Starting XI Terbaik Euro 2020 Pilihan Artificial Intelligence

"Para pemain ini dinilai berdasarkan beberapa aspek"

Analisis | 13 July 2021, 16:21
Starting XI Terbaik Euro 2020 Pilihan Artificial Intelligence

Libero.id - Kejuaraan Eropa 2020 telah berakhir dengan Italia sukses mengalahkan Inggris di final untuk memenangkan trofi dan seperti biasa, pemberian rating pemain guna menyusun susunan pemain terbaik turnamen menjadi agenda selanjutnya.

Salah satu perusahaan asal Spanyol yang melibatkan sistem artificial intelligence atau kecerdasan buatan, Olocip telah memberikan penilaian mereka untuk memilih pemain yang paling berkontribusi selama Euro 2020 untuk masing-masing negaranya. Nilai ini diberikan dengan memperhitungkan setiap pertandingan dalam hal perubahan probabilitas apakah tim yang menguasai bola mampu mencetak gol pada permainan itu atau malah justru kebobolan gol dan juga momen-momen yang terjadi saat pertandingan berlangsung.


Libero.id
Daftar tim yang menghasilkan nilai terbanyak di Euro 2020


Dengan demikian, Denmark adalah tim yang menghasilkan nilai terbanyak di Euro 2020 (23,69) diikuti Italia (22,20), dengan Spanyol (19,84) di urutan keempat.

Perlu dicatat bahwa yang menjadi patokan penilaian bukanlah jumlah tindakan/aksi yang dihasilkan pemain, tetapi nilai yang dihasilkan dari tindakan/aksi tersebut. Demikian juga, penting untuk mempertimbangkan konteks pertandingan di mana aksi tersebut terjadi - periode dan menit pertandingan, hasil pertandingan dan tim tuan rumah - karena pemenang pertandingan tidak dapat memiliki nilai yang sama dengan gol yang diciptakannya.

Oleh karena itu, Olocip menyusun starting XI terbaik Euro 2020 terdiri dari Jordan Pickford (Inggris) sebagai penjaga gawang, Harry Maguire (Inggris), Aymeric Laporte (Spanyol) dan Mykola Matviyenko (Ukraina) sebagai bek tengah, Joakim Maehle (Denmark) sebagai bek sayap kiri dengan Xherdan Shaqiri (Swiss) di kanan.

Libero.id
Starting XI terbaik di Euro 2020


Georginio Wijnaldum (Belanda) dan Pedri (Spanyol) berada di lini tengah, dengan Emil Forsberg (Swedia) dan Raheem Sterling (Inggris) ada di posisi sayap, sementara Patrik Schick (Republik Ceko) akan menjadi penyerang.

Anehnya, meski berada di urutan kedua dalam hal nilai tertinggi yang dihasilkan di turnamen, tidak ada nama pemain Italia dalam starting XI terbaik ini. Ini berarti bahwa Azzurri adalah tim yang hampir semua pemainnya memainkan peran penting, dengan lebih dari 11 pemain memiliki nilai lebih dari 1,16.

Selain itu, Olocip juga membuat starting XI terbaik kedua, yang terdiri dari Kasper Schmeichel (Denmark) di gawang; Jordi Alba (Spanyol), Leonardo Bonucci (Italia) dan Manuel Akanji (Swiss) di pertahanan, Thomas Delaney (Denmark) dan Jorginho (Italia) di lini tengah; Ferran Torres (Spanyol) dan Federico Chiesa (Italia) di sayap; Haris Seferovic (Swiss), Robert Lewandowski (Polandia) dan Romelu Lukaku (Belgia) di lini serang.

Libero.id
Starting XI terbaik kedua di Euro 2020

Dalam prestasi individu, Olocip menempatkan Schick sebagai pemain terbaik di Euro 2020 dengan nilai sebesar 4,34. Sedangkan Pedri merupakan pemain muda terbaik di turnamen tersebut dengan nilai 2,45.

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network