Swiss Menanti Nasib, Tergantung Hasil Laga Lainnya

"Spanyol berpotensi gagal lolos."

Analisis | 21 June 2021, 02:09
Swiss Menanti Nasib, Tergantung Hasil Laga Lainnya

Libero.id - Nahas benar nasib Swiss. Mereka belum dapat dipastikan lolos ke 16 besar Euro 2020, walau menang meyakinkan 3-1 atas Turki di laga terakhir penyisihan Grup A.

Swiss menggulung Turki berkat gol Haris Saferovic dan dua gol Xherdan Shaqiri, walau sempat diperkecil Turki lewat Irfan Can Kahveci.

Tambahan tiga angka di laga itu belum cukup membawa Swiss menempati peringkat kedua, atau sarat otomatis selain juara grup dapat melaju ke putaran selanjutnya.

Swiss mengumpulkan poin sama dengan Wales (4 angka), walau Wales dipecundangi Italia dengan skor tipis 0-1 di laga terakhir fase grup. Secara statistik, Wales lebih berhak melaju setelah unggul produktivitas gol (+1) ketimbang Swiss (-1). Fakta itu membuat Swiss menempati peringkat ketiga.

Nasib Swiss kini tergantung dengan pertandingan lain, seperti Portugal (Grup F), Austria (Grup C), dan Finlandia (Grup B). Namun, secara perolehan poin, Swiss masih diuntungkan untuk melaju ke putaran selanjutnya walau sudah menyelesaikan semua pertandingan fase grup.

Die Nati mengumpulkan empat angka yang membuat mereka menempati posisi terbaik di posisi ketiga. Perlu dicatat, empat tim dapat melaju ke 16 besar dari perhitungan posisi terbaik di peringkat ini.

Sementara Portugal, Austria, dan Finlandia baru mengemas tiga poin dari dua pertandingan. Portugal dianggap lebih baik karena mengoleksi produktivitas gol (+1), sedangkan Austria dan Finlandia meraih 0 produktivitas gol.

Karena itu, Swiss tinggal berharap Portugal kalah saat berjumpa Prancis, Rabu (23/6/2021). Kemudian, mereka juga perlu menunggu hasil Finlandia kontra Belgia, Senin (21/6/2021), serta Austria bertemu Ukraina, Senin (21/6/2021).

Swiss juga perlu mencermati kebangkitan Spanyol yang baru mengemas dua poin. La Furia Roja dapat lolos otomatis ke 16 besar apabila berhasil mengatasi Slovakia, Rabu (23/6/2021). Jika Spanyol kembali bermain imbang, apalagi sampai kalah, maka Swiss masih berada di atas angin.

Pelatih Swiss, Vladimir Petkovic, menuturkan peluang timnya masih terbuka untuk lolos ke putaran selanjutnya. “Kami tinggal berharap yang terbaik agar kami dapat melanjutkan persaingan di turnamen ini. Pemain telah berjuang keras. Mereka layak mendapatkan apresiasi,” tutur Petkovic, dilansir Sky Sports.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network