Selamat Ulang Tahun!

Kisah John McGinn Banjir Tawaran Klub Besar, Meski Gagal Bawa Skotlandia Melaju

"Kandidat utama pengganti Wijnaldum di Liverpool. Manchester United juga tertarik. Harganya, Rp1,009 triliun!"

Feature | 24 June 2021, 02:32
Kisah John McGinn Banjir Tawaran Klub Besar, Meski Gagal Bawa Skotlandia Melaju

Libero.id - Skotlandia boleh saja masuk kotak. Tapi, bukan berarti pemainnya sepi tawaran dari klub besar. Salah satu yang dikabarkan akan berseragam Liverpool adalah John McGinn. Gelandang yang selalu bermain 90 menit di tiga pertandingan itu disebut sebagai kandidat pengganti Georginio Wijnaldum.

McGinn memulai kariernya sebagai pemain muda di St Mirren. Dia masuk ke tim pertama di pramusim 2012/2013, mewakili klub melawan Carlisle United dan Accrington Stanley.

Setelah menjalani debut dan bermain bagus di tim utama, Hibernian datang pada 31 Juli 2015 dengan proposal kontrak empat tahun. Hibernian membayar St Mirren biaya pengembangan untuk McGinn dan menjanjikan mereka 30% dari biaya transfer di masa mendatang.

McGinn adalah bagian dari Hibernian yang memenangkan Piala Skotlandia 2015/2016. Itu merupakan kemenangan pertama klub dalam kompetisi tersebut selama 114 tahun. Lalu, pada musim berikutnya, McGinn membantu mereka memenangkan promosi ke Liga Premier Skotlandia.

Berkat penampilan yang bagus, McGinn menjadi primadona di transfer window. Ada tiga tawaran yang ditolak Hibernians pada saat itu, salah satunya dari Nottingham Forest. Mereka juga menolak tiga proposal Glasgow Celtic yang masuk pada musim panas 2018.

Ternyata, penolakan itu ada sebabnya. McGinn justru mengunjungi tempat latihan Aston Villa pada 7 Agustus 2018 untuk membahas kemungkinan transfer. Pada hari berrikutnya, dia menandatangani kontrak empat tahun dengan Villa.

Keputusan itu ternyata tepat. McGinn melakukan debut untuk Villa dalam kemenangan 3-2 melawan Wigan Athletic pada 11 Agustus 2018. Di laga itu dia memberikan assist untuk gol pembuka dan tendangan sudutnya memaksa gol bunuh diri di babak kedua.

Penampilan konsisten di klub membuat McGinn dengan cepat menjadi favorit penggemar Villa. Puncaknya saat McGinn mencetak kemenangan The Villans  pada final play-off Championship Division, yang membawa tiket promosi ke Liga Premier setelah 3 tahun di kasta kedua.

Sepanjang musim 2020/2021, McGinn mendapatkan kesempatan bermain 37 kali di Liga Premier. Dia menampilkan permainan-permainan berkelas sehingga manajemen memutuskan untuk memperbauri kontraknya. Pada 11 Desember 2020, McGinn menandatangani kontrak baru berdurasi lima tahun. Itu membuat dirinya memperpanjang masa tinggal hingga 30 Juni 2025.


Tampil membanggakan di Euro 2020

Dalam skema Skotlandia di Euro 2020, McGinn bermain sebagai gelandang jangkar. Jika Billy Gilmour bermain, dia akan ditempatkan sebagai gelandang tengah bersama Callum McGregor.

Meski The Tartan Army dikalahkan Republik Ceko dan Kroasia, serta hanya imbang melawan Inggris, penampilan McGinn mendapatkan banyak pujian. Sebagai jangkar, dia memerankan tugas yang sangat bagus untuk mencegah pemain lawan kesulitan masuk pertahanan Skotlandi. Sementara saat memerankan gelandang box-to-box, McGinn menjaga stabilitas lini tengah timnya. 

Sayang, setelah menahan Inggris dengan gagah berani, optimisme Skotlandia harus sirna seusai menyerah dari Kroasia di pertandingan terakhir. "Saya sangat sedih kami tidak lolos. Tapi, sangat bangga dengan upaya kami di sini," kata McGinn, dilansir The Scotman.

"Kami tidak memulai yang terbaik (di turnamen). Tapi, malam ini (versus Kroasia) kami menghadapi tim yang sangat baik dan pengalaman mereka di turnamen menunjukkan hasil akhirnya. Kami memang kehilangan gol pada saat-saat yang buruk. Tapi, saya pikir hal utama yang harus kami lakukan adalah menggunakan pengalaman ini untuk mendorong kami ke lebih banyak turnamen. Piala Dunia 2022 adalah tujuan kami sekarang," ungkap McGinn.

Skotlandia akan kembali ke kampanye Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa pada awal September. Sesuai jadwal, Denmark dan Austria sudah menanti di kandangnya sebelum menjamu Moldova di Hampden Park.

"Kita perlu belajar dari pengalaman ini. Kita belum terbiasa, kita tidak bisa lepas dari itu, tapi kita harus menjadi bangsa yang terbiasa. Kita harus menjadi lebih berani dan lebih baik. Kami bisa berkembang, tentu saja kami bisa. Anda lihat malam ini pasti ada area yang bisa kami tingkatkan. Tapi, kami punya bakat. Tidak hanya itu, kami memiliki bakat yang datang," ungkap McGinn.


Diincar Liverpool dan Manchester United

Setelah melihat aksi McGinn di Liga Premker 2020/2021 dan Euro 2020, Liverpool serta Manchester United disebut tertarik melakukan transfer. Juergen Klopp sedang mencapi pengganti Geroginio Wijlandum, yang pindah ke Paris Saint-Germain (PSG). Sementara Ole Gunnars Solskjaer bersiap mengantisipasi Paul Pogba jika tidak bersedia memperpanjang kontrak, yang tersisa satu tahun.

Meski baru saja memperpanjang kontrak dengan Villa, The Sunday Post menyatakan pemain berusia 26 tahun itu memiliki klausul yang memungkinkan pindah pada transfer window musim panas 2021.

Media di Inggris juga menyebut, untuk bisa mendapatkan tanda tangan McGinn, klub peminat harus bersedia mengeluarkan 50 juta pounds (Rp1,009 triliun). Tapi, laporan lain menyatakan The Villans akan mempertimbangkan jika ada tim yang menawar 20 juta pounds (Rp403 miliar).

Liverpool berada dibaris terdepan untuk membela McGinn. Dia akan menjadi pemain alternatif jika Florian Neuhaus gagal dibujuk untuk meninggalkan Borussia Moenchengladbach. Sementara MU ada di urutan kedua karena akan sangat tergantung Pogba, apakah ingin bertahan atau pergi.

(andri ananto/anda)




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Foto


Komentar

(500 Karakter Tersisa)
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=3HhTsB9sW4g

Artikel Pilihan