Perbandingan Statistik Cristiano Ronaldo dan Messi di Copa America dan Euro 2016

"Lionel Messi akhirnya mendapatkan trofi internasional"

Analisis | 15 July 2021, 06:13
Perbandingan Statistik Cristiano Ronaldo dan Messi di Copa America dan Euro 2016

Libero.id - Sebagian besar penggemar di seluruh dunia bersikukuh bahwa Lionel Messi akan mengakhiri puasa gelarnya bersama Argentina di Copa America 2021 musim panas ini. Meskipun secara luas dianggap sebagai salah satu pesepakbola terhebat dalam sejarah, Messi memasuki turnamen dengan rentetan hasil buruk di panggung internasional.

Messi telah merasakan kekalahan di final Copa America pada awal 2007, tetapi final di 2014 dan 2016, benar-benar mengecewakannya, bahkan ia sempat menyatakan pensiun dari tim Tango.

Kejayaan Copa America 2021
Namun, penantian panjang Messi akhirnya berakhir ketika penampilannya yang impresif membawa Argentina menuju final melawan tuan rumah Brasil di stadion Maracana.

Melalui gol yang diciptakan Angel Di Maria pada menit ke-22, sudah cukup untuk mengamankan gelar Copa America ke-15 tim Tango dan menempatkan trofi internasional di tangan Messi untuk pertama kalinya.

Di akhir turnamen, Messi mendapat penghargaan sebagai Pemain Terbaik dan pencetak gol terbanyak.

Debat Messi vs Ronaldo
Seperti biasa, kemenangan Messi di Amerika Selatan akan menjadi sebuah pembanding dalam perdebatan abadinya dengan Cristiano Ronaldo.

Ronaldo sendiri sudah mengantongi mahkota Liga Bangsa-Bangsa UEFA, namun itu bukan kompetisi utama di benua biru. Kedua superstar itu setara dalam hal gelar utama dengan Portugal yang sukses keluar sebagai kampiun di ajang Euro 2016.

Sekarang kedua pemain tersebut memiliki dua piala yang setara di lemari piala mereka, dan dengan menggunakan bank data dari Sofascore, berikut perbandingan statistik antara La Pulga pada ajang Copa America 2021 dan CR7 di ajang Euro 2016.

Penampilan
Lionel Messi - 7
Cristiano Ronaldo - 7

Gol
Lionel Messi - 4
Cristiano Ronaldo - 3

Menit per gol
Lionel Messi - 158
Cristiano Ronaldo - 208

Assist
Lionel Messi - 5
Cristiano Ronaldo - 2

Peluang besar yang terlewatkan
Lionel Messi - 2
Cristiano Ronaldo - 5

Peluang besar yang diciptakan
Lionel Messi - 6
Cristiano Ronaldo - 3

Tendangan bebas
Lionel Messi - 2
Cristiano Ronaldo - 0

Nilai rata-rata per pertandingan
Lionel Messi - 8.30
Cristiano Ronaldo - 7.34

Kemenangan untuk Messi
Dari data di atas, Messi jelas memiliki statistik yang lebih baik daripada yang dilakukan Ronaldo di ajang Euro 2016 dalam segala hal.

Selain itu, fakta bahwa Ronaldo ditarik keluar karena cedera di final dapat diimbangi oleh fakta bahwa Messi masih memiliki rasio gol per pertandingan yang lebih baik meskipun bermain di perpanjangan waktu melawan Kolombia.

Memang ada narasi yang mengatakan bawha Copa America adalah kompetisi yang lebih rendah dan memenangkan Kejuaraan Eropa jauh lebih sulit. Namun, itu adalah narasi yang sulit untuk dibuktikan mengingat rute Portugal ke final Euro 2016 terbilang sangat mudah, yang mana mereka hanya melawan Islandia, Austria, Hungaria, Kroasia, Polandia, Wales dan hanya ada satu kemenangan yang timnas Selecao raih dalam 90 menit.

Sementara Messi dan kawan-kawan harus menghadapi Chile, Uruguay, Kolombia dan Brasil dalam perjalanan mereka untuk menjadi jawara di benua Amerika Selatan. Jadi, narasi tersebut dapat dipatahkan dan harus diakui bahwa Messi di Copa America 2021 lebih baik daripada Ronaldo di Euro 2016.

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Analisis

Artikel Pilihan


Daun Media Network