Kisah Kim Myong-won, Striker Korut yang Didaftarkan Sebagai Kiper di Piala Dunia 2010

"Niatnya ingin seperti David James di Manchester City."

Feature | 17 June 2021, 17:37
Kisah Kim Myong-won, Striker Korut yang Didaftarkan Sebagai Kiper di Piala Dunia 2010

Libero.id - Coba kita kembali ke 2010. Bayangkan situasinya begini; sebuah kegembiraan karena Anda menerima panggilan untuk memperkuat timnas di skuad Piala Dunia!

Kemasi tas Anda untuk pergi ke Afrika Selatan, karena ini adalah momen Anda — kesempatan sekali seumur hidup. Anda akan bertemu dengan orang-orang seperti Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Empat ratus juta pemirsa akan menonton setiap gerakan Anda.

Sayang, kegembiraan tidak bertahan lama. Kegembiraan berubah menjadi kebingungan. Kebingungan berubah menjadi putus asa.

Anda yang sejatinya berposisi sebagai striker, ternyata didaftarkan sebagai penjaga gawang. Mula-mula dimaksudkan untuk mengambil keuntungan. Dan, keputusan itu lantas menjadi bumerang. Karena, FIFA tak sebodoh yang dikira.

Kisah Kim Myong-won

Cerita barusan adalah gambaran dari apa yang dialami Kim Myong-won, seorang striker berusia 26 tahun yang bermain untuk Amrokkang. Tetapi, oleh negaranya, Korea Utara, dia didaftarkan sebagai salah satu dari tiga penjaga gawang.

Idenya adalah mendaftarkan Kim sebagai penjaga gawang ketiga dalam skuad, tetapi menurunkannya sebagai striker jika mereka membutuhkannya.

Skema itu menjadi bumerang, bahkan sebelum Piala Dunia 2010 bergulir. FIFA mengetahui apa yang sedang terjadi dan melakukan intervensi:

"Tiga pemain yang terdaftar sebagai penjaga gawang hanya bisa bermain sebagai penjaga gawang selama Piala Dunia dan tidak bisa bermain di luar lapangan," demikian bunyi pernyataan tersebut. “Ini akan dikomunikasikan kepada tim dalam pertemuan kedatangan mereka dan akan diberlakukan pada hari pertandingan.”

“Kim Myong-won tidak akan diizinkan bermain sebagai pemain outfield jika dia telah dimasukkan dalam daftar sebagai penjaga gawang,” tambah pernyataan organisasi tertinggi sepakbola dunia tersebut.

12 hari kemudian, Kim - sengaja atau tidak - dikeluarkan dari skuad untuk menghadapi Brasil. Dia tidak akan bermain satu menit pun di turnamen.

Apakah Itu Adil?

Meskipun mudah untuk melihat keputusan FIFA sebagai adil dan masuk akal, perlu dicatat bahwa ada peraturan turnamen resmi yang tercatat di atas hitam dan putih.

Peraturan awal hanya menyatakan bahwa setiap asosiasi akan diminta untuk memberikan daftar final tidak lebih dari 23 pemain (tiga di antaranya adalah penjaga gawang).

Tidak ada teks yang menyatakan secara eksplisit bahwa penjaga gawang itu akan dilarang bermain di luar lapangan.

Faktanya, menjadi lebih mudah untuk berempati kepada Korea Utara — atau setidaknya dengan Kim yang tidak beruntung — ketika Anda mempertimbangkan faktor-faktor lain.

Pertama, tidak ada dalam hukum permainan yang mencegah penjaga gawang bermain di luar lapangan. Menurut IFAB, penjaga gawang dan pemain luar harus dapat dibedakan satu sama lain; siapa yang mengisi posisi itu adalah masalah yang harus diputuskan oleh pelatih.

Keputusan FIFA bahwa penjaga gawang hanya bisa bermain sebagai penjaga gawang bukanlah hukum yang disetujui IFAB, tetapi peraturan khusus untuk Piala Dunia.

Kedua, setidaknya ada beberapa preseden bagi kiper yang bermain outfield di kompetisi lain.
Pada 2005, Stuart Pearce sering menggunakan kiper David James sebagai striker ortodoks untuk Manchester City.

Dalam hal itu, kiper pengganti Nicky Weaver menggantikan seorang gelandang. Sementara James mengambil baju lapangan cadangan untuk bergerak di depan. Korea Utara mungkin membayangkan kejadian serupa dengan Kim.

Ketiga, meskipun ini mungkin sedikit berlebihan, keputusan bahwa penjaga gawang hanya bisa bermain sebagai penjaga gawang sepertinya bisa menghasilkan situasi pertandingan yang tidak adil.

Jika misalnya seorang penjaga gawang Piala Dunia (dengan kemampuan outfield yang wajar) mengalami cedera lengan yang parah, peraturan akan mencegah kiper itu — sekarang, katakanlah, tidak dapat melakukan penyelamatan dengan tangannya — dari bertukar posisi dengan pemain luar yang bertangan sehat. 

Jika pihak tersebut menggunakan ketiga pergantian pemain, mungkin mereka harus mengambil risiko menjaga kiper yang cedera tetap berada di gawang atau hanya mengeluarkan penjaga gawang dari permainan sambil menempatkan pemain luar gawang dan menyelesaikan pertandingan dengan 10 pemain. Tidak ada opsi yang tampak masuk akal hanya dengan mengganti kiper dengan pemain luar.

Sekarang, Kim telah berusia 34 tahun. Kim pasti tidak akan pernah tampil di Piala Dunia, tetapi taktik aneh Korea Utara pada 2010 akan selalu dikenangnya sebagai catatan kaki dalam sejarah kompetisi paling bergengsi itu.

(mochamad rahmatul haq/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network