Selain Merih Demiral, 9 Pemain Ini Ciptakan Gol Bunuh diri di Euro

"Italia mengawali Euro 2020 dengan skor 3-0 atas Turki. Uniknya, salah satu golnya lewat bunuh diri pemain Juventus."

Berita | 12 June 2021, 04:51
Selain Merih Demiral, 9 Pemain Ini Ciptakan Gol Bunuh diri di Euro

Libero.id - Kemenangan 3-0 Italia atas Turki di Stadio Olimpico, Roma, diwarnai terciptanya rekor baru. Untuk kali pertama dalam sejarah, gol bunuh diri tercipta di pertandingan pembukaan. Pelakunya, pemain Turki asal Juventus, Merih Demiral.

Italia benar-benar tampil dominan pada pertandingan perdana Grup A, 12 Juni 2021 dini hari WIB. Gli Azzurri menguasai semua sektor lapangan dengan ball possesion 62% dan membuat 24 percobaan, delapan diantaranya on goal. Sementara Turki punya satu peluang yang tidak tepat sasaran.

Akibatnya, Italia mambut menciptakan gol-gol kemenangan di babak kedua. Dimulai dengan bunuh diri Demiral pada menit 53, dilanjutkan Ciro Immobile (66), dan diakhiri Lorenzo Insigne (79).

Yang unik dari pertandingan ini adalah untuk pertama kalinya gol bunuh diri tercipta di pembukaan Euro. Demiral gagal mengantisipasi umpan yang dilakukan Dominico Berardi. Umpan tarik Berardi yang tertuju kepada Immobile itu justru membentur badan Demiral hingga masuk ke gawang Turki. Kiper Turki, Ugurcan Cakir, yang sebenarnya membuat sejumlah penyelematan di babak pertama, mati langkah.

Tapi, Demiral bukan pemain pertama yang mencetak gol ke gawang sendiri di kompetisi antarnegara di Eropa tersebut. Sebelumnya ada sembilan pemain yang menciptakan own goal. Berikut ini daftarnya:


1. Anton Ondrus (Slovakia)

Anton Ondrus menjadi pemain pertama yang mencetak gol bunuh diri pada kejuaraan Eropa tepatnya di laga semifinal menghadapi Belanda pada 1976. Pertandingan yang berlansung di Yugoslavia itu membantu Belanda menyamakan skor 1-1 pada menit 73. Pertandingan yang berlangsung pada 16 Juni 1976 itu berakhir dengan kemenangan 3-1 untuk De Oranje.


2. Lyuboslav Penev (Bulgaria)

Duapuluh tahun berselang, giliran Lyuboslav Penev yang mengalami kesialan serupa. Dia melakukanya pada Euro 1996 saat pertandingan melawan Prancis. Penev melakukan kesalahan tersebut saat Prancis unggul 1-0 pada laga yang berlangsung di Inggris, 18 Juni 1996. Pada pertandingan tersebut Les Bleus mengunci kemenangan atas Bulgaria dengan skor 3-1.


3. Dejan Govedarica (Yugoslavia)

Kembali terulang di edisi selanjutnya, di Euro 2000, pemain Yugoslavia, Dejan Govedarica, melakukan gol bunuh diri pertama di Euro edisi tersebut saat timnya bertanding melawan Belanda. Pada laga yang dimenangkan De Oranje 6-1 tersebut, Govedarica menjadi aktor terciptanya gol ketiga Belanda.


4. Igor Tudor (Kroasia)

Pemain Kroasia yang sempat menjadi asisten pelatih Juventus ini melakukan gol bunuh diri pada Euro 2004. Pada laga semifinal kontra Prancis yang berlangsung di Portugal itu, Tudor salah mengantisipasi bola hingga masuk ke gawangnya sekaligus membuat Prancis unggul 1-0 pada menit 22.

Selain menjadi catatan gol bunuh diri pertama di Euro 2004, gol tersebut juga menjadi rekor gol bunuh diri tercepat selama hajatan Euro hingga saat ini.


5. Jorge Andrade (Portugal)

Ditahun yang sama saat terjadinya gol bunuh diri yang dilakukan Tudor, Jorge Andrade juga mengalami kesialan yang sama pada 30 Juni 2004. Itu saat Portugal melakoni laga semifinal melawan Belanda.

Gol Andrade tersebut terjadi pada menit ke 63 dan sekaligus menjadi gol penentu kemenangan Belanda dengan skor akhir 2-1. Gol Andrade sekaligus mencatatkan sejarah karena itu menjadi helatan Euro pertama yang terjadi lebih dari satu gol bunuh diri.


6.  Glen Johnson (Inggris)

Gol bunuh diri selanjutnya terjadi delapan tahun berselang, yaitu pada Euro 2012. Pemain Inggris, Glen Johnson, melakukan kesalahan tersebut ketika bermain melawan Swedia pada babak penyisihan grup. Gol yang terjadi di menit 49 itu menjadi gol penyeimbang Swedia

Beruntung, di akhir laga Inggris berhasil mengamankan 3 poin dengan skor akhir 3-2.


7. Ciaran Clark (Republik Irlandia)

Pada 2016 adalah edisi Euro pertama dengan 3 gol bunuh diri. Pemain pertama yang melakukannya adalah bek tengah Irlandia, Ciaran Clark. Mantan pemain Newcastle United itu melakukan kesalalaha saat pertandingan melawan Swedia. Momen yang terjadi pada menit 71 itu sekaligus menjadi penyelamat kekalahan Swedia karena laga berakhir imbang 1-1.


8. Birkir Mar Saevarsson (Islandia)

Bek tengah Islandia ini mencetak gol bunuh diri saat menghadapi Hungaria pada 18 Juni 2016. Gol itu terjadi pada menit 88 sekaligus menjadi gol penyeimbang untuk Hungaria dalam skor akhir 1-1. Itu juga gol bunuh diri paling telat.


9. Gareth McAuley (Irlandia Utara)

Gol bunuh diri terakhir sebelum Merih Demiral melakukanya ke gawang Italia  dilakukan oleh pemain Irlandia Utara, Gareth McAuley. Dia mencetak gol bunuh dirinya saat tim Irlandia Utara bertanding melawan Wales, 25 Juni 2016. Gol yang terjadi di menit 75 itu sekaligus menjadi satu-satunya gol di laga tersebut dan mengamankan kemenangan Wales 1-0.

(diaz alvioriki/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network