5 Pemain Paling Berharga di Atas Usia 34 Tahun

"Dua pemain berposisi sebagai kiper."

Feature | 01 July 2021, 12:55
5 Pemain Paling Berharga di Atas Usia 34 Tahun

Libero.id - Sepakbola telah sampai pada era modern dan alat-alat canggih kini ikut mengatur jalannya pertandingan. Sebut saja teknologi VAR. Perkembangan tersebut juga menuntut para pemain dapat menyesuaikan diri dalam tekanan tugas yang semakin meningkat.

Kecepatan, kebugaran, dan ketahanan fisik sangat dikedepankan dalam sepakbola era modern. Sehingga, tidak heran begitu banyak pemain muda yang kini mulai menjadi superstar. Mereka memiliki kondisi tubuh yang lebih ideal dibandingkan pemain veteran.

Tensi permainan yang terus meningkat di era sepakbola medern ini membuat banyak pesepakbola memutuskan pensiun ketika usia mereka sudah di atas 34 tahun. Kebanyakan dari mereka menyadari bahwa perannya mulai digantikan oleh pemain yang lebih muda.

Namun demikian, ada beberapa pemain yang terus tampil di level papan atas dunia sepakbola meskipun sudah melewati usia 30 tahun. Melalui pengalaman bertahun-tahun, para pemain ini telah mengembangkan gaya bermain mereka sesuai dengan pola permainan yang selalu berubah.

Untuk itu, sangat menarik untuk membahas siapakah pemain di atas 30 tahun yang tetap berlaga dan masih memiliki nilai fantastis di bursa transfer.

Berikut adalah 5 daftar pemain veteran di atas 30 tahun yang tetap dinobatkan sebagai pemain paling berharga di dunia.

5. Keylor Navas | 10,3 juta pounds (Rp 206 miliar)

Keylor Navas adalah salah satu kiper terbaik di generasinya. Pemain asal Kosta Rika tersebut telah berkarier profesional sejak 2011, setelah memulai dengan Levante di La Liga.

Pada 2014, setelah penampilannya di Piala Dunia yang mengesankan, Navas direkrut oleh Real Madrid, di mana dia kemudian memenangkan sejumlah trofi besar. Dia memenangkan Liga Champions tiga kali dan juga memenangkan gelar La Liga pada 2017.

Pemain berusia 34 tahun tersebut harus pindah ke Paris Saint-Germain pada 2019, di mana dia telah memenangkan satu gelar liga dan menjadi runner-up di Liga Champions. Navas juga telah memenangkan beberapa penghargaan individu selama kariernya yang mengesankan.

Saat ini Navas bernilai 10,3 juta pounds (Rp 206 miliar). Wajar jika Navas tidak diragukan lagi adalah salah satu pemain terbaik yang pernah dimiliki oleh Kosta Rika. Setelah memainkan peran bintang untuk klubnya musim lalu, tampaknya Navas memiliki setidaknya tersisa satu tahun atau lebih masa karier sepakbolanya di tingkat klub sebelum dirinya berstatus pensiun dari sepakbola.

4. Luis Suarez | 13 juta pounds (Rp 260 miliar)

Luis Suarez memiliki karier yang luar biasa, terlebih saat dia masih muda. Suarez sukses memenangkan enam gelar liga dan satu penghargaan Liga Champions. Setelah bermain dengan Groningen di Eredivisie, Suarez menghabiskan empat tahun bersama Ajax sebelum pindah ke Liverpool pada 2010.

Pemain berusia 34 tahun tersebut menghabiskan empat musim yang luar biasa bersama Liverpool, menampilkan penampilan individu terbaik dalam masa tugasnya bersama The Reds. Meskipun waktunya bersama Liverpool tidak pernah berhasil meraih trofi utama Liga Premier, kesuksesan penampilannya di Liga Premier menarik minat klub kelas berat Spanyol, Barcelona, yang mengontrak Suarez pada 2014.

Enam tahun bersama Barcelona begitu luar biasa, saat Suarez memenangkan empat gelar liga dan Liga Champions setelah membentuk kemitraan penyerang legendaris dengan Neymar Jr dan Lionel Messi.

Musim panas 2020, Suarez membuat kejutan setelah memutuskan pindah ke Atletico Madrid. Meski dikritik karena tidak lagi dapat tampil dengan performa terbaiknya, Suarez membungkam para penghujatnya dengan memenangkan gelar La Liga 2020/2021 bersama Atletico, hingga sukses menampilkan beberapa penampilan individu yang menakjubkan.

Saat ini Suarez berusia 34 tahun, Suarez tentu hanya memiliki sedikit sisa waktu kariernya di sepak bola tingkat atas. Sampai akhirnya pria berpaspor Uruguay tersebut bakal mengikrarkan diri untuk pensiun.

3. Manuel Neuer | 15,5 juta pounds (Rp 311 miliar)

Manuel Neuer telah menjadi pemain reguler bersama Bayern Muenchen dan timnas Jerman selama satu setengah dekade terakhir.

Selama kariernya yang termasyhur untuk klub dan negaranya, Neuer telah memenangkan hampir setiap kompetisi besar yang dia ikuti, terutama bersama Bayern. Dia dikenal banyak orang sebagai sosok penjaga gawang terbaik di generasinya, Neuer telah sukses memenangkan sembilan gelar liga, dua gelar Liga Champions, dan Piala Dunia selama kariernya.

Pertama kali memulai karier profesionalnya bersama Schalke, kemudian Neuer ditandatangani oleh Bayern pada 2005. Sejak itu, pemain berusia 35 tahun tersebut telah memenangkan gelar Bundesliga sembilan kali. Berkat penampilan individunya yang brilian, Neuer menarik perhatian berbagai klub Eropa namun tetap setia kepada raksasa Bavaria tersebut.

Neuer juga telah berpartisipasi dalam tiga Piala Dunia, memenangkan kompetisi bersama Die Mannschaft pada 2014. Warisannya dengan tim nasional Jerman sangat mengesankan, Neuer adalah sosok Legenda bagi negara dan klubnya.

Masih menjadi penjaga gawang utama Bayern dan Jerman, Manuel Neuer belum siap untuk menggantung sarung tangannya.

2. Cristiano Ronaldo | 38,7 juta pounds (Rp 776 miliar)

Cristiano Ronaldo bisa dibilang adalah salah satu pemain terhebat sepanjang masa. Seorang legenda khususnya bagi timnas portugal, Ronaldo telah berkarier profesional dalam dunia sepakbola sejak 2002. CR7 masih memiliki karir yang tak tertandingi sejauh ini dibandingkan pemain lainnya, apalagi dengan rekor pemain yang sukses memenangkan gelar liga di tiga negara berbeda.

Satu-satunya pemain yang memenangkan lima gelar Liga Champions, Ronaldo memiliki banyak rekor individu atas namanya. Jumlah statistiknya dalam mencetak gol juga sangat mengesankan dan rasanya sangat sulit untuk siapapun menyingkirkan CR7 dari sederet rekor yang telah dicapainya.

Ronaldo mulai bertugas di Manchester United pada 2003, di mana dia menghabiskan enam musim sebelum pindah ke klub kelas elit Eropa, Real Madrid, dengan nilai transfer yang sempat memecahkan rekor dunia. Setelah menghabiskan sembilan tahun bersama Los Blancos, Ronaldo pindah ke Juventus di Italia seharga 86 juta pounds (Rp 1,7 triliun), nilai tersebut menjadikannya pemain dengan transfer termahal di atas usia 30 tahun.

Sejak pindah ke Italia pada 2018, Ronaldo telah memenangkan dua gelar liga dan memecahkan banyak rekor individu bersama Juventus. Terkenal karena kehebatan fisiknya, Ronaldo masih dalam kondisi prima dan selalu menunjukkan bahwa pensiun belum terlihat.

Saat ini CR7 memiliki nilai pasar 38,7 juta pounds. Ronaldo tentu memiliki beberapa tahun lagi masa karier profesionalnya sebelum pensiun dari sepakbola. Meskipun masih belum jelas dimana Ronaldo akan mengakhiri kariernya, CR7 tidak terbantahkan sebagai pemain dengan karier paling terkenal sepanjang masa.

1. Lionel Messi | 68,8 juta pounds (Rp 1,3 triliun)

Di mana ada Ronaldo, di sana ada Lionel Messi yang siap menyaingi rekornya. Tidak lerlu diragukan lagi bahwa Messi adalah pemain terhebat sepanjang masa. Tidak mengherankan jika Lionel Messi menempati posisi teratas dalam daftar pemain paling berharga di atas usia 34 tahun.

Sebagai legenda Barcelona yang bonafit, Messi telah dipuji oleh para penggemar dan pakar sebagai pemain terbaik yang pernah menghiasi dunia sepakbola. Terkenal karena kontrol bolanya yang brilian dan kecakapan dribbling yang sangan mengesankan, Messi telah menginspirasi banyak pemain muda di seluruh dunia untuk menjadi seperti dirinya.

Messi sudah menjadi pemain reguler Barcelona sejak 2004, Messi telah menghabiskan 17 musim bersama Blaugrana. Dalam periode ini, pemain berusia 34 tahun itu telah memenangkan sepuluh gelar La Liga yang mengesankan, empat gelar Liga Champions, dan tujuh trofi Copa del Rey.

Secara individu, Messi telah memenangkan rekor individu terbesar sepanjang sejarah sepakbola dengan enam penghargaan Ballon d'Or, terbanyak dari pemain mana pun dalam sejarah. Bahkan, Messi diklaim sebagai pesepakbola yang terlahir 'sekali dalam satu milenium'. Messi telah memukau semua orang secara konsisten dengan performanya yang menakjubkan.

Meski masa depannya di Barcelona sempat diragukan, sepertinya Messi bisa memperpanjang kontraknya dan kemungkinan akan terus bertugas hingga pensiunnya di Barcelona. Saat ini nilai transfer Messi adalah 68,8 juta pounds. Dengan nilai tranfer lebih dari Rp 1 triliun tersebut, Messi dinobatkan sebagai pesepakbola veteran paling berharga di dunia saat ini.

(muhammad alkautsar/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network