Kenalkan! Albert Sambi Lokonga, Calon Gelandang Arsenal

"Direkomendasikan Thierry Henry, Dibina Vincent Kompany. Apa hebatnya?"

Feature | 23 June 2021, 09:21
Kenalkan! Albert Sambi Lokonga, Calon Gelandang Arsenal

Libero.id - Musim panas ini, Arsenal sedang mempersiapkan perombakan di lini tengah
dan untuk itu salah satu pemain yang akan mereka rekrut ialah remaja berusia 17 tahun yang saat ini masih memperkuat klub Belgia Anderlecht, nama remaja itu Albert Sambi Lokonga.

Mikel Arteta telah mengajukan tawaran 13,5 juta pounds namun jumlah itu ditolak oleh pihak Anderlecht. Tetapi masih ada harapan mengingat klub yang diasuh oleh mantan kapten Manchester City, Vincent Kompany itu mengalami kesulitan keuangan.

Dalam negosiasi lebih lanjut, The Gunners mungkin harus membayar sekitar 18 juta pounds untuk pemain yang berposisi gelandang tersebut.

Dalam dua musim terakhir, Lokonga tampil bagus untuk Anderlecht dan penampilannya itu membuatnya dipanggil ke skuad senior timnas Belgia pada bulan Maret yang lalu dan Legenda Arsenal, Thierry Henry yang bekerja sebagai asisten pelatih Roberto Martinez di timnas Belgia, terkesan olehnya. 

Jadi, wajar belaka kalau Henry sangat mendukung rencana Arsenal tersebut.
Lantas apa yang membuat Albert Sambi Lokonga istimewa dan apa yang bisa ia perbuat untuk The Gunners?


Riwayat Singkat Albert Sambi Lokonga

Lahir di Brussel pada Oktober 1999, Lokonga bergabung dengan akademi  Anderlecht pada 2014 sebelum akhirnya menandatangani kontrak profesional pertamanya pada musim 2017 - sebulan setelah ulang tahunnya yang ke-18.

Debutnya datang tepat sebelum Natal di tahun yang sama, bermain 90 menit dalam kemenangan 1-0 atas KAS Eupen. Namun baru pada musim 2019-2020 Lokonga menjadi starter reguler. Lokonga telah mencatatkan 63 penampilan dalam dua musim terakhir dan pada bulan Maret tahun ini ia mendapat panggilan pertamanya ke skuat senior Belgia.

 
Tipe Pemain Seperti Apa Lokonga?

Lokonga dapat beroperasi sebagai No 8 tetapi juga nyaman dalam peran yang lebih defensif. Ia adalah gelandang box-to-box yang energik dan tidak segan untuk melakukan tekel jika diperlukan, ia juga punya kemampuan yang bagus untuk menjembatani permainan antara lini pertahanan ke serangan.

Sepanjang musim 2020/21, Lokonga menorehkan catatan fantastis yakni akurasi passing sebesar 85 persen. Lokonga juga punya jiwa pemimpin terbukti ketika ia diberi ban kapten di Anderlecht pada bulan November, meskipun usianya masih sangat muda.


Mengapa Arsenal Menginginkannya?


Menyusul Dani Ceballos yang masa pinjamannya habis, Arsenal sedang sangat membutuhkan seorang gelandang untuk dijadikan tandem dengan Thomas Partey. Belum lagi Granit Xhaka yang tampaknya juga akan keluar dari Emirates.

Dengan atribut yang Lokonga miliki, tentu ketika bergabung ke Arsenal akan membuatnya menjadi aset yang berharga. Apalagi Lokonga yang masih muda memiliki banyak waktu untuk dibentuk dan dikembangkan menjadi tipe pemain yang diinginkan oleh Arteta. 

Gelandang itu jelas berbakat dan sahamnya kemungkinan besar akan meningkat, dengan dimasukkannya Lokonga ke dalam daftar cadangan Belgia untuk Euro merupakan indikator potensi yang dia miliki. 

 
Bagaimana Pendapat Lokonga?


Bulan lalu, Lokonga berbicara tentang kemungkinan dia meninggalkan Anderlecht bulan lalu, dengan mengatakan kepada media Belgia, "Saya tidak akan pergi ke klub yang lebih rendah dari Anderlecht."

Lantas Lokonga berkata, "Saya hanya akan meninggalkan Anderlecht jika semua impian ada di sana. Ya, saya merasa siap untuk mengambil langkah maju dan bekerja sama dengan pemain hebat, tetapi semuanya tergantung pada tawaran yang dibuat untuk waktu musim panas ini."

Apakah Arsenal sesuai dengan takaran Lokonga?

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Arsenal


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network