman

Pernah dianggap sebagai pemain yang memiliki masa depan yang cerah di London Utara, pria kelahiran Prancis yang masih berusia 22 tahun tersebut justru tidak disukai oleh bos The Gunners, Mikel Arteta. Itulah salah satu alasan mengapa Guendouzi sekarang dipinjamkan ke klub Ligue 1, Marseille.


8. Rodrigo de Paul

Klub: dari Udinese ke Atletico Madrid

Harga: 29,9 juta euro (Rp510 miliar)

Musim ini merupakan musim terbaik bagi gelandang Argentina berusia 27 tahun tersebut. Hanya beberapa hari setelah memberikan assist untuk gol yang membuat negaranya mengklaim gelar juara Copa America pertama dalam 28 tahun, transfer ke Atletico Madrid terjadi. Kontraknya lima tahun.


9. Junior Firpo

Klub: dari Barcelona ke Leeds

Harga: 12,8 juta euro (Rp218 miliar)

Krisis keuangan yang baru-baru ini menghantam keras Barcelona tampaknya telah menguntungkan Leeds United. Klub asal Yorkshire itu telah sukses merekrut bek muda berbakat selevel Firpo dengan biaya yang terbilang cukup bersahabat.

Dia adalah seorang pemain dengan pengalaman di Liga Champions saat masih bertugas di Camp Nou. Firpo telah terlatih dengan pengalamannya berhadapan langsung dengan pemain kelas elite seperti Kylian Mbappe di kompetisi terakbar antarklub di Benua Biru. Kedatangan Firpo tentu saja akan menjadi kabar positif bagi tim asuhan Marcelo Bielsa.


10. Billy Gilmour

Klub: dari Chelsea ke Norwich City

Harga: peminjaman 

Pemain muda kebanggaan Chelsea, Billy Gilmour, akan memulai pengalaman berharga selama masa pinjamannya di Carrow Road. Sebagai calon superstar masa depan, Gilmour tentu saja dapat melakukan hal-hal hebat bersama Norwich musim 2021/2022.

(muhammad alkautsar/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network