Analisis Taktik: Apa yang Bisa Diberikan Memphis Depay Kepada Barcelona

"Akankah Memphis Depay mampu menepis semua ragu dan menjawab semua harap?"

Analisis | 16 July 2021, 12:52
Analisis Taktik: Apa yang Bisa Diberikan Memphis Depay Kepada Barcelona

Libero.id - Barcelona tak percuma mendatangkan sosok Memphis Depay musim panas ini, apalagi mengingat pemain timnas Belanda itu datang dengan tatus bebas transfer. 

Belum juga mengenakan seragam klub Catalunya, Depay sudah memberi sinyal baik ketika dirinya mencetak dua gol dan mencatatkan dua assist di sepanjang Euro 2020. Meski pada akhirnya Belanda belum bisa berbuat banyak tetapi secara individu Depay sukses memamerkan keahliannya kepada siapa saja yang belum mengikuti kariernya sejauh ini.

Jelang musim 2021/22, kemampuan Depay akan benar-benar diuji beberapa pihak bertanya, kira-kira apa kontribusi Depay untuk lini depan Barcelona?

Sekolah Pelatih MBP telah menganalisis kemungkinan kinerja yang akan dilakukan oleh  mantan penyerang  Olympique Lyon itu.

Analisis untuk Memphis Depay

Aspek pertama yang harus diperhatikan adalah pergerakan Memphis Depay di lapangan dan khususnya kemampuannya untuk melepaskan diri dari penjagaan lawan, Depay juga handal dalam berbagi bola, ia kerap menawarkan opsi operan ke pembawa bola. Depay juga terampil menemukan ruang di antara garis, seperti yang terlihat pada video di bawah ini ;

Kedua, Memphis Depay juga mampu mengidentifikasi ketika ada ketidakseimbangan taktis di pertahanan lawan dan bisa sangat diandalkan ketika menyerang ruang di belakang bek tengah. Seperti yang terlihat pada video yang sama, Memphis Depay dapat menggunakan kecepatannya untuk mendominasi ruang tersebut.


Pemain asal Belanda ini selalu mengutamakan penguasaan bola, baik berupa operan ke jalur tengah, melalui permainan individu maupun dengan mengoper bola ke sayap. Aspek ini terkait erat dengan poin yang dianalisis sebelumnya. Dengan bisa menerima bola tanpa tanda, Depay memiliki cukup ruang dan waktu untuk memutuskan aksi selanjutnya.

Akhirnya, hal paling penting dari seorang striker yang baik adalah kemampuan mengeksekusi peluang. Meskipun Depay bukanlah striker alami dan belum memiliki reputasi sebagai pencetak gol yang hebat dalam kariernya, tetapi belakangan ini ia menjadi semakin berbakat dalam hal finishing, terutama ketika mengarahkan tubuhnya agar ia bisa mendapatkan tembakan yang bagus.


Ringkasan

Pendek kata, Memphis Depay adalah pemain yang sangat serbaguna dan akan memberi Barcelona pilihan untuk memainkan lebih banyak sepak bola langsung di sepertiga akhir lapangan, sebuah kemampuan dari seorang pemain yang tidak mereka miliki musim lalu.

Akankah Memphis Depay mampu menepis semua ragu dan menjawab semua harap?

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network