Unik, Fans Turut Andil Memberi Masukan Formasi Lewat Pesan di Langit

"Patut dinanti mengikuti saran atau ngotot dengan pola baku."

Feature | 13 June 2021, 18:14
Unik, Fans Turut Andil Memberi Masukan Formasi Lewat Pesan di Langit

Libero.id - Dalam waktu berdekatan, dua momen unik serupa terjadi. Peristiwa yang menjadi perdebatan di media sosial itu sama-sama melibatkan pesawat.

Pertama, saat timnas Belanda sedang berlatih di Johan Cruyff Arena dalam laga persiapan melawan Ukraina. Ada pesawat seperti drone melintas dan membentangkan spanduk dengan keterangan : Frank de Boer sebaiknya menggunakan formasi 4-3-3.

Kedua, saat timnas Inggris yang juga sedang berlatih, juga ada pesawat yang entah lewat di udara dengan pesan berbunyi: 'Kebanyakan gol Kroasia datang dari kiri'. Mengapa pesan-pesan itu diproduksi, dan diperlihatkan dengan cara yang sebegitu rupa?  Mari kita bahas secara berurutan.

Timnas Belanda dan 4-3-3

De Boer, yang ditunjuk sebagai pelatih De Oranje pada September tahun lalu, memang sering mencoba formasi dalam beberapa pekan terakhir sebelum tampil di Euro 2020. Dia sempat menggunakan formasi 5-3-2.

Penerapan formasi itu membuat banyak penggemar tidak puas, bahkan De Oranje harus bermain imbang saat melawan Skotlandia dalam pertandingan uji coba.

Meski begitu, De Boer ingin bertahan dengan formasi andalannya itu. "Saya ingin tetap pada 5-3-2. Saya yakin bahwa kami membutuhkan itu," tuturnya, seperti dilansir Sportbible.com.

"Apakah itu juga formasi melawan Ukraina? Beberapa hari terakhir membuahkan hasil. Kami telah banyak menganalisis, berbicara, dan berlatih dengan baik. Saya telah berbicara dengan para pemain, karena saya ingin tahu bagaimana perasaan mereka tentang permainan dan bagaimana mereka melihatnya," ungkapnya.

De Boer juga mengklaim para pemain sepenuhnya akan menurut pada apa yang menjadi keputusannya. Meski begitu, pelatih berusia 51 tahun ini mengaku tetap fleksibel jika harus mengadaptasi formasi 4-3-3.

"Jika saya pikir itu perlu, kami akan melakukannya," katanya ketika ditanya tentang taktik tersebut. "Kami juga memiliki pemain bagus untuk 4-3-3."

Saran untuk Timnas Inggris

Sementara itu, kita beralih ke kejadian kedua. The Three Lions akan menghadapi Kroasia pada Minggu (13/6/2021) di Wembley dalam pertandingan pembuka Grup D. Inggris pasti berniat untuk membalas dendam terhadap tim yang menyingkirkan mereka dari Piala Dunia 2018.

Dan, tampaknya para penggemar ingin urun saran dengan cara membentangkan spanduk di udara agar terbaca jelas : 'Kebanyakan gol Kroasia datang dari kiri'

Dan hal itu akan menjelaskan mengapa Southgate memasukkan empat bek kanan dalam skuadnya.
Inilah beberapa reaksi dari media sosial saat spanduk itu melintasi langit Staffordshire.

Jadi bagaimana susunan pemain Inggris pada Minggu sore di Wembley?

Asisten Southgate, Steve Holland, percaya The Three Lions harus mencapai keseimbangan yang tepat dan tidak memainkan susunan pemain sepakbola fantasi.

"Argentina memiliki Dybala, Di María, Aguero, Higuain, Messi," kata Holland. "Icardi tidak masuk skuad. Jadi, Anda memiliki sederet talenta luar biasa. Tetapi, mereka tersingkir di babak 16 besar. Ini bukan sepakbola fantasi." tegasnya. "Menyenangkan untuk memainkan permainan itu, tetapi Anda tidak bisa hanya memasukkan empat atau lima pemain bersama-sama."

Kalau dirangkum secara ringkas, tanggapan timnas Inggris atas saran dari pesawat itu adalah: "Jadi, tantangan kami jelas. Kami harus menemukan keseimbangan yang tepat."

Mari kita lihat kemana arah dua kisah ini berlanjut.

(mochamad rahmatul haq/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network