Super Berat! Misi Vietnam Tampil di Piala Dunia 2022 Hampir Mustahil

"Lawan empat tim langganan Piala Dunia itu seperti masuk grup neraka. Tidak kalah telak sudah bagus."

Berita | 01 July 2021, 21:38
Super Berat! Misi Vietnam Tampil di Piala Dunia 2022 Hampir Mustahil

Libero.id - Jalan Vietnam untuk mencetak sejarah Piala Dunia 2022 dipastikan sangat berat. tergabung di Grup B, The Golden Star harus bertemu tim-tim langganan Piala Dunia seperti Jepang, Australia, Arab Saudi, dan China. Hanya Oman yang levelnya sejajar.

Sepakbola Vietnam terkini sedang menjadi buah bibir di Asia Tenggara. Bukan hanya tentang gelar maupun permainan yang merepotkan. Mereka juga berhasil menggeser dominasi Thailand dengan menjadi satu-satunya wakil ASEAN di fase akhir kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia.

Dilatih Park Hang-seo, Vietnam mencapai putaran penentuan setelah menempati posisi kedua Grup G. Dengan mengoleksi 17 poin, mereka hanya tertinggal 1 poin dari Uni Emirat Arab (UEA) selaku pemuncak klasemen akhir.

Vietnam lolos setelah menjadi satu dari lima runner-up terbaik. Empat negara lainnya adalah China, Oman, Irak, dan Lebanon. Sementara runner-up yang gagal adalah Tajikistan, Uzbekistan, dan Kuwait.

Hasil membanggakan tersebut ditorehkan setelah mengalahkan Indonesia 3-1 dan 4-0. Kemudian, Malaysia 1-0 dan 2-1. Ada lagi bermain imbang 0-0 dengan Thailand (dua kali). Terakhir, mengalahkan UEA 1-0 dan kalah 2-3. Vietnam juga memasukkan 13 gol dan menderita 5 gol.
 

Sulit untuk lolos ke Qatar tahun depan

Sebagai konsekuensi dari hasil putaran kedua, Vietnam dan Lebanon masuk pot 6. Itu artinya, mereka menjadi tim yang tidak diunggulkan. Sementara di pot 1 terdapat Jepang dan Iran. Sementara pot 2 dihuni Australia dan Korea Selatan.

Setelah drawing dilakukan di Kuala Lumpur, Kamis (1/7/2020) siang WIB, Vietnam harus menerima kenyataan pahit terancam gagal lolos ke Piala Dunia. Mereka tergabung di Grup B bersama lawan-lawan tangguh. Mereka akan bertemu Jepang, Australia, Arab Saudi, China, dan Oman.

Seuai jadwal, Vietnam akan tandang ke Arab Saudi pada pekan pertama, 2 Septmebr 2021. Lima hari kemudian menjadi Australia. Lalu, tandang ke China pada 7 Oktober 2021 dan Oman pada 12 Oktober 2021. Terakhir, menjamu Jepang pada 11 November 2021.

Setelah itu, Vietnam mendapatkan giliran menjamu Arab Saudi pada 16 November 2021. Lalu, pada 27 Januari 2022 melawan Australia, 1 Februari 2022 berjumpa China, 24 Maret 2022 kontra Oman, dan mengakhiri kampanye pada 29 Maret 2022 di kandang Jepang.


Selain tuan rumah, Asia dapat jatah 4+1

Lalu, bagaimana komposisi Asia di Piala Dunia 2022 menurut regulasi FIFA. Sebagai tuan rumah, Qatar sudah memastikan tempat di kompetisi sepakbola paling bergengsi di kolong langit tersebut.

Selain Qatar, empat tim anggota AFC otomatis lolos ke Piala Dunia 2022. Mereka adalah juara dan runner-up Grup A serta Grup di fase terakhir. Asia juga bisa mendapatkan satu tiket tambahan melalui jalur play-off dengan konfederasi lain, yaitu CONCACAF (Amerika Utara), CONMEBOL (Amerika Selatan), dan OFC (Oceania).

Untuk menentukan tim yang mewakili AFC di play-off interzone, diambil tim yang menempati peringkat 3 klasemen akhir. Tim tersebut akan diadu dulu dalam play-off satu kali di tempat netral. Pemenangnya baru akan berduel di play-off interzone melawan tim yang belum ditentukan.

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network